Mineral Esensial Bantu Cegah Sakit Ginjal & Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Anak

21 November 2022 17:15
·
waktu baca 4 menit
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi anak konsumsi air mineral esensial guna tingkatkan daya tahan tubuh dan cegah sakit  ginjal. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi anak konsumsi air mineral esensial guna tingkatkan daya tahan tubuh dan cegah sakit ginjal. Foto: Shutterstock
Belakangan ini masyarakat dibuat cemas akibat meningkatnya angka kasus gagal ginjal akut yang dialami bayi dan anak-anak. Meski penyebabnya masih dalam tahap penelusuran, Kemenkes telah mengimbau untuk menghentikan penggunaan obat sirup. Pasalnya, diduga terdapat etilen glikol (EG) dan dietilen glikol (DEG) dalam beberapa obat sirup yang bisa memicu gagal ginjal akut.
Imbauan tersebut tertuang dalam surat Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kemenkes bertanggal 18 Oktober 2022. Nomor suratnya, yaitu SR.01.05/III/3461/2022, tentang Kewajiban Penyelidikan Epidemiologi dan Pelaporan Kasus Gangguan Ginjal Akut Atipikal (Atypical Progressive Acute Kidney Injury) pada Anak.
Oleh karena itu, kita perlu lebih waspada dalam menjaga daya tahan tubuh anak dan menjadikannya sebagai prioritas utama. Salah satu langkah sederhana untuk melakukannya adalah dengan memastikan kebutuhan air minum tercukupi dengan baik.
Dengan mencukupi kebutuhan air minum, daya tahan tubuh anak dapat meningkat sehingga tidak mudah sakit dan mengurangi risiko anak mengalami gagal ginjal. Selain itu, terpenuhinya mineral harian dapat membantu mengeluarkan racun dari obat lewat air kemih.
Hal tersebut juga disampaikan oleh dr. Milka Inkiriwang MARS Phd. Ia mengatakan bahwa banyak minum air putih otomatis membantu pembuangan racun dalam tubuh, yang dapat mengganggu proses terjadinya daya tahan tubuh.
“Di samping itu, kebutuhan air putih yang tercukupi juga bermanfaat mencegah masuknya bakteri, parasite, dan kotoran penyebab infeksi,” tegasnya.
Lebih lanjut, dr. Milka menerangkan banyak minum air putih dapat membantu proses pencernaan dalam tubuh, penyerapan nutrisi, serta melancarkan aliran darah sehingga pendistribusian oksigen ke dalam sel-sel yang ada dapat berlangsung optimal.
“Hal tersebut akan membantu fungsi tubuh dan fungsi imunitas, dan masih banyak lagi kaitannya dalam menjaga daya tahan tubuh. Namun selain takaran, sangat perlu kita perhatikan kandungan di dalam air itu sendiri,” imbuhnya.
Mengenai kandungan dalam air minum, dr. Milka menyampaikan pentingnya air minum dengan kandungan mineral esensial yang seimbang. Menjaga kekuatan tulang, meningkatkan kinerja saraf, dan menjaga fungsi kardiovaskuler, hingga berperan menjaga keseimbangan dan elektrolit tubuh, merupakan sejumlah khasiat terkait kandungan mineral esensial dalam air putih.
“Jadi, pastikan lebih dulu, apakah air minum yang akan kita konsumsi sudah memenuhi syarat layak minum atau tidak. Seperti anjuran dari kementrian Kesehatan bahwa air yang layak di minum itu harus memenuhi syarat. Pertama, tidak berbau, lalu tidak berasa dan berwarna, tidak mengandung mikroorganisme yang berbahaya dan tentunya tidak mengandung logam berat.”
Oleh karena itu, memilih minum air mineral yang sehat untuk sehari-hari mengandung mineral esensial menjadi faktor penting yang tidak boleh disepelekan. Sebab, mineral esensial adalah kelompok nutrisi penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

Jenis Kandungan Mineral dalam Air Minum

Selain hal di atas, dr. Milka pun menyampaikan perlunya pemahaman mengenai jenis mineral dalam air minum. Ia terbagi dua, yaitu mineral esensial dan non esensial.
Mineral esensial merupakan jenis mineral yang sangat diperlukan dalam proses metabolisme tubuh, seperti dalam membantu kerja enzim. Sedangkan mineral non esensial terbagi menjadi 2 lagi, yaitu makro dan mikro.
Mineral makro diperlukan oleh tubuh dengan jumlah relatif besar. Yang tergolong dalam mineral jenis ini antara lain seperti kalsium, fosfor, kalium, natrium, dan magnesium. Adapun mineral mikro diperlukan tubuh dalam jumlah kecil seperti kobalt, tembaga, iodin, besi, mangan, dan zink. Senyawa mineral tersebut memiliki fungsinya masing-masing.
“Jadi, jika tubuh kekurangan dari salah satu senyawa atau beberapa senyawa dari mineral otomatis akan menimbulkan dampak terhadap organ tubuh kita, salah satunya adalah ginjal. Untuk itu sangat penting bagi kita dalam menjaga daya tahan tubuh dengan asupan mineral esensial yang cukup,” jelas dr. Milka.
Kandungan ini, lanjut dr. Milka, bisa didapatkan lewat berbagai sumber makanan atau minuman mulai dari Air Susu Ibu (ASI), susu, jus buah, juga air putih yang mengandung mineral esensial seperti Le Minerale.
Le Minerale telah dipercaya sebagai produk air kemasan yang mengandung mineral esensial baik dengan banyak manfaat mulai menjaga daya tahan tubuh, hingga meningkatkan kebugaran dan kesegaran tubuh. Le Minerale juga diproses dan dikemas dengan tiga lapis proteksi sehingga kualitas mineral di dalamnya terjamin hingga ke tangan konsumen.
Selain itu, kandungan mineral esensial dalam Le Minerale membuat rasanya lebih segar, sehingga menyenangkan untuk minum, terutama bagi orang tua yang berupaya menjaga kesehatan organ tubuh seperti ginjal.
Artikel ini merupakan bentuk kerja sama dengan Le Minerale
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020