Tekno & Sains
·
18 Oktober 2020 12:25

15 Tanaman Ini Sudah Hidup di Bumi Sejak Zaman Dinosaurus

Konten ini diproduksi oleh kumparan
15 Tanaman Ini Sudah Hidup di Bumi Sejak Zaman Dinosaurus (98008)
Ilustrasi dinosaurus memakan tanaman. Foto: Charles R. Knight via Wikimedia Commons
Ratusan ribu spesies tanaman hidup di planet Bumi kita saat ini. Tetapi, tahukah kamu bahwa beberapa di antaranya sudah ada bahkan sejak sebelum dinosaurus menguasai planet Bumi?
ADVERTISEMENT
Ilmuwan berhasil mengumpulkan beberapa fosil tumbuhan yang usianya lebih tua dari dinosaurus. Beberapa fosil tanaman yang ditemukan juga masih hidup hingga hari ini di berbagai penjuru dunia.
Dilansir Eden Project, setidaknya ada 15 tumbuhan yang saat ini masih hidup dan telah ada sejak sebelum dinosaurus menguasai Bumi. Apa saja? Berikut ulasan lengkapnya.

1. Tanaman Dutchman’s Pipe (Aristolochia gigantea)

15 Tanaman Ini Sudah Hidup di Bumi Sejak Zaman Dinosaurus (98009)
Tanaman Aristolochia gigantea. Foto: C T Johansson via Wikimedia Commons
Tanaman Dutchman’s Pipe masih dapat ditemukan di dalam hutan Brasil. Tumbuhan yang sama atau hampir mirip telah ada di planet Bumi sejak 65 hingga 142 juta tahun yang lalu.
Pada masa itu, bunga Aristolochia diserbuki oleh serangga-serangga yang hidup di zaman dinosarurus. Pada hari ini, bunga Aristolochia mampu menarik serangga seperti lalat untuk membantu penyerbukan tumbuhan.
ADVERTISEMENT

2. Tanaman Cycad (Dioon spinulosum)

15 Tanaman Ini Sudah Hidup di Bumi Sejak Zaman Dinosaurus (98010)
Tanaman Dioon spinulosum. Foto: Wikimedia Commons
Tumbuhan jenis palem ini sudah hidup sejak sekitar 280 juta tahun yang lalu. Tanaman ini berhasil melewati berbagai kepunahan massal, termasuk yang membawa kepunahan bagi dinosaurus.
Cycad mampu hidup di habitat yang berbatu dengan kondisi lingkungan yang ekstrem. Saat ini, Cycad biasa ditemui di dataran berbatu Meksiko pada ketinggian sekitar 450 meter. Cycad juga dapat menjulang hingga 12 meter.

3. Tanaman Lada Hitam (Piper nigrum)

15 Tanaman Ini Sudah Hidup di Bumi Sejak Zaman Dinosaurus (98011)
Tanaman Piper nigrum. Foto: K Hari Krishnan via Wikimedia Commons
Fosil pertama dari tanaman lada pertama kali ditemukan di Kolombia. Fosil tersebut diperkirakan berusia 100 hingga 145 juta tahun, sehingga membuatnya hidup bersama dinosaurus.
Setelah dinosaurus punah, berbagai perubahan iklim di dunia memengaruhi kehidupan tanaman lada. Saat ini, beberapa spesies lada baru tumbuh dari satu nenek moyang yang hidup bersama dengan dinosaurus ratusan juta tahun lalu.
ADVERTISEMENT

4. Tanaman Pakis Tanduk Rasa (Platycerium bifurcatum)

15 Tanaman Ini Sudah Hidup di Bumi Sejak Zaman Dinosaurus (98012)
Tanaman Platycerium bifurcatum. Foto: D Gordon E Robertson via Wikimedia Commons
Tanaman yang satu ini secara alami dapat ditemukan di Indonesia. Uniknya, tanaman pakis tidak membutuhkan tanah untuk tumbuh. Tanaman ini mampu “membuat” sendiri tanah tempatnya tumbuh dengan menjatuhkan daun-daun pada tubuhnya.
Pakis Tanduk Rasa telah ditemukan sejak zaman Carboniferous sekitar 350 juta tahun yang lalu. Ukuran Pakis Tanduk Rasa pada zaman tersebut diperkirakan lebih besar dibandingkan ukurannya saat ini.

5. Tanaman Pakis Kaki Kelinci Raksasa (Davallia solida)

15 Tanaman Ini Sudah Hidup di Bumi Sejak Zaman Dinosaurus (98013)
Tanaman Davallia solida. Foto: Peter Woodard via Wikimedia Commons
Sementara Pakis Kaki Kelinci Raksasa masih lebih tua dibandingkan Pakis Tanduk Rasa. Tanaman Davallia solida telah ditemukan sejak zaman Ludlow, 420 juta tahun yang lalu. Saat ini, tanaman Pakis Kaki Kelinci Raksasa dapat ditemukan di Australia.
ADVERTISEMENT

6. Tanaman Protea Raja (Protea cynaroides)

15 Tanaman Ini Sudah Hidup di Bumi Sejak Zaman Dinosaurus (98014)
Tanaman Protea cynaroides. Foto: Jason Beck via Wikimedia Commons
Sekitar 65 juta tahun yang lalu, Afrika Selatan masih dipenuhi hutan tropis. Pada masa ini lah tumbuhan Protea Raja diyakini sudah mulai tumbuh dan menyebar. Pada zaman modern, Protea Raja dapat ditemukan juga di Amerika Selatan dan Australia.

7. Tanaman Restio Ekor Muda (Elegia capensis)

15 Tanaman Ini Sudah Hidup di Bumi Sejak Zaman Dinosaurus (98015)
Tanaman Elegia capensis. Foto: Bernard Dupont via Wikimedia Commons
Tanaman yang satu ini diyakini menjadi makanan favorit dinosaurus jenis Ankylosaurus dan Triceratops. Pasalnya, Restio Ekor Muda telah hidup pada zaman yang sama dengan dinosaurus tersebut sekitar 100 hingga 145 juta tahun yang lalu.

8. Tanaman Allspice (Calycanthus occidentalis)

15 Tanaman Ini Sudah Hidup di Bumi Sejak Zaman Dinosaurus (98016)
Tanaman Calycanthus occidentalis. Foto: Jospeh C Boone via Wikimedia Commons
Tumbuhan beracun ini sudah hidup di Bumi sejak 100 hingga 145 juta tahun yang lalu. Allspice dikenal sebagai tanaman dengan bau yang unik serta racun yang dikandungnya.
ADVERTISEMENT

9. Tanaman Pakis Keras (Blechnum spicant)

15 Tanaman Ini Sudah Hidup di Bumi Sejak Zaman Dinosaurus (98017)
Tanaman Blechnum spicant. Foto: Hans Hillewaert via Wikimedia Commons
Pakis Keras merupakan salah satu makhluk hidup pertama yang ada di daratan planet Bumi. Sekitar 350 juta tahun lalu, Pakis Keras turut membantu menghasilkan oksigen di udara sehingga berbagai makhluk hidup lain bisa tumbuh dan berkembang di darat.

10. Tanaman Cycad Sagu (Cycas revolute)

15 Tanaman Ini Sudah Hidup di Bumi Sejak Zaman Dinosaurus (98018)
Tanaman Cycas revolute. Foto: Daniel CD via Wikimedia Commons
Nenek moyang Cycad Sagu telah ada sebelum dinosaurus hidup di Bumi. Tumbuhan ini diyakini telah ada di Bumi sejak 270 juta tahun yang lalu. Cycad Sagu dikenal sebagai salah satu tanaman beracun yang ada di beberapa daerah di dunia.

11. Tanaman Magnolia Star Wars (Magnolia liliifolra x campbellii)

15 Tanaman Ini Sudah Hidup di Bumi Sejak Zaman Dinosaurus (98019)
Tanaman Magnolia liliiflora. Foto: George Chernilevsky via Wikimedia Commons
Bunga Magnolia telah hidup di Bumi sebelum lebah ada di dunia. Sebelum lebah hadir, kumbang menjadi hewan yang membantu penyerbukan Magnolia sehingga dapat terus hidup hingga hari ini.
ADVERTISEMENT

12. Tanaman Pakis Pohon Lembut (Dicksonia antartica)

15 Tanaman Ini Sudah Hidup di Bumi Sejak Zaman Dinosaurus (98020)
Tanaman Dicksonia antarctica. Foto: Fir0002 Flagstaffotos via Wikimedia Commons
Pakis Pohon Lembut bisa tumbuh hingga ketinggian 15 meter. Tanaman ini biasa ditemukan di benua Australia. Pada zaman dinosaurus, tanaman ini jadi santapan favorit beberapa spesies hewan purba yang memakan sekitar 500 kilogram tanaman per hari.

13. Tanaman Pinus Wollemi (Wollemia nobilis)

15 Tanaman Ini Sudah Hidup di Bumi Sejak Zaman Dinosaurus (98021)
Tanaman Wollemia nobilis. Foto: Velela via Wikimedia Commons
Tanaman Pinus Wollemi telah dibuktikan keberadaannya di Bumi sekitar 200 juta tahun yang lalu. Ini membaut tanaman ini hidup bersama dengan dinosaurus jenis Stegosaurus dan Iguanodon.
Sebenarnya, ilmuwan pernah mengira bahwa tanaman ini telah punah. Namun, pada tahun 1994 lalu, seorang pemanjat tebing bernama David Noble berhasil menemukan Pinus Wollemi di sebuah hutan hujan terpencil di Australia.

14. Tanaman Dawn Redwood (Metasequoia glyptostroboides)

15 Tanaman Ini Sudah Hidup di Bumi Sejak Zaman Dinosaurus (98022)
Tanaman Metasequoia Glyptostroboides. Foto: Chhe via Wikimedia Commons
Dawn Redwood diyakini telah hidup bersama dinosaurus T-Rex sekitar 67 tahun yang lalu. Tanaman ini pernah dianggap sudah punah sebelum akhirnya ditemukan di China.
ADVERTISEMENT

15. Tanaman Ginkgo (Ginkgo biloba)

15 Tanaman Ini Sudah Hidup di Bumi Sejak Zaman Dinosaurus (98023)
Tanaman Ginkgo Biloba. Foto: James Field via Wikimedia Commons
Ginkgo biloba memiliki julukan fosil hidup karena umurnya yang sangat tua. Tanaman ginkgo diyakini telah ada sejak zaman Permian sekitar 270 tahun yang lalu.
Tanaman ginkgo pernah hampir punah di seluruh dunia. Untungnya, taman-taman biara di China merawat tanaman ini sebagai tanaman peliharaan di lingkungannya sehingga Ginkgo biloba tidak punah hingga hari ini.
(EDR)