Tekno & Sains
·
14 September 2021 10:03
·
waktu baca 2 menit

13 Gorila Positif Covid Sekaligus di Kebun Binatang, Kok Bisa?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
13 Gorila Positif Covid Sekaligus di Kebun Binatang, Kok Bisa? (78726)
searchPerbesar
Ilustrasi gorila di kebun binatang. Foto: Ken Bohn/San Diego Park via AP
Kasus penularan virus corona terjadi di Kebun Binatang Atlanta, AS. Enggak tanggung-tanggung, 13 gorila yang hidup di sana positif COVID-19.
ADVERTISEMENT
Menurut laporan Atlanta-Journal Constitution, media yang pertama mengabarkan ini, para petugas kebun binatang mulai curiga dengan kondisi kesehatan para gorila itu setelah beberapa dari mereka memiliki gejala klasik COVID-19. Gejala ini termasuk batuk, hidung meler, dan penurunan nafsu makan.
Pihak kebun binatang pun melakukan diagnostik virus corona melalui tes oral dan feses. Pada Jumat (10/9), Kebun Binatang Atlanta mengumumkan bahwa 13 gorila mereka positif COVID-19.
Hingga saat ini, tidak jelas bagaimana para gorila itu terinfeksi virus corona. Namun, pihak kebun binatang menduga bahwa hewan-hewan tersebut terpapar virus dari petugas kandang.
Pegawai tersebut, yang hanya disebut berjenis kelamin perempuan, ternyata telah positif COVID-19 saat bekerja dalam keadaan asimtomatik. Dia diketahui positif virus corona baru-baru ini setelah dites.
13 Gorila Positif Covid Sekaligus di Kebun Binatang, Kok Bisa? (78727)
searchPerbesar
Ilustrasi gorila di kebun binatang. Foto: Ken Bohn/San Diego Park via AP
Pihak kebun binatang mengatakan kepada Atlanta-Journal Constitution bahwa pegawai itu telah divaksinasi dua dosis. Dia juga selalu pakai pakaian pelindung seperti masker, sarung tangan, dan face shield saat bekerja.
ADVERTISEMENT
Kebun Binatang Atlanta total memiliki 20 gorila yang hidup bersama di 4 kandang berbeda. Masing-masing kandang setidaknya memiliki individu gorila yang punya gejala COVID-19.
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Masalahnya, karena ruang yang terbatas, gorila yang positif corona enggak bisa dipisahkan dari gorila lain. Kebun binatang itu berencana untuk mengetes setiap gorila secara berkala, terlepas dari mereka menunjukkan gejala COVID-19 atau tidak.
"Tim memantau gorila yang terkena dampak dengan sangat cermat dan berharap mereka akan pulih sepenuhnya,” kata Sam Rivera, direktur senior kesehatan hewan di Kebun Binatang Atlanta, dalam pernyataannya.
“Mereka menerima perawatan terbaik, dan kami siap memberikan perawatan suportif tambahan jika diperlukan,” imbuh Rivera.
13 Gorila Positif Covid Sekaligus di Kebun Binatang, Kok Bisa? (78728)
searchPerbesar
Gorila di Kebun Binatang San Diego Amerika yang terjangkit virus corona. Foto: Ken Bohn/San Diego Park via AP
Kebun Binatang Atlanta berencana untuk memberikan vaksin corona khusus hewan bagi semua gorila mereka saat nanti sudah pulih. Mereka pun telah memvaksinasi orang utan Kalimantan dan Sumatra, harimau Sumatra, singa Afrika, dan macan dahan yang tinggal di sana.
ADVERTISEMENT
Ini bukan kali pertama penularan lokal virus corona di kebun binatang menyerang gorila. Pada Januari lalu, delapan gorila di Taman Safari Kebun Binatang San Diego dirawat karena terinfeksi virus corona. Semuanya kini telah pulih.
Manusia memang diketahui dapat menularkan virus corona kepada hewan. Di sisi lain, pusat pencegahan penyakit AS, CDC, mengatakan bahwa hewan tidak memainkan peran penting dalam menyebarkan COVID-19 ke manusia.
Selain gorila, COVID-19 telah menginfeksi hewan lain termasuk harimau, singa, cerpelai, macan tutul salju, puma, anjing, dan kucing domestik.