Tekno & Sains
·
7 April 2021 7:30

Kisah Jeff Dabe, Popeye di Kehidupan Nyata dengan Lengan Raksasa

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Kisah Jeff Dabe, Popeye di Kehidupan Nyata dengan Lengan Raksasa (10810)
Jeff Dabe, Popeye di kehidupan nyata. Foto: Instagram/Jeff Dabe
Bagi kamu generasi 90-an, masih ingatkah dengan Popeye the Sailor Man atau lebih dikenal Popeye si Pelaut, tokoh kartun dengan lengan besar dan punya kekuatan super setiap makan bayam. Jika Popeye ada di dunia nyata, maka ini patut disematkan kepada Jeff Dabe.
ADVERTISEMENT
Jeff Dabe adalah seorang atlet panco profesional dengan lengan super besar. Sejak bayi, Dabe memiliki ukuran lengan yang berbeda dari sebayanya. Anehnya, dokter menyebut bahwa lengan besar yang dimiliki Dabe tidak ada hubungannya dengan kelainan genetik atau penyakit. Artinya, Dabe memang dilahirkan dengan lengan raksasa.
“Setelah mencari tanda-tanda gigantisme dan kaki gajah, para peneliti di University of Minnesota menyimpulkan bahwa tidak ada tanda-tanda penyakit atau kelainan tersebut,” kata Gina, istri Jeff sebagaimana dikutip News.com.au.
Seiring bertambahnya usia, lengan Dabe juga semakin membesar. Sampai Dabe dewasa, dia dijuluki sebagai Popeye di dunia nyata berkat lengan raksasa yang dimilikinya. Ukuran lengannya sekitar 49 cm. Dengan lengan sebesar itu, dia mampu memegang bola basket dalam satu kali genggaman di kedua tangannya.
ADVERTISEMENT
Dabe dewasa mulai tertarik pada olahraga panco, adu kekuatan tangan yang biasanya dilakukan oleh orang-orang berotot besar. Dia mulai terjun ke dunia panco pada tahun 1980-an. Karirnya dalam olahraga panco cukup cemerlang. Dia mampu mengeluarkan kekuatan yang setara dengan ukuran lengannya.
“Saya panco sebagai senior di sekolah menengah. Waktu itu penggemar saya adalah orang-orang yang menamai saya Popeye,” kata Dabe.
Tahun 1986, Dabe sempat berhenti bermain panco karena cedera pada lengan kanannya. Namun, pada 2012 ketika kejuaraan panco Minnesota Josh Handeland digelar di kotanya, Dabe kembali mengikuti kompetisi menggunakan lengan kirinya.
Dalam kompetisi itu, Dabe keluar sebagai juara. Karirnya semakin cemerlang dan dia diundang berkompetisi di Liga Panco Dunia. “Berkat Liga Panco Dunia, saya sekarang bersaing dengan orang-orang dari seluruh Amerika. Sangat senang dapat pergi ke tempat-tempat yang belum saya kunjungi,” kata Dabe.
ADVERTISEMENT
“Saya selalu ahli dalam panco, ukuran tangan saya sering mengejutkan orang-orang tapi saya memiliki kekuatan sebagai pendukungnya. Orang-orang ketakutan saat melihat tangan saya di dunia nyata.”
Jeff dan Gina melakukan perjalanan ke seluruh AS untuk mengikuti kompetisi panco di Las Vegas. Sebelum terjun ke dunia panco, Dabe adalah seorang petani, dia sering memotong kayu, mencangkul, dan bekerja dengan alat berat lainnya. Sekarang Dabe sudah memutuskan untuk fokus pada olahraga panco, latihan angkat beban untuk membentuk kekuatannya.
“Saya selalu menyemangati Dabe apapun yang dia lakukan dan itu sangat menyenangkan. Semua orang mengira Dabe sangat lucu dan kami melakukan banyak hal konyol bersama,” kata Gina.