Otomotif
·
8 Juni 2021 9:16
·
waktu baca 3 menit

Viral Polisi Tilang Pengendara Moge Ducati, Dikira Pakai Knalpot Racing!

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Viral Polisi Tilang Pengendara Moge Ducati, Dikira Pakai Knalpot Racing! (270999)
Tampilan depan Ducati StreetFighter V4S. Foto: Ducati
Viral di media sosial pemilik Ducati StreetFighter V4S protes kepada petugas kepolisian lantaran kena tilang. Musababnya, motor yang ditungganginya dianggap pakai knalpot racing.
ADVERTISEMENT
Dalam video yang tersebar, pemilik berdebat dengan petugas karena merasa knalpot-nya bawaan diler, alias masih belum dimodifikasi.
Ya mengingat, saat ini razia knalpot racing gencar dilakukan petugas kepolisian belakangan ini. Tak pandang bulu, tak cuma motor mesin kecil, tapi juga para pengguna motor gede (moge).
Kejadiannya terjadi pada Minggu (6/6) pagi di kawasan Senayan City, Jakarta Pusat. "Ini motor standar, beneran standar dari sananya pak. Itu knalpot standarnya Ducati, kenapa ditilang ya?," protes pemotor dalam video tersebut.
Dalam akun instagram resmi TMC Polda Metro Jaya, proses penilangan kepada para pemotor gede tersebut sempat juga diunggah. Terlihat beberapa pemotor diberhentikan karena menggunakan knalpot racing dan petugas juga meminta dokumen kelengkapan kendaraan.
ADVERTISEMENT
"Polri melakukan penindakan terhadap pemotor yang masih nekat menggunakan knalpot bising dan tidak memasang TNKB sesuai ketentuan di Jl Asia Afrika, Senayan," tulis keterangan foto di akun TMC Polda Metro Jaya.

Memang suara khas Ducati

Viral Polisi Tilang Pengendara Moge Ducati, Dikira Pakai Knalpot Racing! (271000)
Tampilan depan Ducati StreetFighter V4S. Foto: Ducati
Ducati StreetFighter V4S baru saja diluncurkan di Indonesia belum lama ini. Motor ini memiliki kubikasi mesin 1.103 cc dengan konfigurasi mesin V4 90 derajat. Dalam keadaan knalpot standar, memang suara motor ini terbilang besar.
Namun menurut Bonifacius Soemarmo Marketing Ducati Indonesia, hampir seluruh produk Ducati memiliki suara yang khas dan cenderung sedikit bising lantaran karakter mesinnya.
"Jadi pada dasarnya Ducati memang memiliki suara yang khas. Kalau buat penggemar motor, khususnya motor besar biasanya sudah hafal dengan suara mesin Ducati," kata Bongki, panggilan karibnya kepada kumparan Selasa (7/6).
Viral Polisi Tilang Pengendara Moge Ducati, Dikira Pakai Knalpot Racing! (271001)
Ducati StreetFighter V4S. Foto: Ducati
Suara khas mesin Ducati, lanjut dia, lahir dari konfigurasi mesin 90 derajat bermodel V engine. Nah, untuk motor terbaru Ducati kebanyakan sudah mengusung mesin V4 dengan mengaplikasikan kopling kering.
ADVERTISEMENT
Racikan inilah yang membuat mesin dari Ducati terdengar lebih berisik dibandingkan moge yang lain. Bahkan lebih bising ketimbang Ducati yang menggunakan kopling basah,
"Sebenarnya memang yang namanya moge, motor dengan cc besar, suara yang dihasilkan juga pasti akan lebih besar. Tapi suara yang besar itu juga banyak dihasilkan oleh suara mesin, jadi tidak hanya dari suara knalpot. Walaupun dengan knalpot standar, suara moge akan tetap lebih keras dari motor lain dengan CC yang lebih kecil," katanya.

Tak jadi ditilang

Viral Polisi Tilang Pengendara Moge Ducati, Dikira Pakai Knalpot Racing! (271002)
Tampilan samping Ducati StreetFighter V4S. Foto: Ducati
Khusus pemotor Ducati StreetFighter V4S, pihak polisi akhirnya membatalkan tilang karena memang motor tersebut menggunakan knalpot standar. SIM yang awalnya ditahan pun dikembalikan ke pemiliknya.
"Jika ada kesalahan dengan anggota kami harap masyarakat dapat menyelesaikan dengan baik dan tidak membuat pernyataan yang ber-persepsi negatif. Selanjutnya anggota akan kami telusuri apabila melakukan kesalahan pada saat penindakan untuk diedukasi kembali terkait spesifikasi standar motor ber cc besar," kata Kasat Patwal Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Argo Wiyono saat dihubungi kumparan.
ADVERTISEMENT