kumparan
Otomotif1 Februari 2020 18:49

Modal Rp 200 Juta Bisa Bawa Pulang Alphard atau Serena Bekas

Konten Redaksi kumparan
Alphard dan Serena Bekas
Ilustrasi Alphard dan Serena bekas. Foto: istimewa
Mobil segmen Multi Purpose Vehicle (MPV) pintu geser bisa jadi pilihan untuk menunjang mobilitas bersama keluarga. Punya ruang kabin yang luas dan fitur kenyamanan yang melimpah, mobil ini juga sering dipinang kalangan pengusaha yang ingin bergaya.
ADVERTISEMENT
Namun karena banyaknya fitur tadi juga kualitas material yang baik, banderol unit barunya terbilang menguras kantong. Jika ingin tetap meminangnya, model bekas pun bisa jadi alternatif dengan harga yang relatif lebih terjangkau.
Adjie, Kepala Diler Mobil88 cabang Buaran, Jakarta Timur, mengatakan ada beberapa mobil MPV khususnya yang punya pintu geser bekas dengan permintaannya cukup tinggi.
Di antaranya Toyota Alphard dan Nissan Serena. Kedua model lamanya masih diburu karena berkelas sekaligus sisi kemewahannya.
"Orang pilihannya kalo enggak Serena, ya Alphard. Pembelinya juga segmen anak muda atau pengusaha muda kalau beli yang tahun 2014-2015 (Serena dan Alphard). Tapi secara gengsi lebih ke Alphard," kata Adjie saat dihubungi kumparan belum lama ini.
otomotif, toyota Alphard, toyota, mobil bekas, info mobil
Ilustrasi transformasi Toyota Alphard. Foto: Istimewa
Lebih lanjut, katanya bahkan saat ini juga masih ada permintaan Toyota Alphard generasi pertama atau tahun 2009 hingga 2010, meski stoknya jarang sekali. Banderolnya pun terbilang cukup miring, sekitar Rp 200 jutaan.
ADVERTISEMENT
"Kalau stok (generasi pertama) kosong, masih ada model yang maksimal banget itu tahun 2013 sudah model kedua, biasanya tipe G," ujarnya.
Nissan Serena C24
Nissan Serena C24 Foto: dok. Wikimedia
Ujarnya lagi harga Toyota Alphard generasi kedua tahun 2013 hingga 2015 bisa dipinang di angka Rp 350 sampai Rp 400 juta. Sedangkan Nissan Serena yang banyak dilirik sebagai alternatif di bawah Alphard, khususnya tahun 2014, dibanderol sekitar Rp 190 sampai Rp 220 juta.
"Untuk stok bekasnya, Serena sama Alphard banyak ya. Tapi banyak yang bialng lebih aman Alphard karena suku cadangnya lebih pasti," jelasnya.
Masih kurang? Adjie menyebut, masih ada satu model MPV mewah pintu geser lagi yang bisa diboyong, yaitu Toyota NAV1. Kakak dari Toyota Voxy ini kerap diburu karena tampangnya yang elegan dan desain interior yang roomy.
ADVERTISEMENT
"Kalau NAV1 itu tahun 2014-2015 banyak dicari. Kisarannya Rp 210 juta. Kenapa dicari? karena bentuknya elegan bagi para pebisnis," pungkasnya.
Untitled Image
Toyota NAV1 generasi pertama. Dok. Wikipedia

Pamornya Saingi Kijang Innova

MPV bongsor pintu geser seperti Alphard dan Serena tahun lama masih punya daya tarik tersendiri. Menurut Adjie, dengan modal Rp 350 jutaan, calon pembeli yang mencari mobil MPV besar tujuh penumpang justru lebih memilih Alphard bekas dibanding Innova.
"Kalau modal Rp 350 juta sekarang beli mobil baru kan dapat Innova reborn ya, tapi kalau pakai (beli) Alphard bekas kan meskipun tahun tua gengsinya beda," katanya.
Namun, Adjie tetap mengimbau agar tetap teliti membeli MPV bongsor pintu geser, karena fitur mewahnya bisa jadi malah membuat rekomendasi perbaikannya lebih banyak. Perhatikan juga model dan kenyamanan interiornya, tentunya sesuaikan juga dengan kebutuhan.
ADVERTISEMENT