Tekno & Sains
·
11 Juli 2021 18:39
·
waktu baca 2 menit

100 Lubang Misterius Muncul di 2 Desa Kroasia dalam Waktu Sebulan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
100 Lubang Misterius Muncul di 2 Desa Kroasia dalam Waktu Sebulan (184324)
searchPerbesar
Lubang besar di desa Mecencani di Kroasia, terjadi setelah gempa berkekuatan 6,4 magnitudo pada akhir 2020. Foto: AFP
Di sebuah desa yang tenang di Kroasia sebelum tahun 2021, tanah mulai berperilaku aneh. Secara misterius, sebuah lubang yang melingkar hampir sempur muncul dengan lebar 30 meter, kedalaman sekitar 15 meter. Ini terjadi di sebuah taman di Mečenčani, sebuah desa berjarak 40 kilometer dari Zagreb, ibu kota Kroasia.
ADVERTISEMENT
Beberapa pekan berikutnya, semakin banyak lubang misterius atau yang juga disebut sinkhole, muncul di Mečenčani dan desa tetangganya, Borojevići.
Pada akhir Januari 2021, setidaknya ada 54 titik bidang tanah yang runtuh dan membentuk lubang dengan berbagai ukuran, menurut Istitut Geologi Kroasia. Media AFP memperkirakan pada Maret 2021, setidaknya ada 100 titik bidang tanah yang runtuh dan membentuk lubang di kedua desa tersebut.
Beberapa bidang tanah yang runtuh itu ditemukan di bagian bawah rumah warga, sehingga menyebabkan retakan pada bangunan dan batu bata yang ambruk.
“Kami merasa sangat tidak nyaman,” kata Stojan Kresojevic, seorang penduduk Mečenčani, mengatakan kepada Reuters pada Maret 2021.
100 Lubang Misterius Muncul di 2 Desa Kroasia dalam Waktu Sebulan (184325)
searchPerbesar
Lubang besar di desa Mecencani, ibukota Zagreb yang terjadi setelah gempa berkekuatan 6,4 magnitude. Foto: AFP
Sebelumnya, pada akhir Desember 2020, gempa bumi berkekuatan 6,4 magnitudo mengguncang Kroasia bagian tengah, menewaskan tujuh orang dan melukai 26 lainnya. Getarannya terasa di seluruh Kroasia, serta di negara tetangga Bosnia dan Serbia.
ADVERTISEMENT
Sinkhole bukanlah gejala khas dari guncangan seismik, tetapi diketahui terjadi di daerah dengan rongga dan gua bawah tanah yang tersembunyi, seperti Kroasia.
Kroasia adalah rumah bagi lusinan gua di bawah tanah, tiga di antaranya lebih dalam dari 1.000 meter (3.261 kaki). Gua bawah tanah yang dalam ini terbentuk oleh air yang mengalir, yang sedikit asam, yang perlahan mengikis batuan dasar yang sedikit larut, seperti batu kapur.
Dengan cara alami tersebut, terowongan bawah tanah yang berkelok-kelok dan rongga gua dapat terbentuk. Sebuah lubang pembuangan dapat terbentuk di antara struktur-struktur ini, dengan catatan jika tanah di permukaan memberikan jalan dan memperlihatkan sistem gua bawah tanah.
100 Lubang Misterius Muncul di 2 Desa Kroasia dalam Waktu Sebulan (184326)
searchPerbesar
Lubang besar di desa Mecencani, ibukota Zagreb yang terjadi setelah gempa berkekuatan 6,4 magnitude. Foto: AFP
Dalam kasus Kroasia, para peneliti menduga gempa bumi yang terjadi akhir Desember 2020 lalu, benar-benar mengguncang tanah di permukaan dan menyebabkan reruntuhan. Hal ini yang bisa jadi menyebabkan munculnya lusinan lubang misterius di desa Mečenčani dan Borojevići.
ADVERTISEMENT
“Bahkan tanpa gempa bumi sekalipun, tanah di atas rongga atau gua seperti itu, akan runtuh dan depresi akan terbentuk, seperti yang kadang-kadang terjadi di masa lalu. Tetapi gempa bumi telah mempercepat dan mengintensifkan proses ini,” kata Institut Geologi Kroasia.