Otomotif
·
18 November 2020 7:20

Yamaha Indonesia Masih Sediakan Onderdil RX-King, Ini Komponennya?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Yamaha Indonesia Masih Sediakan Onderdil RX-King, Ini Komponennya? (48730)
Tampilan depan Yamaha RX-King Special Edition full orisinal. Foto: Arie Soeta (ACB_BDO)
Meski umurnya sudah lebih dari 1 dekade, Yamaha RX-King masih eksis hingga saat ini. Bahkan popularitasnya makin melejit, sampai-sampai ada yang menjual motornya dengan mahar Rp 150 juta.
ADVERTISEMENT
Yamaha Indonesia pernah mengatakan untuk produk yang sudah berusia 10 tahun, sudah tak lagi menyediakan suku cadangnya. Namun, ternyata ada pengecualian untuk model RX-King.
Yamaha Indonesia Masih Sediakan Onderdil RX-King, Ini Komponennya? (48731)
Yamaha RX-King. Foto: Istimewa
Manager Public Relation PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Antonius Widiantoro mengatakan, demand terhadap RX-King yang tinggi jadi salah satu alasan mengapa garpu tala masih menyuplai onderdil-nya.
"Di Yamaha itu memang kita punya kebijakan 10 tahun (ketersediaan sparepart). Tapi kita juga melihat demand-nya seperti apa, buktinya RX-King pun sudah lebih dari 10 tahun karena permintaannya masih ada. Kita coba suplai," jelas Anton beberapa waktu lalu.
Yamaha Indonesia Masih Sediakan Onderdil RX-King, Ini Komponennya? (48732)
Yamaha RX-King. Foto: Istimewa
Sepuluh tahun, kata Anton, hanya jadi angka rasional saja. Maksudnya internal mereka juga melihat permintaan dari konsumen akan sebuah produk, termasuk penyediaan suku cadang Yamaha RX-King.
ADVERTISEMENT
"Tapi mungkin ada beberapa motor yang sudah discontinue dan sudah tidak ada permintaan, ya kita stop (ketersediaan suku cadang)," ungkapnya.

Suku cadang apa saja yang masih disediakan?

Yamaha Indonesia Masih Sediakan Onderdil RX-King, Ini Komponennya? (48733)
Ilustrasi sparepart blok mesin Yamaha RX-King Foto: Istimewa
Karena terbilang motor lawas, mesin jadi salah satu komponen yang cukup riskan. Anton mengatakan untuk suku cadang berbau mesin kemungkinan barangnya tersedia lewat jalur supplier.
"Mungkin lewat suplier ya dan tentu lewat Yamaha Indonesia karena jual sparepart dan pasti resmi. Kemarin kita juga ada frame dan blok mesin itu masih diproduksi (di pabrik Yamaha Indonesia)," pungkasnya.

Respons harga 'gelap' RX-King

Yamaha Indonesia Masih Sediakan Onderdil RX-King, Ini Komponennya? (48734)
RX-King Special Edition NOS Foto: dok. Arif King Priok
Anton juga merespons harga jual Yamaha RX-King yang kini meroket. Dia mengatakan harga jual RX-King bekas dikembalikan lagi ke pasar.
"Ya jika sudah seperti itu memang di luar nalar harganya ya. Itu market yang menentukan apalagi barangnya sudah tidak kita produksi dan kita tidak mengatur harganya. Ya kalau suka angkut, enggak suka ya tidak usah," jelasnya.
ADVERTISEMENT
Sekadar informasi, Yamaha RX-King Special Edition rakitan 2013 berstatus new old stock (NOS) pernah dimahar Rp 150 juta.