4 Alasan Kenapa Kamu Harus Memiliki Air Purifier di Rumah

13 Mei 2020 12:57
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Ilustrasi menghirup udara segar. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi menghirup udara segar. Foto: Shutterstock
Udara yang bersih menandakan lingkungan yang bersih juga. Anggapan itu sepertinya memang tepat, sebab kebersihan udara yang kita hirup setiap hari secara tidak langsung dapat meningkatkan kesehatan.
Apalagi di situasi pandemi COVID-19 seperti saat ini, menjaga udara tetap bersih juga tidak kalah pentingnya selain rajin mencuci tangan dan memastikan kebersihan lingkungan. Bukan tanpa alasan, meski WHO sudah menyatakan virus Corona tidak menyebar melalui udara, namun sirkulasi udara yang tidak sehat bisa memicu penumpukan bakteri dan kuman lain yang terbawa oleh debu halus.
Berdasarkan jurnal The New England Journal of Medicine berjudul ‘Aerosol and Surface Stability of SARS-CoV-2 as Compared with SARS-CoV-1’, virus Corona ternyata juga dapat bertahan selama 3 jam di udara. Sehingga bukan tidak mungkin akan menempel di benda-benda milik kita bila tidak segera dibasmi.
Menciptakan udara bersih di rumah bisa dilakukan dengan membuka jendela secara berkala agar sirkulasi udara menjadi lebih lancar. Namun rutin membuka jendela kini dirasa belum cukup, sehingga penjernih udara atau air purifier pun mulai populer karena dapat membersihkan udara secara lebih efektif.
Selain membersihkan udara, dengan teknologi modern yang dapat menyaring udara hingga benar-benar bersih, ternyata masih banyak lagi manfaat yang bisa diperoleh dengan adanya air purifier di rumah. Apa saja?

1. Lebih leluasa menghirup udara yang segar

Ilustrasi menghirup udara segar. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi menghirup udara segar. Foto: Shutterstock
Dilansir WebMD, polusi udara yang ada di ruangan indoor seperti gedung perkantoran atau rumah tidak lebih baik dibanding polusi di luar ruangan. Apalagi bila kita tinggal di lingkungan perkotaan, debu-debu sisa polusi pun lebih rentan menempel di permukaan sofa, karpet, dan barang-barang lainnya.
Dengan adanya air purifier dengan teknologi berlapis-lapis yang efektif menyaring udara kotor menjadi lebih bersih, otomatis sirkulasi udara di rumah pun akan terasa segar saat dihirup. Bukan itu saja, menghirup udara segar juga bisa membuat mood lebih baik, lho.

2. Bantu cegah penyebaran penyakit

Ilustrasi gangguan pernafasan akibat polusi indoor. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi gangguan pernafasan akibat polusi indoor. Foto: Shutterstock
Di tengah merebaknya berbagai penyakit, termasuk Corona, air purifier bisa jadi salah satu solusi untuk menjaga kesehatan keluarga selama di rumah aja. Sebab, air purifier akan membantu membersihkan udara di dalam rumah dari debu, partikel kecil seperti kuman dan virus, hingga partikel halus dari hewan peliharaan.
Alhasil, risiko gangguan kesehatan yang berhubungan dengan sistem pernapasan pun akan menurun. Misalnya saja asma, gangguan paru-paru, hingga gejala alergi.

3. Menghilangkan bau

Ilustrasi menutup hidung. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi menutup hidung. Foto: Shutterstock
Bau tidak sedap dari rumah tentu membuat kita merasa tidak nyaman. Aroma tak sedap ini biasanya diakibatkan oleh tidak lancarnya sirkulasi udara yang masuk dan keluar, ditambah menumpuknya aroma yang berasal dari makanan, keringat, atau toilet.
Dalam kasus ini, fungsi air purifier juga bisa menyerap bau dan mengeluarkannya menjadi udara yang sehat dan segar. Jadi, bau tak sedap hilang dan sirkulasi udara di rumah pun menjadi lebih menyehatkan.

4. Mengatasi polusi asap rokok

Asap rokok sangat berbahaya bagi kesehatan Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Asap rokok sangat berbahaya bagi kesehatan Foto: Unsplash
Asap rokok tidak hanya menyebabkan ruangan jadi terasa pengap, namun tentunya juga tidak baik bagi kesehatan orang lain. Bahkan, risiko terkena gangguan paru-paru bagi perokok pasif yang kerap menghirup asap rokok pun tidak kalah tinggi dibandingkan perokok aktif.
Meminimalisir paparan negatif asap rokok bisa dilakukan dengan cara memasang penyaring udara. Didukung dengan kebiasaan rutin membuka jendela agar jalur udara lancar, air purifier ini berguna untuk mempercepat penyerapan udara sehingga ruangan kembali bersih dan bebas polusi.
Meski punya banyak manfaat, memilih air purifier tidak boleh sembarangan. Tidak perlu khawatir, Gree Air Purifier tipe GCC-400DENA bisa menjadi pilihan tepat melindungi keluarga dari polusi indoor serta penyakit akibat sirkulasi udara yang tidak lancar.
Kenapa harus Gree Air Purifier? Sebab brand air purifier ternama asal Negeri Tirai Bambu ini sudah memiliki teknologi CEP, yaitu teknologi untuk memurnikan udara dengan menghasilkan plasma melalui pelepasan korona sehingga dapat menghancurkan bakteri dan virus, menonaktifkan virus, serta zat berbahaya lain yang masih tersisa.
com-Gree Air Purifier. Foto: Dok. Gree
zoom-in-whitePerbesar
com-Gree Air Purifier. Foto: Dok. Gree
Apalagi Gree Air Purifier juga memiliki empat lapisan filter sehingga udara yang dihasilkan dijamin bersih. Adapun filter pertama berguna untuk akan menyaring rambut, kulit kering dari manusia atau hewan serta partikel kecil yang terbawa melalui udara. Setelah itu ada filter kedua yang akan membawa virus, bakteri dan partikel PM 2.5 ke generator lalu membunuhnya dengan aliran listrik.
Setelah itu udara akan disaring kembali dengan filter ketiga untuk membunuh kembali sisa-sisa bakteri dan virus. Dan filter terakhir berfungsi Tahap keempat mengubah udara kotor yang tertinggal setelah penyaringan menjadi udara segar.
Bahkan Gree Air Purifier GCC-400DENA juga punya diklaim mampu membunuh virus COVID-19 hingga 99 persen. Hal ini pun telah diuji coba di Wuhan serta rumah sakit yang ada di Indonesia. Hasilnya, penggunaan Gree Air Purifier efektif memblokir penularan virus Corona di dalam ruangan dan menyingkirkan polutan lain hingga 97 persen setelah 1 jam pemakaian.
Tidak perlu pusing lagi mencari air purifier yang tepat untuk melindungi keluarga. Ada Gree Air Purifier yang bisa bantu cegah penyebaran COVID-19 di dalam rumah.
Artikel ini merupakan bentuk kerja sama dengan Gree
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·