Tekno & Sains
·
15 September 2021 8:01
·
waktu baca 3 menit

Daftar Hewan Aneh yang Pernah Terdampar, Ada Ikan Penis hingga Cumi-cumi Raksasa

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Daftar Hewan Aneh yang Pernah Terdampar, Ada Ikan Penis hingga Cumi-cumi Raksasa (99525)
searchPerbesar
Ilustrasi laut. Foto: Pixabay
Dengan lebih dari 80 persen bagian laut yang belum dieksplor, tak heran jika ia menyimpan begitu banyak misteri. Sekilas, kehidupan di bawah ombak bisa terasa seperti menonton adegan dari film fiksi ilmiah: penuh dengan hewan aneh dan asing.
ADVERTISEMENT
Biasanya sebagian besar mereka menempel di kedalaman laut yang suram, tetapi terkadang mereka terdampar di darat dan membingungkan pengunjung pantai di seluruh dunia. Berikut adalah beberapa makhluk paling aneh yang telah terdampar di pantai dalam dekade terakhir, dikutip Live Science.

Cumi-cumi raksasa

Setelah berabad-abad menjadi mitos dan legenda, penampakan cumi-cumi raksasa (Architeutis dux) terlihat juga pada Oktober 2013. Kala itu makhluk intervertebrata terbesar di dunia ini terlihat terdampar di pantai Spanyol, dengan panjang 9 meter dan berat mencapai 180 kilogram.
Daftar Hewan Aneh yang Pernah Terdampar, Ada Ikan Penis hingga Cumi-cumi Raksasa (99526)
searchPerbesar
Cumi-cumi raksasa terdampar di Teluk Britannia, Afrika Selatan. Foto: Adéle Grosse/Iziko Museum, Afrika Selatan
Pada tahun 2020, ia terlihat muncul lagi — kali ini di Teluk Britannia, Afrika Selatan. Spesimen itu sangat utuh, dan kemungkinan memiliki panjang lebih dari 4 meter dan berat lebih dari 330 kilogram.
ADVERTISEMENT

Monster laut berbulu

Penduduk provinsi Oriental Mindoro, Filipina, dibuat bingung dengan penampakan seekor binatang berbulu besar pada Mei 2018. Warga yang menonton menyebut bangkai berukuran 6 meter itu sebagai "globster".
Seperti yang diharapkan dari makhluk raksasa yang membusuk, baunya cukup mengejutkan. Para ilmuwan kemudian menjelaskan bahwa tubuh yang menggembung mungkin berasal dari sisa-sisa ikan paus. Sedangkan helaian seperti rambut kemungkinan besar adalah serat otot yang membusuk.

Hiu dengan hati yang hilang

Ketika tiga hiu putih besar (Carcharodon carcharias) terdampar di pantai Afrika Selatan pada Mei 2017, semuanya dalam keadaan yang membingungkan: dua ekor hiu kehilangan organ hati dan satu kehilangan organ jantung.
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Dari penelusuran para ilmuwan ketika melakukan nekropsi pada ketiga hiu itu, identifikasi kemungkinan pelakunya mengarah ke orca (orcinus orca), yang juga disebut paus pembunuh. Ia diketahui suka menyerang hiu lain dan memakan organ mereka. Hati adalah makanan ringan pilihan orca karena penuh dengan lemak dan kaya nutrisi.
ADVERTISEMENT

Ikan dengan ovarium yang sangat besar

Sebuah pantai di Pulau Catalina, California menjadi tempat pemandangan langka pada bulan Juni 2015: oarfish berukuran besar dari laut dalam. Ketika terdampar, ia memiliki panjang 4 meter — memberi para ilmuwan kesempatan untuk mempelajarinya lebih dalam.
Selain memeriksa otot, alat makan, dan tulang seperti jeli, mereka juga melihat sistem reproduksinya. Tidak diragukan lagi, jenis kelamin oarfish setelah mereka menemukan sepasang ovarium yang panjangnya 2,1 meter dan berat 11 kilogram.

Ribuan Ikan Penis

Daftar Hewan Aneh yang Pernah Terdampar, Ada Ikan Penis hingga Cumi-cumi Raksasa (99527)
searchPerbesar
Ilustrasi ikan penis atau cacing laut. Foto: Instagram: By Nature Magazine
Pada tahun 2019, sebuah pantai California menjadi tempat pemancingan massal ikan penis. Ahli biologi menduga fenomena itu akibat angin kencang dan ombak, sehingga menggeser pasir dalam jumlah besar, membuka liang dan melemparkan penghuninya yang tidak tahu menahu itu.
ADVERTISEMENT
Cacing laut dengan panjang 5 cm itu memiliki tubuh montok dan berwarna merah muda. Ia juga dikenal sebagai cacing pemelihara lemak yang gemuk (Urechis caupo).

Misteri pengurai gumpalan

Ketika "monster laut" sepanjang 4,5 meter terdampar di Maine, AS pada Juli 2018, ia sudah dalam keadaan sangat membusuk sehingga hampir tidak dapat dikenali. Sampai-sampai, seorang pengunjung pantai menggambarkannya sebagai gumpalan dan menyebutnya "sangat menjijikkan."
Karena ukurannya yang dahsyat, beberapa orang yang melihat bangkai tersebut percaya bahwa itu adalah sisa-sisa ikan paus. Tetapi para ahli bersikeras bahwa ini bukan mamalia laut. Benar saja, ia adalah hiu penjemur, spesies hiu terbesar kedua di planet ini. Tubuhnya begitu besar sehingga buldoser harus dibawa masuk untuk memindahkannya dari pantai.
ADVERTISEMENT