Tekno & Sains
·
19 Februari 2021 7:36

Foto: Gambar Pertama Robot Penjelajah NASA Mendarat di Mars

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Foto: Gambar Pertama Robot Penjelajah NASA Mendarat di Mars (598)
Anggota tim penjelajah Perseverance NASA bereaksi setelah menerima konfirmasi bahwa pesawat ruang angkasa tersebut berhasil mendarat di Mars, di Laboratorium Propulsi Jet NASA di Pasadena, California, Kamis (18/2). Foto: Bill Ingalls/NASA via AP
Robot rover Preseverance milik NASA menerobos atmosfer Mars dan berhasil mendarat dengan selamat di Planet Merah pada Kamis (18/2) waktu setempat.
ADVERTISEMENT
Manajer misi di Jet Propulsion Laboratory NASA di dekat Los Angeles, AS, bertepuk tangan dan bersorak saat radio beacon menginformasikan bahwa robot penjelajah ruang angkasa tersebut berhasil mendarat dalam zona targetnya di dalam Kawah Jezero.
Beberapa saat setelah pendaratan, Perseverance memancarkan kembali gambar hitam-putih pertamanya dari permukaan Mars, salah satunya menunjukkan bayangan penjelajah di lokasi pendaratan berbatu yang terpencil.
Foto: Gambar Pertama Robot Penjelajah NASA Mendarat di Mars (599)
Gambar pertama yang dikirim oleh penjelajah Perseverance yang menunjukkan permukaan Mars, tepat setelah mendarat di kawah Jezero, Kamis (18/2). Foto: NASA via AP
Kendaraan robotik itu terbang melintasi ruang angkasa selama hampir tujuh bulan, menempuh jarak 293 juta mil (472 juta km) sebelum menembus atmosfer Mars dengan kecepatan 12.000 mil per jam (19.000 km per jam) untuk mulai turun ke permukaan planet.
Pendaratan tersebut bertujuan untuk mencari kemungkinan tanda-tanda fosil mikroba yang mungkin telah berkembang biak di Mars sekitar 3 miliar tahun lalu.
ADVERTISEMENT
Para ilmuwan berharap untuk menemukan tanda biologis yang tertanam dalam sampel sedimen kuno yang dirancang untuk diambil oleh Preseverance dari batuan Mars untuk dianalisis di masa depan di Bumi.
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona.