Nelayan Ini Tangkap Lele Biru Raksasa Seberat 54 kilogram, Begini Penampakannya

28 September 2022 10:30
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Lele raksasa yang ditangkap oleh seorang nelayan di Tennessee.  Foto: Tennessee Wildlife Resources Agency/Micka Burkhart
zoom-in-whitePerbesar
Lele raksasa yang ditangkap oleh seorang nelayan di Tennessee. Foto: Tennessee Wildlife Resources Agency/Micka Burkhart
ADVERTISEMENT
Seorang nelayan di Tennessee, Amerika Serikat, berhasil menangkap ikan lele biru raksasa seberat 54 kilogram. Lele biru itu kini dijuluki ikan monster.
ADVERTISEMENT
Ikan air tawar dengan panjang 1,3 meter itu ditangkap di Sungai Cumberland yang menjadi habitatnya. Setelah berhasil ditangkap, ikan tidak dimasak, melainkan kembali dimasukkan ke Sungai.
“Micka Burkhart menangkap seekor lele biru monster kemarin pada pukul 12.30 siang di Sungai Cumberland di Stewart County. Lele biru itu punya berat 54 kilogram, akan menjadi rekor baru (lele terberat) Tennessee sambil menunggu verifikasi dan sertifikasi,” kata Tennessee Wildlife Resources Agency dalam sebuah postingan di Facebook.
Video yang viral di media sosial memperlihatkan bagaimana Burkhart mencoba mengangkat ikan untuk menimbangnya. Namun, karena terlalu berat, lele biru tidak terangkat sepenuhnya.
“Jadi ikan ini tidak bisa saya angkat sepenuhnya dari tanah,” kata Burkhart dalam video tersebut.
ADVERTISEMENT
Menurut National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA), lele biru adalah spesies ikan lele terbesar di AS. Ia berasal dari lembah sungai Mississippi, Missouri, Ohio, dan Rio Grande.
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Spesimen terbesar yang pernah ditangkap berbobot 65 kilogram, di Virginia-California Utara. Mereka sangat populer karena ukurannya yang jumbo dan menjadi favorit para pemancing.
Lele biru memangsa berbagai hewan, termasuk cacing, kerang, serangga, katak, ikan kecil, dan krustasea. Mereka punya jaringan sensorik pada sungut dan kulit, serta kumisnya memungkinkan lele mendeteksi mangsa dengan mencicipi air di dekatnya.
Lele betina mampu menghasilkan 4.000 hingga 8.000 telur per kilogram berat badan. Menurut Animal Diversity Web, lele jantan biasanya akan memaksa betina menjauh dari sarang setelah membuahi telur. Jantan kemudian akan mengatur, melindungi dan menjaga telur-telur tersebut hingga menetas.
ADVERTISEMENT
Lele biru umumnya menjadi santapan berbagai burung laut dan bahkan oleh spesies mereka sendiri. Mereka memiliki duri tulang belakang khusus pada siripnya. Durinya dapat menyuntikkan racun ke predator lain yang memangsanya, berguna untuk melindungi diri.
Hewan ini dianggap sebagai spesies invasif di Chesapeake Bay di timur Virginia dan pantai Maryland karena tingkat kematiannya yang rendah, ukuran tubuh raksasa, tingkat reproduksi tinggi, dan jauh dari jangkauan pemangsanya.
Populasi ikan lele meledak di daerah tersebut, sehingga berdampak pada satwa liar lain. Selain itu, lele biru juga kerap memangsa kepiting biru yang menjadi hewan paling berharga di Teluk Chesapeake.
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·