Tekno & Sains
·
22 November 2020 13:32

AS Siapkan Jurus Pamungkas Jika Diserang Zombie, Begini Rencananya

Konten ini diproduksi oleh kumparan
AS Siapkan Jurus Pamungkas Jika Diserang Zombie, Begini Rencananya (663404)
Asbury Park Zombie Foto: AP/Peter Ackerman
Bagi kebanyakan orang, zombie hanya merupakan karakter yang sering dilihat di film dan serial TV. Zombie atau ‘mayat hidup’ sering menjadi tokoh dalam kisah-kisah akhir dunia atau kiamat.
ADVERTISEMENT
Namun, bagi Departemen Pertahanan Amerika Serikat, zombie bukan sekadar tokoh dalam film saja. Bahkan, Amerika Serikat telah memiliki rencana resmi seandainya kiamat zombie benar-benar terjadi di AS dan dunia.
Strategi tersebut dinamakan Counter-Zombie Dominance Plan atau CONPLAN 8888-11. Pada halaman pertama laporan tersebut, AS bahkan menulis bahwa rencana tersebut bukan lelucon sama sekali.
Rencana strategi melawan zombie tersebut dibagi menjadi tiga tahap utama. Seluruhnya dirangkum ilmuwan, militer, dan pejabat AS lain dalam sebuah rencana strategi setebal 31 halaman.
AS Siapkan Jurus Pamungkas Jika Diserang Zombie, Begini Rencananya (663405)
Gambar bendera AS dipasang dirumah penduduk di perumahan Merrymount di Quincy, Massachusetts, AS. Foto: BRIAN SNYDER/Reuters
Rencana pertama menyebut tentang rencana melindungi manusia dari zombie. Rencana ini akan membawa rencana untuk mengawasi pergerakan zombie hingga akhirnya manusia bisa menyerang balik untuk mengeklaim tanah yang sudah dikuasai zombie.
Setelah itu, rencana kedua untuk memberantas zombie bisa dilakukan. Penyerangan terhadap zombie tentu akan dilakukan oleh militer AS atas izin Presiden Amerika Serikat.
ADVERTISEMENT
Terakhir, rencana tersebut memberikan strategi untuk mengembalikan hukum, ketertiban, dan ekonomi setelah perang berakhir. Rencana ini tentu saja baru bisa dilakukan jika zombie sudah benar-benar dibasmi dan umat manusia bisa hidup kembali secara aman.
Menurut CONPLAN 8888-11, ada 8 jenis zombie yang bisa menyerang Bumi. Zombie tersebut diklasifikasi berdasarkan alasan hidupnya mayat tersebut. Ada zombie yang hidup karena bakteri dan patogen udara, ada zombie yang dihasilkan dari ilmu mistis, serta zombie yang dianggap vegetarian atau hanya memakan tanaman saja.
Ternyata, ada satu jenis zombie yang benar-benar pernah terjadi di dunia. Zombie tersebut adalah ‘zombie ayam’ yang terjadi pada tahun 2006.
Saat itu, usaha eutanasia atau pembunuhan terhadap sekelompok ayam dilakukan di California, AS. Eutanasia tersebut dilakukan dengan gas karbon monoksida. Namun, bukannya langsung mati, ayam-ayam itu malah merayap keluar persis seperti zombie, sebelum akhirnya mati karena kegagalan organ bagian dalam.
AS Siapkan Jurus Pamungkas Jika Diserang Zombie, Begini Rencananya (663406)
Seorang aktor berpakaian zombi tampil selama pertunjukan horor peti mati di Tokyo, Jepang. Foto: Issei Kato/REUTERS
CONPLAN 8888-11 ternyata berawal dari Latihan dadakan yang dilakukan oleh perwira AS pada tahun 2009 dan 2011. Saat itu, mereka membuat sebuah perencanaan operasional untuk mengatasi potensi serangan zombie di Amerika Serikat.
ADVERTISEMENT
Selain Departemen Pertahanan AS, ada satu lembaga lain yang juga meneliti ihwal potensi serangan zombie. Lembaga tersebut adalah Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (Center for Disease Control and Prevention/CDC).
CDC merilis berbagai data tentang kemungkinan dan cara bertahan dari sebuah kiamat zombie. Bahkan, CDC juga memberikan pelatihan untuk membantu masyarakat memahami potensi serangan zombie.
(EDR)