Tekno & Sains
·
18 Agustus 2018 11:06

11 Cara Menurut Sains agar Pria Terlihat Lebih Menarik di Mata Wanita

Konten ini diproduksi oleh kumparan
11 Cara Menurut Sains agar Pria Terlihat Lebih Menarik di Mata Wanita (28134)
Ilustrasi pria yang romantis. (Foto: Thinkstock)
Setiap orang memiliki preferensi masing-masing dalam memilih pasangan mereka. Namun, bagi kamu para pria yang belum menemukan jalan dalam menggaet perempuan, para peneliti yang telah melakukan riset dan eksperimen, punya beberapa tips untuk membantumu.
ADVERTISEMENT
Berikut 11 cara mudah, menurut sains, yang bisa pria lakukan untuk terlihat lebih menarik di mata kaum hawa sebagaimana tim kumparanSAINS kutip dari IFL Science.
1. Terlihat lebih tua
11 Cara Menurut Sains agar Pria Terlihat Lebih Menarik di Mata Wanita (28135)
George Clooney. (Foto: Wikimedia Commons)
Dalam sebuah riset pada 2010 lalu ditemukan bahwa perempuan lebih menyukai pria yang lebih tua. Bahkan ketika si perempuan telah independen secara pemasukan, tingkat suka mereka pada pria yang lebih tua semakin tinggi.
"Kami menduga bahwa kemampuan untuk independen secara pemasukan memberikan perempuan rasa percaya diri dalam memilih pasangan yang lebih tua," ujar pemimpin riset Fhionna Moore.
Para peneliti sendiri menyebut pengaruh ini dengan nama "George Clooney Effect".
2. Tampak kaya
11 Cara Menurut Sains agar Pria Terlihat Lebih Menarik di Mata Wanita (28136)
Ilustrasi orang kaya (Foto: Pixabay)
Pada 2010 lalu, tim ilmuwan dari University of Wales Institute menemukan bahwa pria yang difoto dengan mobil mewah dilihat lebih menarik. Selain itu, pada sebuah penelitian pada 2014 lalu ditemukan juga bahwa pria yang difoto di dalam sebuah apartemen mewah dinilai lebih menarik.
ADVERTISEMENT
3. Kumis dan janggut tipis
11 Cara Menurut Sains agar Pria Terlihat Lebih Menarik di Mata Wanita (28137)
Jenis jenggot mewakili karakter pria (Foto: Berbagai sumber)
Dalam riset yang dilakukan peneliti University of New South Wales pada 2013 lalu, ditemukan bahwa pria dengan kumis dan jenggot tipis terlihat lebih menarik di mata kaum perempuan.
"Rambut wajah memiliki korelasi dengan kedewasaan, maskulinitas, dominasi, dan juga sifat agresif," tulis tim peneliti dalam risetnya.
"Yang paling menarik bagi kaum perempuan adalah pria janggut yang pendek," tambahnya.
4. Sedikit berotot
11 Cara Menurut Sains agar Pria Terlihat Lebih Menarik di Mata Wanita (28138)
Iko Uwais (Foto: Sarah Yulianti Purnama/kumparan)
Sebuah riset dari peneliti University of California diterbitkan pada 2007 lalu. Dalam studi itu ditemukan bahwa pria yang tidak terlalu berotot dianggap oleh kaum perempuan sebagai pasangan yang cocok untuk hubungan jangka panjang.
Sementara itu pria yang memiliki otot besar lebih dipilih sebagai pasangan untuk hubungan jangka pendek.
ADVERTISEMENT
5. Baik hati
11 Cara Menurut Sains agar Pria Terlihat Lebih Menarik di Mata Wanita (28139)
Pria harus menghargai kekasihnya (Foto: Thinkstock)
Hasil riset dari China yang dilakukan pada 2014 membuktikan, orang yang dideskripsikan dengan sifat positif dinilai lebih menarik.
Dalam studi tersebut, para peneliti meminta 100 pemuda untuk melihat gambar wajah pria dan perempuan. Peserta diminta untuk menilai seberapa menariknya wajah-wajah tersebut, yang di fotonya menampilkan juga keterangan atas sifat, seperti baik, jujur, atau jahat.
Dan hasilnya adalah wajah dengan deskripsi sifat yang positif dianggap lebih menarik.
Selain itu, psikolog Scott Batty Kaufman juga mengatakan bahwa bersikap baik juga dapat membuat seseorang terlihat lebih menarik.
6. Pakai warna merah
11 Cara Menurut Sains agar Pria Terlihat Lebih Menarik di Mata Wanita (28140)
Ranger Merah (Foto: Istimewa)
Pada 2010 ada sebuah riset lintas budaya yang diikuti oleh peserta dari China, Inggris, Jerman, dan Amerika Serikat. Hasil studi itu menunjukkan bahwa pria yang memakai warna merah terlihat lebih menarik.
ADVERTISEMENT
Dalam salah satu eksperimen, 55 mahasiswi diminta untuk melihat dua foto berwarna milik seorang pria yang sama. Di satu foto si pria mengenakan baju merah dan di foto kedua ia memakai baju hijau.
Pria tersebut secara signifikan dinilai lebih menarik ketika ia mengenakan baju merah. Hasil yang sama juga didapat ketika baju merah dibandingkan dengan baju warna lain.
Fakta menarik dan unik lainnya adalah peserta itu tidak menyadari bahwa warna baju si pria yang mempengaruhi tingkat ketertarikannya.
7. Humoris
11 Cara Menurut Sains agar Pria Terlihat Lebih Menarik di Mata Wanita (28141)
Tertawa terlalu kencang (Foto: Thinstock)
Telah banyak riset yang mengindikasikan bahwa perempuan lebih tertarik pada pria yang bisa membuat mereka tertawa. Sebaliknya, pria biasanya tidak begitu tertarik pada perempuan yang bisa membuat mereka tertawa.
Dalam riset yang dipublikasikan di jurnal Evolution and Human Behavior, tim ilmuwan menemukan bahwa kaum perempuan menghargai sifat humoris pasangannya dan juga kemampuan mereka untuk membuat pasangannya tertawa. Sementara pria hanya menghargai kemampuan mereka sendiri untuk membuat pasangannya tertawa.
ADVERTISEMENT
8. Punya hewan peliharaan
11 Cara Menurut Sains agar Pria Terlihat Lebih Menarik di Mata Wanita (28142)
Hewan peliharaan bantu cegah asma. (Foto: Pixabay)
Dalam sebuah eksperimen di Israel, para peneliti menemukan bahwa seseorang yang memiliki hewan peliharaan dianggap sebagai pengasuh yang baik dan juga bisa melakukan komitmen jangka panjang.
Selain itu, memiliki hewan peliharaan membuat seseorang terlihat lebih rileks, mudah didekati, dan bahagia.
9. Jago main musik
11 Cara Menurut Sains agar Pria Terlihat Lebih Menarik di Mata Wanita (28143)
Ilustrasi pria bertato dan brewok dengan kacamata hitam (Foto: Pxhere.com)
Sekelompok peneliti dari University of Sussex melakukan riset atas 1.500 perempuan untuk menemukan jenis musik yang disukai mereka pada 2014 lalu. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa perempuan lebih menyukai musik yang kompleks.
Peserta riset juga mengatakan bahwa mereka lebih memilih seorang komposer musik kompleks sebagai pasangan jangka panjang.
10. Gemar olahraga ekstrem
11 Cara Menurut Sains agar Pria Terlihat Lebih Menarik di Mata Wanita (28144)
Ilustrasi pendaki gunung (Foto: thinkstock)
Ada riset yang dilakukan oleh peneliti dari University of Alaska yang menemukan bahwa perempuan lebih tertarik pada pria yang melakukan olahraga ekstrem.
ADVERTISEMENT
Adapun olahraga yang dimaksud dalam riset adalah naik gunung, scuba diving, dan sepatu roda ekstrem. Dalam penelitian ditemukan bahwa perempuan lebih tertarik pada pria yang melakukan olahraga tersebut.
11. Deodoran wangi
11 Cara Menurut Sains agar Pria Terlihat Lebih Menarik di Mata Wanita (28145)
Bau badan mengganggu konsentrasi (Foto: Thinstock)
Dalam sebuah riset kecil pada 2009 lalu, yang dipublikasikan di Journal of Cosmetic Science, peneliti menemukan bahwa pria yang menggunakan deodoran yang wangi dinilai lebih percaya diri dan lebih menarik di mata perempuan.
Bahkan ketika para ilmuwan menunjukkan video pria tersebut kepada perempuan, mereka mengatakan pria yang menggunakan deodoran yang wangi terlihat lebih menarik, padahal mereka tidak bisa mencium aromanya.
Peneliti kemudian menyimpulkan, pria yang menggunakan deodoran wangi menunjukkan perilaku lebih percaya diri, yang kemudian membuat mereka tampak lebih menarik.
ADVERTISEMENT