Tekno & Sains
·
20 November 2020 6:31

9 Hewan yang Punya Penis Terunik di Dunia

Konten ini diproduksi oleh kumparan
9 Hewan yang Punya Penis Terunik di Dunia (50816)
Paus Biru humpback sedang bermigrasi di Kaikōura, Selandia Baru Foto: Shutter Stock
Salah satu organ yang penting dimiliki oleh hewan adalah alat reproduksi, seperti penis. Banyak hewan di dunia memiliki penis untuk berkembang biak, namun ada sembilan hewan yang unik. Apa saja?
ADVERTISEMENT
Seorang ahli biologi dan jurnalis, Emily Willingham telah mempelajari organ penis hewan selama lebih dari satu dekade. Hasil risetnya, ia rangkum dalam buku 'Phallacy: Life Lessons from the Animal Penis' yang diluncurkan pada bulan September lalu.
Melalui buku Willingham diketahui ada hewan-hewan yang memiliki penis yang unik. Menurutnya, penis telah lama menjadi subjek daya tarik ilmiah, dan jauh lebih banyak dipelajari daripada vagina.
Biasanya, penis membantu hewan jantan bereproduksi secara seksual dengan betina, tapi ada pengecualian. Banyak makhluk yang hermafrodit, artinya mereka juga memiliki memiliki dua organ kelamin sekaligus
“Tidak ada biner yang secara kategori satu atau lain hal dalam hal alat kelamin,” kata Willingham.
Berikut adalah penis hewan yang unik di dunia dirangkum dari Smithsonian.
ADVERTISEMENT

Landak semut

9 Hewan yang Punya Penis Terunik di Dunia (50817)
Landak semut (ekidna). Foto: Penash/Pixabay
Jika kamu berpikir penis hewan itu cuma satu, mungkin belum tahu landak semut (ekidna). Hewan mamalia berduri tajam itu memiliki penis berkepala empat.
Selama kawin, penis landak semut beroperasi sistematis. Separuh penis mati sementara dua kepala lainnya berfungsi untuk air mani ke saluran reproduksi betina bercabang dua. Dua kepala penis yang mati itu akan berfungsi, saat melakukan hubungan badan dengan landak betina lainnya.
Penis landak semut jantan bisa memiliki panjang 7 cm saat ereksi, dan batangnya ditutupi dengan duri penis yang dapat meningkatkan keberhasilan pembuahan atau memicu ovulasi.

Lumba-lumba

9 Hewan yang Punya Penis Terunik di Dunia (50818)
Lumba-lumba di Selandia Baru. Foto: ©Tim Clayton/Corbis via Getty Images
Lumba-lumba dikenal sebagai hewan mamalia laut yang cerdas. Selain itu, mereka juga punya penis yang unik dan sangat cekatan.
ADVERTISEMENT
Lumba-lumba memiliki penis yang dapat memegang, artinya dapat berputar, meraih dan meraba-raba, seperti tangan manusia. Penis yang dapat memegang membantu lumba-lumba jantan menavigasi saluran reproduksi betina yang kompleks dan mirip labirin.
Lumba-lumba juga tidak hanya menggunakan penisnya untuk membuat bayi. Misalnya, lumba-lumba hidung botol sering bersenggama untuk kesenangan, dan seringkali dengan sesama jenis. Seks lumba-lumba tidak berlangsung lama, hanya sekitar sepuluh detik, tetapi pria dapat berejakulasi beberapa kali dalam satu jam.

Cacing pipih

9 Hewan yang Punya Penis Terunik di Dunia (50819)
Cacing pipih (Platyhelminthes). Foto: Jens Petersen/Wikimedia Commons (CC BY-SA 3.0)
Banyak hewan menggunakan penisnya untuk cinta, tetapi cacing pipih (Platyhelminthes) juga menggunakannya untuk bertarung. cacing pipih termasuk hewan hermafrodit yang setiap individu memiliki ovarium penghasil sel telur dan testis penghasil sperma.
Penis berkepala dua mereka menyerupai pedang kecil, dan pertempuran bisa berlangsung hingga satu jam saat mereka bergantian mencoba menusuk yang lain. Pemenangnya menusuk daging cacing pipih lainnya untuk menyimpan sperma mereka, sesuatu yang oleh para ilmuwan disebut sebagai "inseminasi traumatis".
ADVERTISEMENT
Perkawinan bisa jadi kompetitif, dengan satu cacing pipih membuahi satu sama lain. Jadi setiap cacing pipih bisa memberi dan menerima sperma dari pasangannya.

Paus biru

9 Hewan yang Punya Penis Terunik di Dunia (50820)
Penampakan langka paus biru di lautan Foto: Instagram seansperception
Paus biru adalah salah satu makhluk terbesar yang pernah ada di bumi dan tentu bisa membayangkan betapa besarnya penis mereka. Penis paus biru berukuran sekitar antara 2,4 hingga 3 meter, dengan diameter bisa sepanjang 0,3 meter.
Setiap testisnya dapat memiliki berat hingga 68 kilogram. Mereka memiliki penis panjang dan fleksibel yang melekat pada otot yang kuat, sehingga penis dapat bergerak ke dalam vagina dari segala arah.

Teritip

9 Hewan yang Punya Penis Terunik di Dunia (50821)
Hewan teritip. Foto: Stux/Pixabay
Jika paus biru mungkin memiliki penis terbesar di dunia, karena tubuhnya yang besar juga. Beda dengan teritip yang memiliki rasio ukuran penis hampir delapan kali panjang total tubuhnya.
ADVERTISEMENT
Teritip tidak bisa bergerak menggunakan penis super panjang mereka untuk mencapai krustasea terdekat lainnya untuk dibuahi. Layaknya cacing pipih, teritip adalah hermafrodit yang dapat membuahi sesamanya, dibuahi atau keduanya.
Para ilmuwan telah menemukan bahwa fitur penis teritip berubah berdasarkan tempat tinggal mereka. Mereka yang berada di perairan yang bergelombang memiliki penis yang lebih pendek dan lebih kokoh, sedangkan mereka yang berada di daerah yang lebih tenang memiliki penis yang panjang dan ramping.

Kutu busuk

9 Hewan yang Punya Penis Terunik di Dunia (50822)
Kutu busuk. Foto: CDCP/Wikimedia Commons under (CC0)
Hewan kutu busuk terkenal karena seksnya yang agresif dan mematikan. Kutu busuk jantan memiliki penis seperti pedang, yang mereka gunakan untuk menusuk perut betina. Sang jantan melepaskan sperma ke dalam sistem peredaran darah betina, bukan ke saluran reproduksi mereka yang hanya digunakan untuk telur keluar.
ADVERTISEMENT

Serangga gua

9 Hewan yang Punya Penis Terunik di Dunia (50823)
Serangga gua (Neotrogla curvata). Foto: Biodiversity Heritage Library/Wikimedia Commons
Willingham terkejut saat mengetahui tentang serangga gua (Neotrogla curvata) yang membalikkan cara para ilmuwan memahami seks. Laki-laki dari spesies ini memiliki kantong seperti vagina yang berisi sperma. Sedangkan betina memiliki organ khusus seperti penis yang menembus dan menyedot sperma dari laki-laki.

Siput laut

9 Hewan yang Punya Penis Terunik di Dunia (50824)
Siput laut (Chromodoris reticulata). Foto: Bernard Dupont/Wikimedia Commons (CC BY-SA 2.0)
Hewan Chromodoris reticulata, sejenis siput laut harus menghadapi kenyataan menakutkan saat melakukan seks yang berarti mengucapkan selamat tinggal pada penis mereka.
Chromodoris reticulata adalah hermafrodit dan saling membuahi secara bersamaan saat berhubungan seks. Masing-masing memiliki penis sepanjang tiga sentimeter, tetapi mereka hanya memperpanjang satu sentimeter saat bersanggama.
Setelah berhubungan seks, mereka membuang penis mereka. Tetapi kehilangan ini tidak berarti kehidupan seks mereka telah berakhir. Siput laut memiliki setidaknya dua bagian penis sekali pakai yang tersembunyi. Setelah 24 jam, penis akan tumbuh lagi dan siap 'beraksi' kembali.
ADVERTISEMENT

Siput macan tutul

9 Hewan yang Punya Penis Terunik di Dunia (50825)
Siput macan tutul. Foto: Cimabue/Pixabay
Siput macan tutul adalah hewan hermafrodit yang berarti memiliki organ kelamin jantan sekaligus betina. Saat kawin, pasangan siput akan memanjat pohon atau tembok yang tinggi untuk mengeluarkan penis yang berwarna biru terang. Siput juga mengeluarkan lendir untuk mengikatnya tubuhnya dengan pohon dan tembok.
Perkawinan terjadi ketika kedua siput tersebut saling menempelkan alat kelaminnya untuk melakukan pertukaran sperma. Siput macan tutul memiliki penis seukuran tubuhnya. Mereka memerlukan bantuan gravitasi supaya alat kelaminnya yang besar tersebut bisa dikeluarkan.