Tekno & Sains
·
2 Mei 2020 9:36

Ini Wujud Batuan dari Bulan, Harganya Selangit Rp 37,5 Miliar

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Ini Wujud Batuan dari Bulan, Harganya Selangit Rp 37,5 Miliar (15243)
Batuan bulan NWA 12691. Foto: Dok. Christie’s
Pernahkah Anda membayangkan menjadi salah satu orang di dunia yang memiliki batuan dari Bulan? Hal itu bukan mimpi lagi, karena rumah lelang Christie's di Inggris menjual sepotong meteorit Bulan berukuran besar seharga 2 juta poundsterling atau sekitar Rp 37,5 miliar.
ADVERTISEMENT
Dilaporkan Reuters, potongan meteorit Bulan itu dinamakan NWA 12691 dan menjadi batu besar kelima dari Bulan yang pernah ditemukan di Bumi. Hanya ada 650 kilogram batuan Bulan yang diketahui berada di Bumi.
Batuan Bulan itu memiliki berat lebih dari 13,5 kilogram. Menurut Christie’s Head of Science and Natural History, James Hyslop, batuan NWA 12691 mungkin mendarat di Bumi ratusan atau ribuan tahun yang lalu, setelah terjadi ledakan dari permukaan Bulan akibat tabrakan asteroid atau komet.
Ini Wujud Batuan dari Bulan, Harganya Selangit Rp 37,5 Miliar (15244)
Batuan bulan NWA 12691. Foto: Dok. Christie’s
NWA 12691 jatuh ke Bumi sebagai bagian dari hujan meteor besar di Sahara Barat, perbatasan Aljazair dan Mauritania. Tanggal pasti hujan meteor tersebut terjadi tidak diketahui.
Para ilmuwan dapat memastikan bahwa asal-usul NWA 12691 setelah membandingkannya dengan sampel batuan yang dibawa kembali oleh misi antariksa Amerika Serikat ke Bulan.
ADVERTISEMENT
"Pada 1960-an dan 1970-an program Apollo membawa kembali sekitar 400 kilogram batuan bulan dengan mereka dan para ilmuwan telah mampu menganalisis komposisi kimia dan isotop batuan itu dan mereka telah menentukan bahwa mereka cocok dengan meteorit tertentu," kata Hyslop, dikutip Reuters.
Menurut Hyslop, meteorit itu sangat langka sehingga menjadikan NWA 12691 objek yang sangat istimewa. Meteorit Bulan terbentuk dari daerah dekat permukaan Bulan yang dikenal sebagai lunar regolith, dan mengandung kombinasi mineral yang langka atau tidak diketahui di Bumi.
"Pengalaman memegang sepotong dunia lain di tangan Anda adalah sesuatu yang tidak pernah Anda lupakan. Ini adalah potongan bulan yang sebenarnya. Ukurannya seperti bola sepak, sedikit lebih lonjong dari itu, lebih besar dari kepala Anda," ungkapnya.
ADVERTISEMENT
Bagaimana berminat membeli?
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
***
Yuk! bantu donasi atasi dampak corona.