Detik-detik Kanibalisme Aligator Makan Aligator

29 Agustus 2022 11:45
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Kanibalisme ketika seekor aligator menyantap buaya. Foto: Facebook/@Tammy Shaw
zoom-in-whitePerbesar
Kanibalisme ketika seekor aligator menyantap buaya. Foto: Facebook/@Tammy Shaw
ADVERTISEMENT
Aksi kanibalisme seekor aligator menyantap sesamanya di daerah rawa telah menghebohkan internet. Momen tersebut terekam di daerah rawa di Silver Springs State Park di Florida, Amerika Serikat (AS).
ADVERTISEMENT
Pada 4 Agustus 2022, penduduk Port Charlotte, Tammy Shaw, sedang bermain papan dayung di Silver Springs State Park saat melihat seekor aligator yang cukup besar tidak jauh dari perahu karet Shaw. Reptil itu terjepit di rahang aligator lain.
“Aligator makan aligator, Silver Springs,” tulis Shaw di grup Facebook Alligators of Florida pada 11 Agustus 2022.
Hewan tersebut tampak mengangkat kepalanya lebih tinggi dengan mulut berisi mangsanya yang terlihat tak responsif. Ia kemudian membantingnya ke dalam air.
Postingan Shaw menyertakan potret mencengangkan saat aligator ingin membanting aligator lain secara cepat dan kasar, seolah tak sabar untuk melahapnya. Video pendek momen kanibalisme itu juga dibagikan.
Berbagai komentar warganet muncul di postingan Shaw. Sebagian dari mereka terkejut bahwa ada aligator yang memakan sesamanya.
ADVERTISEMENT
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
“Saya tidak pernah tahu mereka benar-benar akan memakan salah satu dari mereka sendiri,” tulis salah satu warganet.

Kanibalisme aligator bukan hal baru

Adam Rosenblatt, asisten profesor biologi di University of North Florida yang mempelajari aligator Amerika (Alligator mississippiensis), menjelaskan aksi kanibalisme aligator sama sekali bukan hal baru dan tak jarang terjadi. Aligator bisa saling memangsa satu sama lain dengan alasan yang sama ketika menyantap makanan lain: Lapar.
“Aligator akan memakan apa saja yang bisa ditampung rahangnya, termasuk mamalia, burung, reptil, amfibi, ikan, serangga, krustasea, siput, dan bahkan terkadang buah-buahan dan biji-bijian,” jelas Rosenblatt sebagaimana dikutip Live Science.
Kanibalisme aligator telah terjadi selama jutaan tahun dan akan terus terjadi. Tidak ada alasan untuk mengharapkan frekuensinya berubah dalam waktu dekat.
- Adam Rosenblatt, Asisten Profesor Biologi University of North Florida -
Ilustrasi aligator. Foto: REUTERS/Marko Djurica
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi aligator. Foto: REUTERS/Marko Djurica
Rosenblatt menambahkan, ada kemungkinan kanibalisme terjadi karena salah satu aligator menyerang wilayah aligator lain. Aligator jantan besar biasanya sering menyendiri dan teritorial, menurut lembaga konfersvasi Defenders of Wildlife.
ADVERTISEMENT
Aligator dikenal sebagai pemburu ahli, dan tidak hanya dalam hal memakan aligator lain. Mereka sering berenang langsung ke mangsa kecil, seperti kepiting dan udang, dan segera menelannya. Namun ketika memburu mangsa yang lebih besar, seperti babi dan rusa, mereka akan melakukan aksinya secara sembunyi-sembunyi.
Aligator terkadang menunggu di dalam air selama berjam-jam hingga hewan besar mendekati air tempat persembunyian si aligator untuk minum. Kemudian sang predator perlahan maju sambil menghindari perhatian dan tiba-tiba menyerang hewan besar tersebut dalam jarak sekitar 1 meter.
Meskipun kanibalisme adalah tabu di sebagian besar budaya manusia modern, hal ini sangat umum di antara banyak hewan. Singa dan simpanse juga diketahui memakan jenisnya sendiri.
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·