Otomotif
·
12 Juni 2020 6:58

Trumpchi GM8, Kembaran Toyota Alphard dari China yang Punya Harga Murah

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Trumpchi GM8, Kembaran Toyota Alphard dari China yang Punya Harga Murah (214997)
Trumpchi GM8, kembaran Toyota Alphard dari China Foto: dok. Autoreview.ru
Salah satu kebiasaan unik yang sering dilakukan oleh merek-merek otomotif asal China, yakni memproduksi sebuah mobil dengan wajah mirip merek lainnya.
ADVERTISEMENT
Setelah sebelumnya Jiangling Motor Corporation (JMC) memperkenalkan Landwind X7 yang punya wajah mirip Range Rover Evoque, serta Hongqi E115 yang dianggap mirip Rolls-Royce Cullinan, kini giliran merek GAC Trumpchi yang meluncurkan generasi terbaru dari GM8, dan punya wajah mirip Toyota Alphard atau Lexus LM.
Melansir dari autoreview.ru, secara tampilan, Trumpchi GM8 memang memiliki bentuk grille besar yang mengingatkan pada desain milik Toyota Alphard atau Lexus LM. Akan tetapi, pada lampu depannya justru terlihat serupa dengan milik Mercedes-Benz V-Class.
Trumpchi GM8, Kembaran Toyota Alphard dari China yang Punya Harga Murah (214998)
Toyota Alphard. Foto: dok. TAM
Nah, pada bagian belakangnya, giliran desain Honda Odyseey yang nampaknya menjadi inspirasi Trumpchi GM8. Itu terlihat dari desain lampu belakangnya yang ramping memanjang dan menyatu antara bagian kanan dan kiri.
Trumpchi GM8, Kembaran Toyota Alphard dari China yang Punya Harga Murah (214999)
Trumpchi GM8, kembaran Toyota Alphard dari China. Foto: dok. Autoreview.ru
Geser ke bagian bawah bumper belakang, Trumpchi GM8 hadir dengan aksen krom dan menggunakan dua pipa knalpot palsu berbentuk trapesium. Lalu di bagian sampingnya, tersemat velg berukuran 18 inci yang sayangnya punya desain kurang menarik.
ADVERTISEMENT
Masuk ke bagian dalam, Trumpchi GM8 mengusung interior berwarna hitam yang berpadu dengan beberapa aksen kayu. Menariknya, desain dashboard Trumpchi GM8 ini, lagi-lagi punya kemiripan mobil lainnya, yakni Honda Odyssey dan KIA Sedona, khususnya pada bagian kisi-kisi AC.
Trumpchi GM8, Kembaran Toyota Alphard dari China yang Punya Harga Murah (215000)
Trumpchi GM8, kembaran Toyota Alphard dari China. Foto: dok. Autoreview.ru
Meski secara tampilan dianggap menjiplak desain dari Toyota Alphard, Lexus LM dan Honda Odyssey, mobil ini tetap hadir dengan menawarkan beragam fitur-fitur canggih di bagian dalamnya.
Beberapa fitur-fitur itu antara lain, head unit berukuran besar di bagian dashboard, pengaturan AC auto, rem parkir elektrik, engine start stop button, cruise control, pengaturan audio di bagian setir, jok captain seat di baris kedua, electric sliding door, panoramic sunroof, serta pengaturan elektrik pada jok baris pertama dan kedua yang juga dilengkapi pemanas, pendingin, dan kursi pijat.
Trumpchi GM8, Kembaran Toyota Alphard dari China yang Punya Harga Murah (215001)
Trumpchi GM8, kembaran Toyota Alphard dari China Foto: dok. Autoreview.ru
Menyoal mesinnya, Trumpchi GM8 mengadopsi mesin bensin berkapasitas 2.0 liter turbocharger, mesin itu mengadopsi tenaga 252 dk dan dikawinkan dengan sistem transmisi otomatik 8 percepatan.
ADVERTISEMENT
Bicara harganya, Trumpchi memang belum mengumumkan harga dari GM8 terbaru ini. Namun, diprediksikan kedua varian yang ditawarkan oleh mobil ini, akan punya harga yang tidak jauh berbeda dari pendahulunya, yakni sekitar 25 hingga 37 ribu Dollar Amerika Serikat atau setara Rp 351,6 juta hingga Rp 520,5 juta.
Bagi Anda yang tertarik dengan kembaran Toyota Alphard ini, sayangnya merek Trumpchi belum hadir di Indonesia. Sehingga, tentu saja GM8 tidak akan dipasarkan di tanah air.
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
Yuk! bantu donasi atasi dampak corona.