Black Hole Punya Suara, Begini Bunyinya

22 Juli 2022 9:01 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
3
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Black hole yang baru ditemukan ditandai dengan warna merah.  Foto: European Southern Observatory (ESO)
zoom-in-whitePerbesar
Black hole yang baru ditemukan ditandai dengan warna merah. Foto: European Southern Observatory (ESO)
ADVERTISEMENT
Untuk pertama kalinya dalam sejarah, masyarakat Bumi dapat mendengar seperti apa suara black hole atau lubang hitam. Suaranya terdengar seperti erangan bernada rendah, mirip pintu berat yang sangat berderit dibuka lagi dan lagi.
ADVERTISEMENT
Data suara lubang hitam dikumpulkan oleh NASA sejak 20 tahun yang lalu lewat Chandra X-Ray Observatory. Mereka menggunakan data elektromagnetik yang diambil dari klaster galaksi Perseus yang berada sekitar 240 juta tahun cahaya dari Bumi.
Para ilmuwan menyintesis ulang gelombang suara ke dalam jangkauan pendengaran manusia dengan meningkatkannya 57 dan 58 oktaf di atas nada sebenarnya, namun tidak diputar ulang menggunakan biola atau instrumen lain.
Hasilnya, audio berdurasi 35 detik tersebut terdengar suara intens dan menakutkan seperti musik karya Hans Zimmer, komposer yang telah membuat latar suara untuk film fiksi ilmiah macam Interstellar dan Blade Runner 2049.
Dikutip NPR, keputusan untuk mengubahnya menjadi suara datang pada Mei 2022 lalu, sebagai bagian dari upaya NASA selama dua tahun terakhir untuk menerjemahkan fotografi luar angkasa menjadi sesuatu yang dapat didengar oleh telinga.
ADVERTISEMENT