Otomotif
·
24 Desember 2020 19:05

Waspada Bila 2 Warna Asap Knalpot Ini Keluar dari Motor 4-Tak Anda

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Waspada Bila 2 Warna Asap Knalpot Ini Keluar dari Motor 4-Tak Anda (187160)
Tampilan knalpot Piaggio MPE 500 HPE Sport Advanced. Foto: Bangkit Jaya putra/kumparan
Sepeda motor masih jadi transportasi pilihan masyarakat di kota-kota besar seperti Jakarta. Motor dipilih karena lebih efisien dan mudah untuk membelah kemacetan.
ADVERTISEMENT
Namun, karena mobilitas yang tinggi tak jarang pemilik sepeda motor kurang memperhatikan kondisi kendaraannya. Alhasil masalah teknis di komponen mesin pun kadang tak dihiraukan, meski gejalanya sudah muncul lewat asap knalpot.
Waspada Bila 2 Warna Asap Knalpot Ini Keluar dari Motor 4-Tak Anda (187161)
Knalpot Yamaha XSR 155 garapan Katros Garage. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Senior Technical Advisor PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Slamet Kasianom menjelaskan, knalpot berasap pada motor 4-tak menunjukkan ada yang tak beres pada komponen mesin.
"Untuk motor 4-tak ada 2 warna asap yang mencirikan motor tersebut sedang tidak sehat. Pertama warna putih dan hitam," kata Slamet kepada kumparan, Selasa (22/12)
Waspada Bila 2 Warna Asap Knalpot Ini Keluar dari Motor 4-Tak Anda (187162)
Ilustrasi setelan klep pada sepeda motor. Foto: dok. Istimewa
Slamet mengatakan untuk motor 4-tak yang knalpotnya mengeluarkan asap warna putih saat kondisi langsam (idle) saja, kemungkinan besar komponen sil klep yang mengalami kerusakan.
"Biasanya oli masuk dari celah sil klep, dan sil klep ini sudah enggak kuat untuk menekan atau menahan oli. Saat langsam dan keluar asap (putih) artinya ada oli yang masuk ke ruang bakar," jelas Slamet.
ADVERTISEMENT
Sementara jika asap putih terus-menerus keluar saat posisi rpm tinggi atau mesin dalam keadaan panas, artinya komponen seher atau piston mengalami baret.
"Tapi ketika gas tambah kencang dan asapnya keluar banyak, oli yang di bawah seher naik ke ruang bakar. Naiknya itu bisa jadi lewat celah seher dengan dinding silinder, dan bisa karena baret atau ring pistonnya sendiri yang sudah lemah," ungkap dia.
Waspada Bila 2 Warna Asap Knalpot Ini Keluar dari Motor 4-Tak Anda (187163)
Tampilan knalpot dan lampu stop Yamaha WR 155 R. Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Lalu bagaimana jika asap yang keluar dari knalpot berwarna hitam? Slamet menjelaskan indikasinya karena bahan bakar yang tidak terbakar sempurna.
"BBM yang masuk ke ruang bakar tidak semua, terlalu kaya, atau kita sebutnya kebasahan. Asap ini sering kali keluar ketika sedang buka gas secara mendadak," jelas dia.
ADVERTISEMENT
Gejala lainnya diikuti dengan karakter menembak tidak normal dari knalpot. Penyebabnya bisa karena setelan bensin yang tidak pas atau filter udara yang sudah kotor.

Jangan tunggu segera perbaiki

Waspada Bila 2 Warna Asap Knalpot Ini Keluar dari Motor 4-Tak Anda (187164)
Ilustrasi mekanik Yamaha Foto: Istimewa
Slamet menyarankan apabila motor 4-tak kalian mengalami keluar asap dari lubang knalpot, segera lakukan perbaikan agar kerusakan tidak lebih parah.
"Untuk asap hitam jika sudah disetel injektor, busi, atau filternya masih mengeluarkan asap, berarti ada kebocoran pada kompresi. Ini harus segera ditangani," jelas dia.
Waspada Bila 2 Warna Asap Knalpot Ini Keluar dari Motor 4-Tak Anda (187165)
Piston baru menggunakan kepunyaan Yamaha YZF-R15 Foto: Bangkit Jaya Putra/kumparan
Sementara jika kasusnya asap putih dan tidak segera diselesaikan, dampak terburuknya adalah motor akan jebol. Musababnya karena suplai oli akan menipis dan habis, tentu ini akan berbahaya bagi sistem pelumasan pada mesin.
"Mau enggak mau harus harus ganti piston, ring piston, dan dinding silinder," jelas dia.
ADVERTISEMENT
Jadi, buat Anda yang motor 4-taknya mengalami keluar asap dari knalpot, jangan kompromi dan menunda segera lakukan pengecekan dan perbaikan.