Tekno & Sains
·
11 Juni 2019 13:09

Coffinfish, Ikan Aneh yang Bisa Tahan Napas Selama 4 Menit

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Coffinfish, Ikan Aneh yang Bisa Tahan Napas Selama 4 Menit (6250)
Coffinfish, ikan yang mampu menahan napas selama 4 menit. Foto: flickr
Setiap makhluk hidup butuh bernapas untuk tetap hidup, baik itu manusia maupun hewan seperti ikan yang hidup di dalam air. Manusia bernapas dengan menghirup oksigen di udara, sedangkan ikan bernapas dengan menarik air ke dalam mulutnya, kemudian dipompa di dalam insang untuk memisahkan antara air dan oksigen. Selanjutnya air yang tidak mengandung oksigen dikeluarkan kembali melalui celah insang yang ada di samping kepala ikan.
ADVERTISEMENT
Tapi, apakah kamu pernah melihat ikan yang bisa menahan napas saat berada di dalam air?
Para ilmuwan National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) berhasil menemukan ikan tersebut. Ikan yang dimaksud adalah coffinfish (Chaunax endeavouri), yang hidup di bagian terdalam Samudra Pasifik.
Temuan ini berdasarkan hasil pengamatan mereka terhadap coffinfish. Melalui rekaman video, tim peneliti mengamati perilaku "menahan napas" ikan-ikan coffinfish.
Berbeda dengan cara bernapas ikan pada umumnya, Coffinfish menarik air dalam jumlah yang besar ke mulutnya tanpa diembuskan kembali dalam waktu yang cukup lama. Lamanya adalah sekitar 26 detik hingga 4 menit dalam sekali menahan napas.
Perilaku ikan yang seperti sedang "menahan napas" ini membuat mereka terlihat seperti balon yang menggelembung karena volume tubuhnya meningkat hingga 30 persen. Berdasarkan hasil CT scan, para ilmuwan menemukan ruang insang yang cukup besar, sehingga memungkinkan ikan 'buruk rupa' ini untuk menampung air dalam jumlah yang besar di insangnya.
ADVERTISEMENT
Tim ilmuwan pun memiliki dugaan bahwa perilaku tersebut membantu coffinfish untuk menghemat energi. Selain itu, menahan napas membuat si ikan mengembang seperti ikan buntal. Dengan ukuran yang besar, ia daat terlindung dari pemangsanya.