Tekno & Sains15 September 2020 16:22

Manfaat Kandungan Siwak untuk Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Konten Redaksi kumparan
Manfaat Kandungan Siwak untuk Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut (809363)
Siwak mengandung berbagai zat yang dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut seperti fluoride, salvadorine, hingga silika untuk menghilangkan plak. Foto: Shutterstock
Menjaga kesehatan gigi dan mulut di tengah pandemi tak kalah penting dengan menjaga kesehatan tubuh lainnya. Bagaimanapun, mulut dapat menjadi media transmisi perkembangan virus dan bakteri. Jika bakteri penyebab penyakit gigi dan mulut dapat dikendalikan, kesehatan organ tubuh lainnya pun bisa lebih terjaga.
Selain menyikat gigi dengan tepat, memerhatikan pasta gigi yang digunakan juga turut andil dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut. Dokter gigi, drg. Nurvitasari, mengatakan salah satu bahan alami yang bisa dipakai adalah siwak.
"Siwak itu mengandung fluoride yang bisa melindungi gigi kita. Jadi pas ada makanan nyelip di gigi, adanya perlindungan fluoride bisa cegah gigi keropos dan gigi berlubang," kata drg. Nurvitasari dalam acara Live Talk kumparan bersama Pepsodent.
Tak hanya fluoride, siwak juga mempunyai berbagai kandungan untuk membersihkan sekaligus merawat gigi dan mulut. Menurut penelitian yang dilansir US National Library of Medicine, terdapat bakteri Streptococcus mutans di dalam mulut penyebab gigi keropos. Kandungan salvadorine yang merupakan zat antibakteri alami pada siwak dapat menghambat pertumbuhan bakteri tersebut.
Sejumlah penelitian juga telah mengidentifikasi bahwa kandungan silika yang terdapat pada siwak dapat menghilangkan dan menghambat pembentukkan plak serta mencegah karies pada gigi.
Manfaat Kandungan Siwak untuk Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut (809364)
Ilustrasi siwak dan daun mint. Foto: Shutterstock
"Di dalam siwak terdapat zat silika yang berfungsi sebagai bahan abrasif alami untuk membersihkan gigi. Misalnya nih, untuk orang yang sering minum kopi, menggunakan pasta gigi yang mengandung siwak dapat membersihkan noda-noda sisa kopi yang menempel," jelas drg. Nurvitasari.
Selain itu, di dalam siwak terdapat kalsium dan klorida yang dapat menghambat melekatnya bakteri pada permukaan email gigi, sehingga gigi tidak mudah berlubang. Bersama dengan resin yang juga terkandung dalam siwak, ketiga kandungan ini dapat melindungi gigi dan menjaganya agar tetap sehat.
Menariknya, siwak juga mengandung essential oils yang berperan sebagai antiseptik yang dapat mencegah bau mulut dan vitamin C untuk menjaga kesehatan gusi, menghilangkan bau mulut, serta menghentikan pendarahan dan peradangan gusi.
Melihat berbagai manfaat yang terkandung dalam siwak, Pepsodent Siwak bisa jadi pilihan tepat untuk jaga kesehatan gigi dan mulut di tengah pandemi. Sebuah penelitian yang dilakukan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Yogyakarta menyebutkan bahwa siwak dan pasta gigi yang mengandung siwak memiliki efek yang sama untuk menjaga kesehatan gigi.
Manfaat Kandungan Siwak untuk Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut (809365)
Pepsodent Siwak merupakan pasta gigi halal yang dapat merawat kekuatan gigi dan memberikan kesegaran napas yang lebih tahan lama. Foto: dok. Pepsodent
Dengan kandungan ekstrak siwak asli yang dilengkapi daun mint, Pepsodent Siwak merupakan pasta gigi halal yang dapat merawat kekuatan gigi dan memberikan kesegaran napas yang lebih tahan lama. Tak hanya itu, menurut drg. Nuvitasari, pasta gigi dengan kandungan herbal seperti Pepsodent Siwak lebih aman digunakan sehari-hari.
"Pasta gigi yang mengandung bahan alami itu berarti zat kimianya lebih sedikit, sehingga lebih aman. Khasiat bahan herbal juga sudah terbukti sejak dahulu," jelas drg. Nuvitasari.
Untuk menyaksikan tayangan lengkap LiveTalk kumparan bersama Pepsodent yang membahas manfaat siwak, cara sikat gigi yang benar, hingga tips jaga kesehatan gigi dan mulut di masa pandemi, kamu bisa klik video di bawah:
Yuk jaga kesehatan gigi dan mulut luar dalam dengan Pepsodent Siwak! Karena setiap senyuman, begitu berarti.
Artikel ini merupakan bentuk kerja sama dengan Pepsodent Siwak
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tim Editor
drop-down
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white