Tekno & Sains
·
9 Oktober 2020 6:32

Mengenal Harpy Eagle, Burung Elang Raksasa Sebesar Manusia Remaja

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Mengenal Harpy Eagle, Burung Elang Raksasa Sebesar Manusia Remaja (966486)
searchPerbesar
Elang Harpy dengan jambul di kepalanya. Foto: Flickr/Nathan Rupert
Pernahkan kamu melihat burung seukuran anak remaja. Terdengar seperti mitos memang, tapi burung raksasa itu benar-benar ada di dunia. Dia adalah elang legendaris penjelajah Amerika Selatan.
ADVERTISEMENT
Harpy Eagle terkenal dengan ukurannya yang sangat besar, hampir sama dengan manusia remaja. Mereka bisa tumbuh dengan ukuran tubuh 89 hingga 105 sentimeter. Harpy betina memiliki ukuran lebih besar ketimbang jantan.
Burung pemangsa berwarna abu-abu gelap ini memiliki tampilan yang khas dengan bulu di atas kepalanya yang bisa mengembang seperti jambul ketika merasa terancam. Mereka memiliki pendengaran yang sangat tajam, nyaris menyamai burung hantu.
Kakinya seukuran pergelangan tangan anak kecil dan cakarnya yang melengkung lebih besar ketimbang cakar beruang grizzly dengan panjang 13 centimeter. Sayapnya membentang dengan panjang 2 meter. Harpy digadang-gadang sebagai burung predator terbesar, terberat, dan terkuat di dunia.
Mengenal Harpy Eagle, Burung Elang Raksasa Sebesar Manusia Remaja (966487)
searchPerbesar
Elang Harpy disebut-sebut sebagai burung terbesar di dunia. Foto: Flickr/Sidnei Dantas
Elang Harpy tersebar di beberapa wilayah di Amerika Selatan, mulai dari Meksiko hingga Argentina utara. Mereka menempati kawasan hutan tropis, biasanya diam di atas pohon kapas sutra dan membangun sarang di ketinggian 27 hingga 43 meter di atas tanah.
ADVERTISEMENT
Harpy bisa berburu mangsa dengan berat 7,7 kilogram, seperti monyet dan kukang. Saat berburu, mereka terbang dengan kecepatan hingga 80 kilometer per jam, melakukan manuver dan menangkap mangsa dengan kaki terlentang.
Sayapnya yang lebar dan lurus membantu Harpy terbang dengan sempurna, sehingga memungkinkan mereka menyerang mangsa dari bawah maupun di atas udara. Biasanya bisa bertengger di pohon selama berjam-jam, dengan sabar menunggu dan mengamati lingkungan sekitar.
Mengenal Harpy Eagle, Burung Elang Raksasa Sebesar Manusia Remaja (966488)
searchPerbesar
Elang Harpy, burung dengan ukuran hampir sebesar manusia remaja. Foto: commons.wikimedia.org
Harpy memiliki penglihatan yang sangat baik, dapat melihat sesuatu dengan ukuran 2 centimeter dari jarak hampir 200 meter. Cakarnya yang tajam mampu menghancurkan tulang dan membunuh korbannya seketika. Selain monyet dan kukang, Harpy kerap memangsa oposum, landak, rusa muda, ular, dan iguana.
ADVERTISEMENT
Ia adalah hewan monogami. Artinya, mereka sangat setia pada pasangannya. Seekor betina bisa bertelur satu hingga dua butir telur, dan terjadi setiap dua hingga tiga tahun sekali. Baik betina maupun jantan sama-sama berperan mengerami telurnya. Mereka akan memberi makan anaknya hingga umur 10 bulan.
Anak elang Harpy siap menjadi dewasa pada usia sekitar lima hingga enam bulan, tapi masih berkeliaran di sekitar sarang hingga usia satu tahun untuk meminta makan dari induknya. Elang ini mulai berkembang biak setelah usia 5 sampai 30 tahun ke atas. Adapun masa hidup Harpy antara 25 hingga 35 tahun.
***
Saksikan video menarik di bawah ini: