kumparan
search-gray
Tekno & Sains1 Desember 2019 14:43

Leonardo DiCaprio Dituduh sebagai Dalang Kebakaran Hutan Amazon

Konten Redaksi kumparan
Leonardo DiCaprio Dituduh sebagai Dalang Kebakaran Hutan Amazon (1227434)
Leonardo Dicaprio saat bermain di film 'Shutter Island'. Foto: Dok. IMDb
Presiden Brasil, Jair Bolsonaro, kembali melontarkan pernyataan kontroversial. Kali ini, ia menyinggung nama Leonardo DiCaprio terkait kebakaran hutan Amazon.
ADVERTISEMENT
Sebagai hutan hujan terbesar di dunia, Amazon memberikan sumbangsih penting untuk memperlambat laju pemanasan global. Namun, kebakaran yang melanda hutan di Brasil selama musim kemarau pada Juli hingga Oktober lalu itu membuat luas kawasannya semakin tergerus.
Secara alami, hutan terbakar karena sambaran petir. Tetapi tahun ini, kebakaran banyak disebabkan oleh ulah manusia.
Dari hasil penyelidikan, pemerintah mengklaim polisi telah berhasil menangkap empat petugas pemadam kebakaran yang diduga merupakan orang suruhan LSM. Mereka dituduh telah dengan sengaja membakar hutan.
Leonardo DiCaprio Dituduh sebagai Dalang Kebakaran Hutan Amazon (1227435)
Gambar udara usai kebakaran di Hutan Amazon di Boca do Acre, Brasil. Foto: REUTERS/Bruno Kelly
"Jadi apa yang dilakukan LSM? Apa hal yang paling mudah? Membakar hutan. Ambil gambar, buat video," ujar Bolsonaro di kediamannya pada Jumat (29/11), sebagaimana diberitakan BBC.
Tudingan Bolsonaro ditujukan kepada World Wildlife Fund (WWF). Menurut orang nomor wahid di Brasil itu, WWF melakukan kampanye yang menyudutkan pemerintah demi memperoleh suntikan dana dari donatur untuk pemulihan hutan Amazon pascakebakaran.
ADVERTISEMENT
Dalam pidatonya tersebut, keluar pula nama aktor Hollywood sekaligus aktivis lingkungan, Leonardo DiCaprio. Bolsonaro menyebut DiCaprio sebagai dalang yang secara tidak langsung berada di balik kebakaran hutan Amazon. Menurut dia, aktor 45 tahun itulah yang telah menggelontorkan uang senilai 5 juta dolar AS kepada WWF.
"Leonardo DiCaprio ini pria yang keren, bukan? Memberikan uang untuk membakar Amazon," ujar Bolsonaro.
"Sebagian dari dana sumbangan ditujukan untuk orang-orang yang telah sengaja membakar hutan. Leonardo DiCaprio, Anda berkontribusi terhadap kebakaran di Amazon, itu tidak akan berhasil."
Leonardo DiCaprio Dituduh sebagai Dalang Kebakaran Hutan Amazon (1227436)
Asap mengepul saat kebakaran di area hutan hujan Amazon dekat Porto Velho, Negara Bagian Rondonia, Brasil. Foto: REUTERS/Ueslei Marcelino
Tudingan yang dilayangkan Bolsonaro jelas tanpa bukti. Banyak yang menduga tuduhan salah alamat itu dipicu karena Bolsonaro merasa gerah. Beberapa kebijakannya, selalu dinilai sejumlah LSM telah merusak hutan.
ADVERTISEMENT
Leonardo DiCaprio sendiri membantah tegas tuduhan Bolsonaro.
"Meskipun mereka tentu saja layak didukung, kami belum mendanai organisasi yang saat ini sedang diserang. Masa depan ekosistem yang tak tergantikan ini dipertaruhkan dan saya bangga menjadi bagian dari kelompok yang melindungi mereka."
Dia juga memuji orang-orang Brasil yang bekerja untuk menyelamatkan warisan alam dan budaya mereka.
Leonardo DiCaprio Dituduh sebagai Dalang Kebakaran Hutan Amazon (1227437)
Leonardo DiCaprio berbicara di atas panggung di Leonardo DiCaprio Foundation Gala di Jackson Park Ranch. Foto: Tommaso Boddi/Getty Images for Leonardo DiCaprio Foundation
Di sisi lain, pihak WWF juga tak terima dengan tuduhan Bolsonaro. Mereka menyanggah bahwa lembaganya telah membayar untuk gambar dan video kebakaran hutan yang diambil oleh petugas pemadam yang telah ditangkap. WWF juga mengatakan tidak pernah menerima donasi dari DiCaprio.
Sementar itu, kelompok HAM, LSM, dan kritikus mencium tindakan berbau politik tersebut sengaja dilakukan sebagai upaya pemerintah untuk merusak citra para pegiat lingkungan yang ingin menyelamatkan hutan.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white