Bayi Kembar Ini Lahir dari Embrio Berusia 30 Tahun

25 November 2022 15:03
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Ilustrasi hamil bayi kembar. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi hamil bayi kembar. Foto: Shutterstock
ADVERTISEMENT
Sepasang bayi kembar asal Amerika Serikat telah lahir dengan proses yang terbilang unik. Bayi yang diberi nama Timothy dan Lydia itu lahir dari embrio yang telah dibekukan 30 tahun yang lalu.
ADVERTISEMENT
Dilansir Science Alert, embrio Timothy dan Lydia diciptakan untuk pasangan suami istri anonim menggunakan In Vitro Fertilization (IVF), yang kemudian disimpan pada suhu -196 °C dalam nitrogen cair pada tanggal 22 April 1992.
Proses IVF sendiri dapat menghasilkan lebih banyak embrio daripada yang dibutuhkan. Ia kemudian dapat disumbangkan baik untuk ilmu pengetahuan atau pasangan yang menginginkan anak.
Untuk kasus Timothy dan Lydia, embrio yang berkembang disumbangkan ke Pusat Donasi Embrio Nasional (NEDC) di Knoxville, Tennessee, yang kemudian diteruskan ke orang tua Rachel dan Philip Ridgeway di Portland, Oregon beberapa dekade kemudian.
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Philip dan istrinya, Rachel, sebelumnya sudah memiliki empat anak lain, yang semuanya berusia di bawah 10 tahun
Ada sesuatu yang membingungkan tentang itu. Kami tidak pernah memikirkan sejumlah anak yang ingin kami miliki.
- Philip, Orang tua dari Timothy dan Lydia -
Total ada lima embrio yang dicairkan pada 28 Februari 2022 dan tiga yang bertahan. Rachel memilih untuk mentransfer ketiga embrio tersebut ke rahimnya.
ADVERTISEMENT
Dan dalam prosesnya, hanya dua embrio yang berhasil ditransfer hingga berkembang jadi janin dan terlahir dalam kondisi sehat.
Kelahiran Timothy dan Lydia memecahkan rekor bayi ‘tertua’ di dunia. Sebelumnya rekor ini dipegang Molly Everette Gibson, yang lahir pada 26 Oktober 2020 dari embrio yang telah dibekukan selama 28 tahun.
“Kami tidak mencari embrio yang telah dibekukan paling lama di dunia,” kata Philip kepada CNN . “Kami hanya menginginkan yang telah menunggu paling lama.”
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·