kumparan
10 Juli 2019 12:18

10 Manfaat Bermain Paddling, Olahraga yang Digemari Menteri Susi

Susi Paddling dengan Anaknya
Susi Paddling dengan Anaknya. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Susi Pudjiastuti, memberikan tantangan kepada pendiri sekaligus CEO Facebook, Mark Zuckerberg. Susi mengajak Zuckerberg untuk beradu kecepatan paddling.
ADVERTISEMENT
Tantangan Susi ini disampaikan di foto terbaru Zuckerberg di akun Instagram miliknya, yang diunggah pada Selasa (9/7).
"Saya juga suka paddling. Senang jika bisa menantang Anda balap paddling dan memenangkan 10% (saham-red) dari Facebook. Jadi saya bisa menjualnya dan menggunakan uang itu untuk membeli beberapa kapal patroli besar untuk melindungi perairan Indonesia dari kapal penangkap ikan ilegal dan membeli ribuan kapal penangkap ikan baru untuk nelayan indonesia sehingga mereka bisa pergi mencari ikan lebih banyak dan lebih baik lagi," kata Susi dalam sebuah komentar di posting foto Zuckerberg bertajuk "Tahoe Sunset."
Lalu, apa sebenarnya manfaat dari olahraga paddling bagi kesehatan? Sebelum mengetahui manfaatnya, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu apa itu paddling.
Susi Pudjiastuti paddling di Natuna
Susi Pudjiastuti paddling di Natuna. Foto: Ahmad Romadoni/kumparan
Istilah paddling sebenarnya mengarah pada kegiatan mengayuh menggunakan paddle atau dayung yang tidak terhubung dengan perahu. Adapun paddle yang sering dimainkan Susi, disebut sebagai stand-up paddleboarding atau disingkat SUP.
ADVERTISEMENT
Mens Fitness melansir, Stand-up paddleboarding berasal dari Hawaii pada 1976-an, dengan sebutan lokalnya Hoe he’e nalu. Dulunya, kegiatan ini dilakukan untuk membantu navigasi gelombang laut. Namun kini berkembang menjadi olahraga air yang bisa dilakukan di danau, sungai, bahkan laut.
Olahraga paddling sendiri diketahui memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satunya untuk melepaskan penat dari pekerjaan, atau melatih jantung agar lebih sehat. Setidaknya, ada 10 manfaat kesehatan utama dari olahraga ini. Berikut sepuluh manfaat paddling sebagaimana dilansir dari Health Fitness Revolution.
1. Meningkatkan keseimbangan
Stand-up paddleboarding mengharuskan setiap pemainnya untuk berdiri tegak di papan, yang membutuhkan stabilitas inti dan kekuatan kaki untuk menjaga keseimbangan. Dengan bermain paddling bukan hanya membantu kamu untuk memiliki keseimbang yang baik, melainkan bisa meningkatkan fokus.
ADVERTISEMENT
2. Melatih seluruh tubuh
Selama bermain paddling, hampir semua otot dalam tubuh digunakan. Karena memerlukan keseimbangan, maka otot-otot kaki akan bekerja keras untuk menstabilkan tubuh dari gravitasi, sementara lengan, punggung, dan bahu digunakan untuk mendorong papan di dalam air. Maka, otot-otot inti, punggung, dan perut terus bekerja untuk menjaga keseimbangan.
susi paddling di pantai pulau pombo
Menteri Susi paddling di pantai Pulau Pombo Foto: Pranamya Dewati/kumparan
3. Risiko cedera kecil
Mendayung merupakan olahraga yang memiliki risiko cedera yang cukup rendah. Karena itu, kecil kemungkinan bisa menyebabkan kerusakan pada tendon dan ligamen sendi. Bermain paddle masih aman dilakukan oleh para pelari yang sedang mengalami shin splints atau nyeri lutut dan pinggul.
4. Mengurangi stres
Air secara alami bisa menenangkan tubuh, dan olahraga bisa membantu mengurangi stres.
ADVERTISEMENT
5. Meningkatkan kekuatan tubuh
Setelah bermain paddling sehari, mungkin tubuh kamu akan terasa sedikit nyeri. Namun, hal itu justru merupakan hal yang baik akan sebagai tanda bahwa kekuatan tubuhmu mulai meningkat.
6. Cocok melatih kardio
Latihan kardio yang baik bisa bermanfaat bagi kesehatan jantung, termasuk menaikkan detak jantung.
Nadine Kaiser paddling dengan Susi Pudjiastuti
Nadine Kaiser paddling dengan Susi Pudjiastuti. Foto: Ahmad Romadoni/kumparan
7. Bagus untuk rehabilitasi
Karena mendayung aman bagi tubuh, maka naik dayung dapat menjadi alternatif yang berguna bagi orang-orang yang sedang rehabilitasi cedera untuk meningkatkan kekuatan tanpa melukai.
8. Meningkatkan daya tahan tubuh
Dengan bermain paddling rutin, maka kekuatan otot-ototmu akan meningkat, dan stamina pun akan bertambah. Ini juga akan berdampak pada daya tahan tubuh yang lebih baik.
9. Bagus untuk kesehatan kardiovaskular
ADVERTISEMENT
Menurut iSupWorld, bermain dayung bisa membantu seseorang terhindar dari risiko serangan jantung dan stroke. Sebab, paddle boarding mirip dengan olahraga berlari dan aerobik yang bisa meningkatkan kesehatan jantung.
10. Sumber vitamin D
Dengan bermain paddling kamu akan berinteraksi dengan alam, dan bisa berdampak positif pada kesehatan mental. Selain itu, paparan matahari pagi bisa memberi vitamin D yang baik bagi tubuh.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan