kumparan
19 Oktober 2018 8:55

Mana yang Benar, Tomat Termasuk Buah atau Sayur?

ilustrasi tomat
ilustrasi tomat (Foto: Thinkstock)
Menurutmu, tomat termasuk buah atau sayur? Tenang, ini bukanlah seperti pertanyaan “mana yang lebih dulu, telur atau ayam?” yang seolah akan terus diperdebatkan sampai kiamat nanti.
ADVERTISEMENT
Pertanyaan soal tomat ini ada penjelasan secara sainsnya. Jadi, mana yang benar, tomat itu buah atau sayur?
Sebagian orang mungkin akan menganggap tomat sebagai sayur. Sebab, ketika berbelanja ke pasar atau supermarket, umumnya tomat akan ditaruh bersama dengan sayur-sayuran lainnya, bukan bersama dengan buah-buahan.
Selain itu, ketika digunakan untuk memasak, umumnya tomat digunakan sebagai salah satu bahan masakan asin seperti sayur-sayuran lainnya, misalnya untuk menambah kesegaran sup dan soto, atau sebagai pewarna alami agar makanan menjadi berwarna merah.
Tomat
Masker tomat (Foto: Thinkstock)
Sementara buah-buahan lebih umum digunakan pada makanan manis, misalnya apel digunakan untuk membuat pai, atau stroberi untuk menghiasi kue.
Untuk menjawab apakah tomat sayur atau buah, hal tersebut tergantung dari sudut pandang mana kamu melihatnya, apakah dari sudut pandang sains atau kuliner.
ADVERTISEMENT
Dilansir Healthline, ilmu botani (ilmu tanaman) mendefinisikan buah-buahan sebagai produk tanaman yang diproduksi dari bunga, memiliki biji, dan membantu proses reproduksi tanaman. Sementara sayur-sayuran bisa merupakan bagian akar, batang, atau daun dari tanaman.
Berdasarkan definisi tersebut, tentu sudah jelas bahwa berdasarkan sains, tomat termasuk dalam kategori buah-buahan. Pohon tomat pertama-tama akan mengeluarkan bunga hingga akhirnya muncul buah berwarna hijau yang akan berubah menjadi berwarna merah saat sudah matang.
Video
Bagi yang menganggap tomat adalah sayur juga tidak salah, karena dalam dunia kuliner, tomat memang dikategorikan sebagai sayur-sayuran.
Dalam memasak, sayur dan buah dikategorikan berdasarkan rasa dan tekstur, serta penggunaannya. Buah memiliki rasa manis atau agak asam dan tekstur yang lembut. Buah lebih sering digunakan untuk kue, selai, puding, dan makanan manis lainnya.
ADVERTISEMENT
Sementara itu, sayur memiliki rasa yang lebih tawar atau agak pahit, tekstur lebih keras, dan digunakan untuk masakan asin seperti sup atau untuk menumis.
Jadi, bagaimana menurutmu, apakah tomat itu buah atau sayur?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan