Tekno & Sains
·
9 April 2021 14:32

Biawak Raksasa Tertangkap Kamera Masuk Minimarket, Bikin Pengunjung Panik

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Biawak Raksasa Tertangkap Kamera Masuk Minimarket, Bikin Pengunjung Panik (219807)
Biawak menerobos masuk minimarket. Foto: Narumpa Tangsin via Facebook
Seekor biawak dengan panjang sekitar hampir 2 meter mendadak muncul di sebuah minimarket 7-Eleven di Nakhon Pathom, Thailand. Reptil raksasa tersebut tiba-tiba menerobos masuk ke minimarket dan memanjat rak untuk mencari makanan.
ADVERTISEMENT
Aksi biawak raksasa yang mirip hewan komodo itu membuat panik staf dan pelanggan minimarket tersebut. Mereka bersembunyi di balik meja saat binatang buas itu mengamuk saat masuk toko dan menjatuhkan makanan dan minuman yang dipajang di rak ke lantai.
Seorang staf toko mengatakan biawak itu berada di toko selama satu jam sebelum polisi dan petugas tiba dan menyeretnya keluar. Meskipun mengamuk, tidak ada satupun makanan atau minuman yang berhasil diambil sang biawak raksasa itu.
"Biawak tinggal di rak selama satu jam. Tim penyelamat tiba dan mengusirnya. Tapi mereka tidak menangkapnya, (biawak) itu kabur ke semak-semak. Aku belum pernah melihat biawak sebesar itu seumur hidupku, jadi sangat mengejutkan jika ada yang datang ke toko," kata salah satu karyawan toko dikutip Daily Mail.
Biawak Raksasa Tertangkap Kamera Masuk Minimarket, Bikin Pengunjung Panik (219808)
Biawak menerobos masuk minimarket. Foto: Narumpa Tangsin via Facebook
Narumpa Tangsin, seorang pengunjung minimarket sempat kaget melihat biawak raksasa berada di bagian penjualan minuman. Ia pun merekam video kejadian langka itu dan membagikannya di media sosial Facebook, sehingga viral dan diberitakan oleh berbagai media di dunia.
ADVERTISEMENT
"Mereka (biawak) adalah hewan yang berbahaya, terutama saat mereka marah, jadi saya tetap di belakang dan merekamnya di ponsel saya," kata Tangsin.
Biawak itu diyakini sedang kelaparan dan berusaha mencari makanan di luar sarangnya. Cuaca yang kering dengan sedikit hujan, memberanikan biawak keluar untuk mencari makan.
Biawak air (Varanus salvator) hidup di kanal dan kolam di kota-kota besar di Thailand, di mana mereka memakan ikan, ular, katak, dan sisa makanan yang ditinggalkan oleh manusia. Biawak dewasa bisa memiliki panjang melebihi 1,5-2 meter dan beratnya bisa mencapai 19,5 kilogram.
Spesies reptil ini cukup agresif saat terancam dan memiliki gigitan berbisa ringan yang terkadang membawa bakteri berbahaya. Ia punya cakar tajam yang bagus untuk menggali dan memiliki leher panjang untuk menerjang mangsa.
ADVERTISEMENT