Otomotif
·
21 April 2021 10:45

Wajib Tahu, Ini 10 Istilah yang Sering Dipakai Anak Motor

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Wajib Tahu, Ini 10 Istilah yang Sering Dipakai Anak Motor (220186)
Royal Endfield Jamboree 2019 Foto: dok. Royal Riders Indonesia
Dalam sebuah komunitas motor ada banyak istilah yang kerap kali diucapkan para anggotanya. Akronim unik ini umumnya akan membuat feel sebagai bikers makin terasa kental.
ADVERTISEMENT
Sebagai seorang yang menyebut dirinya anak motor, tentu kamu harus paham istilah yang dipakai oleh lingkungan otomotifmu. Jangan sampai karena tidak paham, justru bikin kamu pusing sendiri.
Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas 10 istilah yang paling sering disebut saat sedang kumpul dengan anak motor. Hal ini bisa buat kamu lebih asyik saat motoran utamanya ketika terlibat dalam obrolan sesama pecinta motor. Apa saja istilah tersebut?
Kopdar
Wajib Tahu, Ini 10 Istilah yang Sering Dipakai Anak Motor (220187)
Ilustrasi kopdar komunitas motor. dok: Istimewa
Kopdar merupakan akronim dari "kopi darat". Biasanya, istilah ini diartikan sebagai kegiatan kumpul-kumpul sesama anggota club, komunitas, hingga sebuah forum otomotif.
Kopdar sendiri umumnya dilakukan tiap satu minggu sekali, hari yang dipilih bervariasi tapi biasanya mengambil akhir pekan. Dalam kegiatan ini bisa diisi dengan diskusi, perkenalan anggota baru, atau sekadar membahas kegiatan yang akan dilakukan ke depan.
ADVERTISEMENT

Kopgab

Wajib Tahu, Ini 10 Istilah yang Sering Dipakai Anak Motor (220188)
Yamaha XMax di Yamaha Maxi Day Foto: Aditya Pratama Niagara/kumparanOTO
Masih sama dengan kopdar, tapi skalanya lebih besar. Kopgab sendiri adalah singkatan dari 'kopi darat gabungan' yang diikuti lebih dari 1 club atau komunitas.
Tujuan utama dari kopgab adalah bertemu dengan komunitas lain di satu titik tertentu yang garis besarnya memperkuat hubungan antar komunitas.

Jamnas

Wajib Tahu, Ini 10 Istilah yang Sering Dipakai Anak Motor (220189)
Konferensi pers International Royal Enfield Jamboree 2019 Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Ketiga adalah Jamnas yang memiliki arti sebagai jambore nasional. Jamnas lebih fokus pada sebuah pertemuan besar, pesta besar, atau perayaan besar. Biasanya dilakukan oleh sebuah club atau komunitas dengan skala nasional, atau sederhananya memiliki chapter di beberapa daerah di Indonesia.
Jambore dalam KBBI juga diartikan sebagai pertemuan, awal kata jambore sangat populer digunakan untuk acara kepramukaan sampai dengan acara partai politik. Namun saat ini jambore sudah lazim digunakan pada acara komunitas yang digelar secara besar-besaran.
ADVERTISEMENT

Rolling

Wajib Tahu, Ini 10 Istilah yang Sering Dipakai Anak Motor (220190)
Para komunitas Royal Enfield mengikuti acara Ride After Dark. Foto: Royal Enfield Indonesia
Ini masih ada kaitannya dengan 3 istilah di atas. Biasanya rolling akan dilakukan setelah acara kopdar, kopgab, atau jamnas. Rolling sendiri merupakan kegiatan untuk mengelilingi suatu wilayah tertentu dengan jarak yang tidak terlalu jauh.

Sunmori

Wajib Tahu, Ini 10 Istilah yang Sering Dipakai Anak Motor (220191)
Motor para peserta Sunmori di depan DPP PKB. Foto: Ainul Qalbi/kumparan
Istilah satu ini baru-baru saja ngetren di kalangan anak motor. Sunmori memiliki arti sebagai 'Sunday Morning Ride'.
Sesuai namanya, para bikers bakal menggelar kegiatan berkendara entah dalam jumlah banyak atau sedikit, yang pasti dilakukan pada Minggu pagi.

Road Captain (RC)

Wajib Tahu, Ini 10 Istilah yang Sering Dipakai Anak Motor (220192)
Orang-orang yang mengenakan kostum Santa Claus mengedarai sepeda motor selama parade Xmas Toy Run yang diselenggarakan oleh Harley Santa Club di Tokyo, Jepang. Foto: Issei Kato/REUTERS
Untuk kamu yang sudah sering kali melakukan touring pasti tidak asing dengan sebutan ini. Ya, RC juga akronim dari Road Captain. Dia memiliki tanggung jawab penuh atas kelancaran dan keselamatan para rombongan touring-nya.
Dalam beberapa hal RC juga memiliki tanggung jawab untuk mengurus administrasi keamanan seperti surat izin jalan dari kepolisian dan menjadi petunjuk arah untuk lokasi yang dituju.
ADVERTISEMENT

Safety Officer (SO)

Wajib Tahu, Ini 10 Istilah yang Sering Dipakai Anak Motor (220193)
Ilustrasi rombongan moge Harley Davidson. Foto: Northernontario
Safety Officer biasanya memiliki tugas untuk memastikan jalur yang akan dilewati adalah rute yang aman dan bisa dilalui.
Dia akan berkomunikasi intens dengan Voorijder dalam mengatur kecepatan motor anggota touring. Yang pasti sebagai SO harus paham situasi dan jalur yang akan dilalui, biasanya posisi SO akan berada paling depan setelah RC.

Voorijder (VO)

Wajib Tahu, Ini 10 Istilah yang Sering Dipakai Anak Motor (220194)
Rolling thunder di Suryanation Motorland 2019. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Voorijder punya tugas krusial saat touring yaitu memimpin perjalanan rombongan dengan mengatur ritme kecepatan seluruh anggota selama perjalanan dengan dasar masukan dari SO, SW dan RC.
Mereka biasanya akan memberi tanda-tanda (tangan dan kaki) guna memberikan keselamatan rombongan dan wajib disampaikan secara berantai oleh seluruh anggota touring di belakangnya.

Sweeper (SW)

Wajib Tahu, Ini 10 Istilah yang Sering Dipakai Anak Motor (220195)
Para komunitas Royal Enfield mengikuti acara Ride After Dark. Foto: Royal Enfield Indonesia
Ini juga masih masuk sebagai petugas ketika touring berlangsung. Tujuan utamanya memastikan barisan rombongan rapi tidak tercecer.
ADVERTISEMENT
Biasanya sweeper dibagi menjadi 2 kategori, pertama Sweeper tengah dan Sweeper belakang. Sweeper sering kali berada di sebelah kanan untuk mengatur barisan. Dia juga bertugas untuk mengingatkan dan memperjelas perintah dari seorang voorijder.

Tourjib dan Tourgab

Wajib Tahu, Ini 10 Istilah yang Sering Dipakai Anak Motor (220196)
Ilustrasi berkendara berkelompok atau touring komunitas. Foto: Istimewa
Jika kamu ikut dalam satu komunitas dan cluB tertentu biasanya akan diminta untuk melakukan Tourjib dan Tourgab.
Tourjib adalah singkatan dari touring wajib. Seluruh anggota harus mengusahakan untuk ikut dalam kegiatan touring yang destinasi perjalanan yang bervariasi. Bisa dekat, jauh, hingga sangat jauh.
Beda dengan Tourjib, Tourgab memiliki arti sebagai touring gabungan. Umumnya kegiatan ini dilakukan oleh beberapa komunitas untuk ikut dalam suatu acara tertentu dan tak semua anggota komunitas harus hadir.