Otomotif
·
27 Agustus 2020 17:25

Waspada Remote Keyless Motor Bisa Rusak Gara-gara Hal ini

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Waspada Remote Keyless Motor Bisa Rusak Gara-gara Hal ini (11902)
Ilustrasi remote keyles pada sepeda motor. Foto: dok. Istimewa
Sepeda motor keluaran terbaru sudah menggunakan sistem tanpa anak kunci atau sering disebut keyless. Sebagai gantinya ada kunci remot atau remote key sebagai mekanisme pendukung menyalakan mesin motor.
ADVERTISEMENT
Alasannya sistem ini dirasa lebih aman dan fleksibel. Si pemilik motor tak perlu lagi masukkan kunci, remotnya cukup disimpan di dalam kantong. Kemudian tinggal pencet atau putar kontak, motor bisa dengan mudah dinyalakan.
Lebih aman karena remotnya disematkan transponder chip, guna mencocokkan sinyal perintah ke Smart Control Unit yang terhubung Engine Control Module di motor. Bila cocok, mesin bisa dihidupkan. Sistem ini merupakan perangkat keamanan yang disebut kunci immobilizer, yang sekaligus bertugas sebagai pendukung kerja alarm motor.
Supaya bisa dioperasikan, remote keyless dibenamkan baterai dengan umur tertentu.
Nah, dengan kecanggihan fitur tersebut, bagaimana jika sedang dalam berkendara turun hujan? Otomatis remote keyless yang disimpan di saku basah, langsung rusak kah alat tersebut?
ADVERTISEMENT
Technical Training Analyst PT Astra Honda Motor (AHM) Endro Sutarno mengatakan jika kondisinya seperti itu, maka tak perlu ada yang dikhawatirkan.
Aman, asal tidak terendam air. Kehujanan dalam arti tidak terendam. Kalau naik motor kemudian remote dikantongi di saku, kemudian hujan, itu enggak masalah," jelasnya saat dihubungi kumparan, Rabu (26/8).
Waspada Remote Keyless Motor Bisa Rusak Gara-gara Hal ini (11903)
Keyless Suzuki Saluto 125 Foto: dok. Supermoto8
Tapi bukan berarti di dalamnya ada semacam lapisan pelindung anti air. Tambah Endro, permukaan remote keyless dirancang khusus tidak kemasukkan air.
"Di dalam area tombol ada cekungan sehingga waktu kehujanan, air langsung ke bawah mengalirnya," pungkasnya lagi.
Maka dari itu, beda cerita ketika remote keyless tanpa sengaja terendam air atau bahkan ikut tercuci di dalam pakaian. Karena mengandung komponen elektrikal, kemungkinan besar remote keyless bisa rusak.
"Kalau itu masalah, jangan terendam. Kalau kena bagian elektroniknya ya rusak," katanya.
Waspada Remote Keyless Motor Bisa Rusak Gara-gara Hal ini (11904)
Ilustrasi keyless pada sepeda motor. Foto: Istimewa

Pertolongan pertama remote keyless yang terendam air

Apabila terjadi hal demikian, segera amankan remote keyless. Kemudian jangan coba-coba untuk menekan tombol apapun, lalu keringkan dengan cara menjemur dan digantung supaya air keluar. Tunggu beberapa saat sampai benar-benar kering.
ADVERTISEMENT
Sesudahnya bila dirasa sudah kering coba operasikan seperti biasa. Jika tidak ada respons, sebaiknya segera bawa ke bengkel resmi Honda terdekat untuk diduplikasi dengan keyless yang baru.
Caranya dengan mensinkronisasikan pin atau ID tag yang tersematkan di remote keyless bawaan motor.
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)