Otomotif
·
4 Januari 2021 18:15

Wajib Tahu, Ini Bedanya Sportscar, Supercar, dan Hypercar

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Wajib Tahu, Ini Bedanya Sportscar, Supercar, dan Hypercar  (86265)
Bugatti Chiron. Foto: Caranddriver
Segmentasi mobil di dunia otomotif beragam, tak cuma MPV, SUV atau city car saja. Nah ada lagi di kasta mobil performa, seperti sportscar, supercar, juga hypercar.
ADVERTISEMENT
Nah tapi sudah pada tahu belum apa perbedaannya, antara masing-masing jenis mobil performa tersebut?
Mengutip dari Drivetribe dan TheDrive, berikut perbedaan ketiganya. Namun ini bukan parameter yang pasti, masing-masing subjek masih bisa mendefinisikan sendiri tentunya.
Wajib Tahu, Ini Bedanya Sportscar, Supercar, dan Hypercar  (86266)
Toyota GR Supra Special Edition Foto: Istimewa

Sportscar

Bila disederhanakan, ini merupakan kendaraan yang dirancang untuk hiburan dan kesenangan. Mungkin saja ini bukan mobil yang bisa dipakai untuk utilitas sehari-hari.
Meski lebih ngebut dari mobil penumpang biasa, ini masih di kelas entry level mobil performa. Sportscar bisa empat atau dua pintu, seperti Dodge Challenger, Ford Mustang, Mazda Miata, Chevrolet Corvette, Toyota Supra, atau Porsche 911.
Nah soal performanya, rata-rata mobil yang masuk kategori sportscar maksimal mentok di angka 500 dk. Jenis ini juga bisa bermesin depan, tengah atau belakang. Begitu juga penggeraknya, bisa belakang, 4-roda, atau depan yang bisa dibilang jarang.
Wajib Tahu, Ini Bedanya Sportscar, Supercar, dan Hypercar  (86267)
Honda NSX GT3 Foto: dok. HPM

Supercar

Spesies ini berada setingkat di atas sportscar, nah modelnya seperti Honda NSX, McLaren 720S, Lamborghini Aventador SuperVeloce, Ford GT, Aston Martin Vanquish, atau Ferrari SF90 Stradale.
ADVERTISEMENT
Eksotisme supercar cukup membuat kita takjub saat melihatnya di jalan. Apalagi dengar suara deru mesin dan knalpotnya.
Supercar umumnya sedikit lebih sulit ditangani daripada sportscar, dan biasanya memiliki lebih dari 500dk sampai 800 dk. Mayoritas bermesin tengah (mid-engine), tapi ada juga yang mesin depan, seperti Dodge Viper, dan Corvette ZO6.
Tipe penggeraknya roda belakang atau empat, dan bisa dipastikan bukan penggerak roda depan.
Wajib Tahu, Ini Bedanya Sportscar, Supercar, dan Hypercar  (86268)
Aston Martin Valkyrie. Foto: autocar.co.uk

Hypercar

Ini merupakan mobil yang ada di level paling atas soal performa, yang bisa dikemudikan di jalan umum. Meski begitu, pemilik hypercar harus benar-benar paham soal berkendara, supaya bisa menjinakkannya.
Bagaimana tidak, mobil yang banyak disebut sebagai speed-monster ini tenaganya bisa lebih dari 800 dk, bahkan menyentuh 1.479 dk seperti Bugatti Chiron.
ADVERTISEMENT
Model-model lainnya ada Pagani Huayra BC, Porsche 918 Spyder, McLaren P1, Aston Martin Valkyrie dan lainnya.
Nah apakah Anda punya definisi sendiri? Silakan berbagi di kolom komentar.