Otomotif
·
27 November 2020 19:39

Trio Motor Baru Kymco, Paling Menarik Skutik Listrik Futuristik

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Trio Motor Baru Kymco, Paling Menarik Skutik Listrik Futuristik  (956)
searchPerbesar
Motor listrik Kymco F9. Foto: dok. Moto7
Kymco resmi melansir 3 motor barunya secara global pada Kamis (26/11). Mereka memperkenalkan 2 varian maxi skutik yakni Kymco DT X360 serta Kymco KRV, dan satu motor listrik bergaya futuristik, Kymco F9.
ADVERTISEMENT
Chairman of the Kymco Group, Allen Ko, mengatakan, lewat 3 produk baru ini mereka ingin mendemonstrasikan terobosan terbaru dari sebuah sepeda motor.
"Kami mengerti perbedaan akan kebutuhan konsumen terhadap sepeda motor, maka dari itu kami menghadirkan kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan setiap harinya," kata Allen Ko di gelaran Time Excite World Premiere Kymco di Youtube.

Kymco DT X360

Trio Motor Baru Kymco, Paling Menarik Skutik Listrik Futuristik  (957)
searchPerbesar
Tampilan depan Kymco DT X360. Foto: dok. Moto7
Oke yang pertama adalah Kymco DT X360. Secara desain dia diposisikan sebagai motor matik bongsor yang menawarkan konsep adventure. Beberapa ciri yang menguatkan sebagai motor petualang dihadirkan lewat pemilihan desain bodi, dan juga model setangnya.
Beberapa fitur kekinian juga sudah disematkan seperti, kunci keyless, lampu LED depan-belakang, sistem pengereman ABS, kontrol traksi, dan masih banyak lagi.
Trio Motor Baru Kymco, Paling Menarik Skutik Listrik Futuristik  (958)
searchPerbesar
Tampilan depan Kymco DT X360. Foto: dok. Moto7
Bicara spesifikasi, rangkanya menggendong mesin OHC, 320,6 cc, 1-silinder, 4 katup, berpendingin cairan, dan pengabut injeksi.
ADVERTISEMENT
Di atas kertas, Kymco DT X360 mampu hempaskan tenaga maksimal 28,4 daya kuda pada 7.250 rpm dan torsi puncak 30 Nm di 5.750 rpm.

Kymco KRV

Trio Motor Baru Kymco, Paling Menarik Skutik Listrik Futuristik  (959)
searchPerbesar
Tampiln depan Kymco KRV. Foto: dok. Moto7
Kedua adalah Kymco KRV. Motor ini tampil lebih kompak namun tetap memiliki bahasa desain yang sporty. Secara produk, KRV juga masih diposisikan Kymco sebagai maxi skutik.
Bicara fitur dia bisa dibilang cukup lengkap, pabrikan menyematkan pengereman ABS, kontrol traksi. LED di semua lampu, dan juga kunci keyless.
Trio Motor Baru Kymco, Paling Menarik Skutik Listrik Futuristik  (960)
searchPerbesar
Tampilan samping dan belakang Kymco KRV. Foto: dok. Moto7
Rangkanya menggendong mesin OHC 175,1 cc, 1-silinder, 4 katup, pendingin cairan, dan pengabut injeksi. Di atas tenaga maksimalnya diklaim 16,4 daya kuda pada 7.500 rpm dan torsi puncak 15,68 Nm di 6.000 rpm.
"Kymco DT X360 dan KRV semuanya dihadirkan dengan inovasi yang menggugah perasaan, mengintensifkan emosi, dan menggairahkan pengendaranya,” pungkas Ko.
ADVERTISEMENT

Kymco F9

Trio Motor Baru Kymco, Paling Menarik Skutik Listrik Futuristik  (961)
searchPerbesar
Tampilan depan Kymco F9. Foto: dok. Moto7
Untuk menambah portofolio motor listriK, Kymco juga mengenalkan keluarga motor setrum barunya. Diberi nama Kymco F9, motor ini tampil kompak dan futuristik.
Desainnya ramping namun kental dengan nuansa agresif. Bagian sumber tenaga dan penyaluran jadi yang paling diunggulkan pada motor ini
Trio Motor Baru Kymco, Paling Menarik Skutik Listrik Futuristik  (962)
searchPerbesar
Motor listrik Kymco F9. Foto: dok. Moto7
Dia dibekali dengan baterai Lithium-ion berkapasitas 96V/40 ah dengan motor listrik bertipe Brushless DC Motor yang diklaim tenaganya mencapai 9,4 kW atau 12,6 daya kuda dan torsi puncak 30 Nm.
Klaim pabrikan motor ini mampu melesat dari 0 sampai 50 km/jam hanya butuh waktu 3 detik saja. Bahkan, untuk kecepatan puncak mampu tembus 110 km/jam.
Dalam keadaan baterai terisi penuh, dia mampu berkendara hingga 120 kilometer. Sementara untuk pengecasan dari 0 sampai 100 dapat dituntaskan dalam waktu 2 jam sama.
Trio Motor Baru Kymco, Paling Menarik Skutik Listrik Futuristik  (963)
searchPerbesar
Kaki-kaki Kymco F9. Foto: dok. Moto7
Bagian menarik lainnya ada di sektor penggerak. Ya, putaran dari motor listrik yang terdapat di tengah, dekat poros lengan ayun, disalurkan menggunakan belt ke gearbox 2 percepatan.
ADVERTISEMENT
Sejauh ini, perusahaan belum merilis harga jual dari skutik listrik tersebut, termasuk 2 skutik konvensionalnya. Namun, melihat peluncuran yang dilakukan secara global, tak menutup peluang motor-motor ini juga akan diniagakan untuk pasar Indonesia.