Tekno & Sains
·
12 Desember 2020 9:02

Inilah Ikan Raksasa yang Bisa Makan Hiu secara Utuh

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Inilah Ikan Raksasa yang Bisa Makan Hiu secara Utuh (558524)
searchPerbesar
Ikan wreckfish Atlantik sedang menelan hiu dogfish. Foto: NOAA via YouTube
Ikan hiu terkenal sebagai predator di lautan. Statusnya tersebut membuat manusia sulit membayangkan hiu menjadi santapan hewan lain.
ADVERTISEMENT
Namun, ternyata, hiu juga bisa menjadi makanan bagi ikan lain yang bertubuh lebih besar. Contohnya pernah direkam oleh sekelompok ilmuwan dari National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) pada tahun lalu.
Kala itu, tim peneliti sedang mencari bangkai kapal tanker minyak SS Bloody Marsh yang karam di dalam dasar laut kedalaman 450 meter, 130 kilometer dari lepas pantai Carolina Selatan.
Ketika sedang mencari bangkai kapal tersebut menggunakan kendaraan yang dioperasikan dari jarak jauh bernama Deep Discoverer, peneliti dikagetkan dengan 11 ikan hiu yang sedang memakan sisa-sisa tubuh seekor ikan pedang sepanjang 2,5 meter.
"Penyebab kematian hewan yang agung ini tidak jelas, mungkin karena usia, penyakit, atau cedera lainnya," kata ilmuwan kelautan Peter J. Auster dari University of Connecticut, dalam keterangan resminya ketika menjelaskan penyebab kematian ikan pedang yang jadi santapan hiu.
ADVERTISEMENT
"Tidak ada kail atau jejak pancing yang terlihat yang menunjukkan bahwa ini adalah hasil tangkapan yang hilang. Namun, semua jenis cedera pasti tertutup oleh kerusakan besar yang disebabkan oleh ratusan gigitan hiu."
Inilah Ikan Raksasa yang Bisa Makan Hiu secara Utuh (558525)
searchPerbesar
Ikan hiu dogfish sedang memakan ikan pedang. Foto: NOAA via YouTube
Peneliti menjelaskan, dua ikan hiu yang lebih besar kemungkinan adalah dogfish kulit kasar (Centroscymnus owstonii). Adapun hiu lain yang lebih kecil kemungkinan adalah spesies dogfish Gene (Squalus clarkae), yang baru ditemukan pada 2018 lalu oleh ahli hiu bernama Genie Clark.
Kedua spesies hiu tersebut umumnya memang ditemukan di kedalaman ini. Atau, dalam kasus ini, mereka kebetulan turun ke dasar lautan karena ada makanan gratis yang jatuh dari lautan di atasnya.
Peneliti menjelaskan, tak mudah untuk menemukan hiu yang sedang bergerombol melakukan pesta makan di dasar laut. Tertarik dengan fenomena langka ini, mereka pun merekam aktivitas para hiu dogfish ketika makan bangkai ikan pedang.
ADVERTISEMENT
Namun, ternyata hiu yang sedang pesta makanan bukan fenomena paling mengejutkan bagi ilmuwan hari itu.
Tak berselang lama setelah mereka merekam ikan hiu dogfish memakan santapannya, tiba-tiba seekor ikan wreckfish Atlantik (Polyprion americanus) muncul. Ikan wreckfish tersebut datang begitu cepat dan langsung menggigit kepala ikan hiu dogfish terdekatnya.
Kaget dengan kejadian tersebut, ilmuwan yang sedang memperhatikan rekaman video pun cuma bisa berkata, “Ya Tuhan!”
Ikan wreckfish, yang juga biasa disebut sebagai ikan bass besar dan bass batu, panjangnya bisa melebihi 2 meter. Peneliti menjelaskan, ikan ini biasanya nongkrong di sekitar gua air dalam dan bangkai kapal.
Tidak jelas motif ikan wreckfish tersebut datang ke kerumunan hiu yang sedang pesta makan. Yang jelas, saat 10 hiu lain masih melanjutkan pestanya, seekor hiu lain sedang ditelan oleh ikan wreckfish yang baru muncul tersebut.
ADVERTISEMENT
"Peristiwa langka dan mengejutkan ini membuat kita memiliki lebih banyak pertanyaan daripada jawaban, tetapi itulah sifat eksplorasi ilmiah," kata Auster.