Tekno & Sains
·
7 Desember 2020 15:12

Cara Rawat Allamanda Cathartica, Tanaman Hias Cantik Sekaligus Obat Herbal

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Cara Rawat Allamanda Cathartica, Tanaman Hias Cantik Sekaligus Obat Herbal (45010)
Bunga alamanda (Allamanda cathartica). Foto: mauroguanandi via Wikimedia Commons (CC BY 2.0)
Bunga alamanda adalah tanaman hias yang lebih akrab dengan sebutan bunga terompet emas atau bunga lonceng. Selain karena warnanya yang cantik, tanaman berbunga kuning ini memiliki banyak khasiat yang bisa digunakan untuk obat herbal.
ADVERTISEMENT
Beberapa penyakit yang bisa disembuhkan dengan obat berbahan bunga alamanda. Adapun penyakit tersebut di antaranya adalah panas demam, sembelit, penyakit kulit, obat pencahar, penyakit hati hingga penawar racun dalam tubuh. 
Bunga dengan nama latin Allamanda cathartica ini sebenarnya berasal dari Amerika Tengah dan Selatan. Bunga ini banyak ditemukan di negara Brasil. Ya, tanaman ini hidup di daerah tropis, yang artinya juga bisa bertahan di Indonesia.
Alamanda bisa tumbuh hingga ketinggian 4,5 meter. Tanaman ini tidak memiliki sulur dan memiliki daun lonjong bergelombang dengan panjang sekitar 10 hingga 15 cm. Jika bunganya tumbuh, ukurannya bisa cukup besar dan menjadi tanaman hias yang sangat indah.
Meskipun begitu, tanaman ini membutuhkan perawatan khusus yang sulit disediakan di rumah karena membutuhkan cahaya Matahari yang sangat banyak dan tingkat kelembaban yang sulit untuk didapatkan. Namun ada trik yang bisa kamu ikuti untuk menanam bunga alamanda.
Cara Rawat Allamanda Cathartica, Tanaman Hias Cantik Sekaligus Obat Herbal (45011)
Bunga alamanda (Allamanda cathartica). Foto: Prenn via Wikimedia Commons (CC BY-SA 3.0)

Cara menanam dan merawat bunga Alamanda Cathartica

Sediakan pot dan isi dengan gambut, kompos dan pasir dengan perbandingan yang seimbang. Wadah setidaknya harus sebesar satu galon berukuran 4 liter dengan lubang drainase, disarankan pot berbahan tanah liat karena bisa membantu mendorong penguapan kelembaban lebih.
ADVERTISEMENT
Letakkan pot di atas wadah berisi kerikil dan air supaya menghasilkan kelembaban yang dibutuhkan agar bunga bisa tumbuh dengan sehat. Kamu juga bisa menggunakan alat seperti humidifier atau pelembab udara di sekitar tanaman.
Jauhkan pot dari pintu dan jendela yang memungkinkan angin masuk, sekitar 1 hingga 1,5 meter. Beri tanaman air yang cukup banyak hingga air keluar dari drainase. Namun lakukan secara perlahan. Tunggu air di permukaan tanah benar-benar meresap, sebelum mengguyurnya kembali.
Jangan biarkan kaki atau akar alamanda basah terlalu lama. Rajin-rajinlah untuk memupuk bunga alamanda saat cuaca kering, namun saat musim hujan beri tanaman waktu untuk beristirahat.
Perlu diingat bahwa tanaman ini rentan terhadap tungau laba-laba dan lalat putih. Jadi, pastikan alamanda terhindar dari hama tersebut. Kamu bisa menggunakan sabun hortikultura untuk menghindari serangan hama.
Cara Rawat Allamanda Cathartica, Tanaman Hias Cantik Sekaligus Obat Herbal (45012)
Bunga alamanda (Allamanda cathartica). Foto: Vinayaraj via Wikimedia Commons (CC BY-SA 4.0)