Foto: Wujud Kapsul Berisi Potongan Asteroid Bennu yang Berhasil Mendarat di Bumi

26 September 2023 8:31 WIB
·
waktu baca 1 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Sebuah kapsul NASA mendarat di gurun Utah, AS, pada Minggu (24/9 waktu setempat. Kapsul tersebut berisi sampel dari asteriod Benny yang dikumpulkan oleh wahana antariksa OSIRIS-REx milik NASA pada Oktober 2020 lalu.
ADVERTISEMENT
OSIRIS-REx telah menghabiskan waktu selama 7 tahun di luar angkasa untuk menunggu momen yang tepat mengambil potongan asteroid Bennu. Kini, sampel tersebut berhasil dibawa OSIRIS-REx ke Bumi, mendarat dengan selamat di Tempat Uji dan Pelatihan Angkatan Udara AS di Utah pada Minggu (24/4) pukul 08.52 waktu setempat.
Kapsul berisi sampel dari asteroid Bennu pada Oktober 2020 oleh pesawat ruang angkasa OSIRIS-REx NASA terlihat setelah mendarat di gurun di Utah Test and Training Range milik Departemen Pertahanan di Dugway, Utah, AS, Minggu (24/9/2023). Foto: NASA/ Keegan Barber/Handout via REUTERS
Setelah mendarat, benda pelindung panas dan bagian belakang pesawat akan dilepas, lalu nitrogen digunakan untuk menghilangkan oksigen serta kelembapan dari tabung sampel. Sampel akan disimpan di ruangan khusus untuk menghindari kontaminasi Bumi.
Pesawat Boeing C-17 akan mengirim kapsul sampel asteroid Bennu ke Pusat Antariksa Johnson milik NASA. Di sini penelitian sampel asteroidnya dimulai.
Bennu adalah batuan luar angkasa primitif yang tidak berubah selama miliaran tahun. Mempelajari sampel batuan dan kimia asteroid Bennu dapat memberikan ilmuwan petunjuk tentang materi terbentuknya planet ketika mereka tercipta 4,5 miliar tahun lalu.
ADVERTISEMENT