Otomotif
·
11 April 2021 16:58

Tutup Pentil Ban Jangan Diremehkan, Fungsinya Vital!

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Tutup Pentil Ban Jangan Diremehkan, Fungsinya Vital! (483913)
Tutup pentil ban mobil Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan
Tutup pentil ban tak bisa diremehkan keberadaannya. Ya meski kecil dan seolah recehan, tapi fungsinya cukup vital untuk performa ban.
ADVERTISEMENT
National Sales Manager TBR (Truck & Bus Radial) PT. Hankook Tire Sales Indonesia Ahmad Juweni mengingatkan, pastikan tutup pentil selalu terpasang pada ban.
Ya tujuannya, untuk menghindari kerusakan isi pentil akibat butiran, batu-batu kecil atau pasir yang masuk ke dalam pentil ban.
“Tutup pentil terlihat sepele, namun jika isi pentil rusak, tekanan angin akan berkurang lebih cepat dan dapat menyebabkan kerusakan ban," ucapnya.
Tutup Pentil Ban Jangan Diremehkan, Fungsinya Vital! (483914)
Ilustrasi ban mobil bekas. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
Memperjelas fungsinya, Technical Training Analyst PT Astra Honda Motor (AHM) Endro Sutarno menambahkan, tutup pentil tidak ada kaitannya mencegah angin keluar dari dalam ban.
Tapi lebih untuk melindungi komponen pentil sendiri. Karena bila valve tire ban pada pentil berkarat atau rusak, udara bisa menyelinap keluar, atau bocor halus.
ADVERTISEMENT
"Karena yang menahan (udara keluar) pentilnya, atau valve tire itu sendiri," pungkas Endro.
Tutup Pentil Ban Jangan Diremehkan, Fungsinya Vital! (483915)
Pentil ban motor tanpa tutupnya Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparan

Ganti tutup pentil

Endro menyebut, tutup pentil yang terbuat dari plastik juga memiliki usia pakai, yang lama kelamaan bisa getas. Maka dari segera cari penggantinya dengan yang baru.
Di pasaran modelnya pun beragam, ada yang menyerupai bawaan, ada pula model aftermarket alias racing sehingga bisa mendongkrak penampilan kendaraan yang dimiliki.
Yang juga harus diingat, sehabis isi angin pastikan bagian dalam tutup pentil ban dalam keadaan bersih, baru pasang kembali. Bukannya tidak mungkin ada kotoran yang nantinya bisa hinggap ke pentil ban kendaraan.