Istirahat Sejenak Setelah Belajar Bantu Mengingat Informasi Lebih Baik

8 Mei 2018 20:47 WIB
comment
1
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi anak belajar (Foto: Thinkstock)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi anak belajar (Foto: Thinkstock)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Kunci untuk mengingat pelajaran dengan lebih baik ternyata bisa dilakukan dengan cara beristirahat sejenak setelah belajar. Tidak perlu dalam waktu lama, cukup istirahat 10 menit saja akan membantu otak kita menyimpan informasi dengan lebih baik.
ADVERTISEMENT
Hasil penelitian yang dilakukan oleh University of Zurich dan Swiss Federal Institute of Technology di Swiss, menunjukkan bahwa tidur membantu sinapsis otak untuk relaks agar neuroplastisitas (kemampuan otak dan sistem saraf untuk berubah mengikuti lingkungan) tetap terjaga. Cara ini membuat manusia lebih mudah untuk belajar.
Sementara kondisi kurang tidur, malah dapat merusak sinapsis otak dan menurunkan kemampuan untuk belajar hal baru.
Studi lain yang dilakukan oleh Michael Craig dan Micahela Dewar, peneliti dari Heriot-Watt University di Inggris, menunjukkan bahwa istirahat sejenak juga dapat membantu untuk memperbaiki daya ingat manusia.
Istirahat yang cukup (Foto: Thinkstock)
zoom-in-whitePerbesar
Istirahat yang cukup (Foto: Thinkstock)
Berdasarkan temuan penelitian mereka sendiri, para ilmuwan mengatakan, perbaikan sistem memori terjadi selama tidur dan istirahat, ketika otak sedang tidak mengambil informasi sensorik baru.
ADVERTISEMENT
Craig dan Dewar melakukan penelitian ini dengan cara mengadakan uji memori untuk menilai kemampuan seseorang dalam mengingat informasi. Mereka mendapat bantuan dari 60 orang relawan yang berusia rata-rata 21 tahun untuk mengingat-ingat foto.
Dari sini, para peneliti tersebut menemukan bahwa orang yang beristirahat selama beberapa menit setelah mengingat-ingat foto bisa menemukan perbedaan dalam foto yang mirip dengan lebih baik.
com-Belajar Bareng Teman (Foto: Thinkstock)
zoom-in-whitePerbesar
com-Belajar Bareng Teman (Foto: Thinkstock)
"Orang yang istirahat memiliki kemampuan mengingat detil dengan lebih baik daripada mereka yang tidak istirahat," kata Craig. "Kami pikir istirahat yang tenang baik untuk memperkuat ingatan bahkan mendukung reaktivasi otomatis otak."
Namun begitu, Craig sendiri belum mengetahui bagaimana istirahat yang cukup bisa memperkuat ingatan. Ia juga belum bisa menyimpulkan apakah istirahat yang tenang ini hanya membantu mengingat hal baru atau dapat membantu mempertahankan ingatan yang detail.
ADVERTISEMENT