kumparan
18 Februari 2020 9:33

Ashraf Sinclair Meninggal, Kenapa Serangan Jantung Bisa Menyerang di Usia Muda?

PTR - Ashraf Sinclair
Suami Bunga Citra Lestari, Ashraf Sinclair. Foto: Instagram / @ashrafsinclair
Suami Bunga Citra Lestari, Ashraf Sinclair, meninggal dunia pada Selasa (18/2) pagi. Ia mengembuskan napas terakhir di usia 40 tahun karena serangan jantung.
ADVERTISEMENT
Kabar kepergian Ashraf Sinclair untuk selama-lamanya dibenarkan oleh manajer Bunga Citra Lestari, Doddy.
"Benar (Ashraf Sinclair meninggal dunia). (Karena) serangan jantung," kata manajer Bunga Citra Lestari, Doddy, Selasa (18/2).
Serangan jantung atau dalam istilah medis disebut infark miokard, merupakan suatu kondisi ketika aliran darah ke jantung tersumbat. Kondisi ini disebabkan oleh penyumbatan di arteri koroner, pembuluh darah yang membawa darah kaya oksigen ke jantung.
Ashraf Sinclair
Ashraf Sinclair Foto: Munady
Serangan jantung tergolong keadaan darurat medis, di mana aliran darah yang tersumbat atau berkurang ke jantung akan merusak otot jantung. Jika aliran darah tidak pulih dengan cepat, otot jantung akan mulai mati.
Kondisi ini akan jadi semakin parah, di mana aliran darah ke jantung bisa sepenuhnya macet, ketika ada gumpalan darah tersangkut di arteri manapun yang menyempit karena penumpukan plak. Penumpukan plak biasanya terjadi karena timbunan lemak, kolesterol, dan zat lain yang dapat mendesak ruang di lapisan dalam dinding arteri.
ADVERTISEMENT

Penyebab serangan jantung

Banyak faktor yang memicu risiko serangan jantung. Dalam laman situs resmi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, disebutkan bahwa serangan jantung dipengaruhi sejumlah hal, antara lain usia, riwayat penyakit jantung dalam keluarga, diabetes, tekanan darah tinggi (hipertensi), obesitas, dan stres.
Sementara itu, menurut keterangan pada laman situs Harvard Health Publishing, penyakit jantung koroner yang dapat memicu serangan jantung sangat jarang terjadi pada pria berusia muda. Di Amerika Serikat, usia rata-rata pria yang mengalami serangan jantung berkisar 65 tahun. Itu sebabnya penyakit jantung koroner dilabeli sebagai penyakit warga lanjut usia.
Namun seperti yang disebutkan sebelumnya, usia bukanlah menjadi satu-satunya faktor penyumbang risiko penyakit jantung. Sebanyak 4 hingga 10 persen kasus serangan jantung di seluruh dunia bahkan terjadi sebelum usia pengidap mencapai 45 tahun. Hal ini sekaligus sebagai pengingat untuk tidak abai terhadap gejala-gejala penyakit jantung.
Ilustrasi kesehatan jantung
Ilustrasi kesehatan jantung. Foto: dok.shutterstock
Masih merujuk keterangan di Harvard Health Publishing, ada beberapa kondisi yang memicu penyakit jantung prematur, antara lain kelainan bawaan anatomi arteri koroner, pembekuan darah yang memblok arteri koroner, dan gangguan pada sistem pembekuan darah.
ADVERTISEMENT
Ada gejala-gejala serangan jantung yang membutuhkan perhatian medis segera, yakni perasaan tertekan, sesak, rasa sakit dan meremas di dada atau lengan yang melebar ke leher, rahang, atau punggung, wajah tampak abu-abu, dan berkeringat.
Ashraf Sinclair sendiri terbilang masih muda, tapi nyatanya tetap tidak bisa lolos dari serangan jantung. Padahal, manajer Bunga Citra Lestari, Doddy, menuturkan Ashraf tidak punya riwayat penyakit sebelumnya.
"Enggak ada (riwayat sakit). Dia sehat banget. Di antara kita semua, dia paling sehat," ujar Doddy, manajer BCL, saat ditemui di kawasan Pejaten, Jakarta Selatan, Selasa (18/2).
Ashraf Sinclair menikahi Bunga Citra Lestari pada 8 November 2008. Dari pernikahan itu, mereka dikaruniai seorang putra bernama Noah Sinclair yang lahir pada 22 September 2010.
ADVERTISEMENT