Tekno & Sains
·
19 Juli 2020 16:05

Jari Pria Ini Hilang Setelah Bersihkan Udang, Apa yang Terjadi?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Jari Pria Ini Hilang Setelah Bersihkan Udang, Apa yang Terjadi? (340218)
Pekerja menunjukkan udang belalang di Kampung Nelayan Kuala Tungkal, Tanjungjabung Barat, Jambi, Selasa (10/3). Foto: ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan
Seorang pria di Singapura mengalami nasib sial setelah jari telunjuknya harus diamputasi akibat bakteri pemakan daging yang masuk ke tubuhnya. Bakteri itu menginfeksi jari telunjuk kanannya setelah ia membersihkan udang yang dibeli dari pasar.
ADVERTISEMENT
Menurut laporan The Straits Times, pria yang tidak disebutkan namanya itu tidak merasa ada yang berbeda saat membersihkan udang yang dibelinya kala itu. Ia pun bercerita sering tertusuk udang, dan saat itu pun menganggap hal yang biasa terjadi.
Namun, kenyataan berbicara lain. Setelah tertusuk, jari telunjuk pria itu mulai menjadi hitam pada hari berikutnya dan ia pun mengalami demam ringan. Setelah pergi ke klinik di Toa Payoh, Singapura, ia diminta pergi ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan serius.
Jari Pria Ini Hilang Setelah Bersihkan Udang, Apa yang Terjadi? (340219)
Ilustrasi udang. Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
Setelah dirawat selama tujuh hari, termasuk dua hari di unit perawatan intensif, pria itu harus menjalani operasi untuk mengamputasi jari telunjuknya. Seandainya ia menunggu satu hari lagi untuk menemui dokter, dia bisa kehilangan seluruh lengannya atau bahkan mati ketika bakteri itu mencapai ketiaknya.
ADVERTISEMENT
Dia memperingatkan untuk orang lain berhati-hati saat membersihkan udang mentah atau makanan laut lainnya. Penyakit akibat bakteri pemakan daging disebut juga necrotizing fasciitis, disebabkan oleh bakteri yang kebal terhadap sebagian besar antibiotik, dan bisa berakibat fatal jika tidak segera diobati.
Gejala terkena bakteri pemakan daging meliputi area yang terkena akan memerah atau bengkak, sakit parah, dan demam. Seharusnya tertusuk oleh ikan atau krustasea saat membersihkannya itu biasanya tidak akan menyebabkan komplikasi.
Jari Pria Ini Hilang Setelah Bersihkan Udang, Apa yang Terjadi? (340220)
Jari seorang pria harus diamputasi akibat bakteri pemakan daging. Foto: Jason Lee/Facebook
Tetapi jika cedera menjadi serius atau menimbulkan demam, orang tersebut harus segera mencari perhatian medis. Begitu bakteri pemakan daging memasuki tubuh, mereka dapat menyebar dengan cepat dan menyebabkan komplikasi penyakit dalam kasus yang serius, bahkan menyebabkan kematian.
Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), Vibrio vulnificus adalah sejenis bakteri yang dapat menyebabkan infeksi karena makan makanan laut mentah atau setengah matang. Infeksi ini juga dapat terjadi melalui luka terbuka jika luka bersentuhan dengan makanan laut mentah atau kurang matang, atau dengan air asin.
ADVERTISEMENT
“Satu spesies, Vibrio vulnificus, bahkan dapat menyebabkan infeksi luka yang mengancam jiwa. Banyak orang dengan infeksi Vibrio vulnificus memerlukan perawatan intensif atau amputasi anggota tubuh, dan sekitar satu dari lima orang dengan infeksi ini meninggal, kadang-kadang dalam satu atau dua hari menjadi sakit,” kata CDC.