kumparan
21 Juli 2018 14:57

Kepala Sebagian Orang Terasa Sakit saat Makan Es Krim, Kenapa?

Sakit kepala
Sakit kepala (Foto: Thinkstock)
Pernahkah kamu merasakan kepalamu sakit setelah makan es krim? Fenomena sakit kepala karena makan es krim atau meminum minuman dingin disebut dengan ‘brain freeze’ atau otak beku.
ADVERTISEMENT
Namun begitu perlu kita ketahui, walau minuman dingin dan es krim dapat menyakiti mulut dan membuat otak beku, dua hal ini sebenarnya tidaklah saling berhubungan.
"Brain freeze terjadi karena adanya stimulus dingin, seperti dari es krim, saat menyentuh langit-langit mulut," kata Roderick Spears, dokter di departemen neurologi di Perelman School of Medicine di University of Pennsylvania, dilansir Futurity.
Suhu dingin dari minuman dan es krim dapat menyebabkan vasokonstriksi, yaitu penyempitan pembuluh darah yang terjadi dengan cepat. Namun yang menyebabkan rasa sakit di kepala bukanlah vasokonstriksi, melainkan karena adanya vasodilatasi atau pelebaran pembuluh darah yang terjadi saat tubuh mulai menghangat.
Pada saat terjadi pelebaran pembuluh darah, sebuah sinyal dikirimkan menuju otak melalui saraf trigeminal. Sinyal yang dikirimkan dari saraf inilah yang menyebabkan rasa tidak nyaman pada wajah dan kepala saat makan es krim.
ADVERTISEMENT
"Rasa sakit ini bisa berlangsung selama beberapa detik hingga beberapa menit," kata Spears.
Ia menyarankan, untuk menghindari rasa sakit saat makan es krim bisa dengan makan secara pelan-pelan. Sebab, sebuah penelitian yang diterbitkan oleh BMJ menunjukkan bahwa brain freeze terjadi lebih sering pada orang yang makan es krim terlalu cepat.
Es krim rasa lavender.
Es krim rasa lavender. (Foto: Flickr/Chih-Yao Hsu)
Berbeda dengan gigi sensitif
Selain rasa sakit di kepala, beberapa orang juga akan merasakan rasa sakit di gigi saat mengkonsumsi sesuatu yang dingin. Namun penyebab dari rasa sakit ini tidak sama dengan penyebab brain freeze.
"Ketika seseorang mengalami sakit gigi atau sensitivitas, rangsangan nyeri datang ketika terjadi kontak (antara es) dengan gigi baik secara langsung maupun tidak langsung," kata Panagiota Stathopoulou, dokter gigi dari Penn Dental Medicine.
Ilustrasi Gigi Sensitif
Ilustrasi Gigi Sensitif. (Foto: Thinkstock)
Jaringan di dalam saluran akar gigi, yang disebut pulpa, mengandung saraf yang menyebabkan rasa tidak nyaman di gigi saat makan es krim atau makanan dingin lainnya.
ADVERTISEMENT
Untuk menghindari rasa sakit ini, gunakanlah pasta gigi yang dapat menurunkan rasa sensitif pada gigi yang mengandung fluoride, potasium, dan bahan lainnya yang dapat menyembuhkan gigi sensitif.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan