Penampakan Orca Bunuh Hiu Putih dalam 2 Menit, Cabik dan Makan Hatinya

4 Maret 2024 7:00 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
1
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi orca. Foto: Olivier Morin/AFP
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi orca. Foto: Olivier Morin/AFP
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Seekor orca tertangkap kamera sedang membunuh dan memakan seekor hiu putih besar. Hebatnya, perburuan tersebut dilakukan hanya dalam waktu 2 menit saja.
ADVERTISEMENT
Penampakan itu terekam oleh kamera tim peneliti di selatan Pulau Seal, Afrika Selatan, pada Juni 2023. Temuannya dirangkum dalam jurnal penelitian yang terbit di African Journal of Marine Science pada 1 Maret 2024.
Video memperlihatkan sang hiu putih besar (Carcharodon carcharias) mati-matian berusaha melarikan diri dari kejaran orca (Orcinus orca) di belakangnya, hingga hilang dari permukaan laut. Tak lama kemudian, orca muncul dengan hati hiu di rahangnya.
Ilmuwan mengkonfirmasi ini kasus pertama seekor orca berburu dan memakan hiu putih besar secara sendiri tanpa bantuan kelompoknya.
Ilmuwan sejatinya meneliti dua ekor orca yang dikenal dengan nama Port dan Starboard di perairan Pulau Seal. Kedua hewan dikenal punya reputasi menyerang hiu putih besar dan memakan hatinya, sebuah perilaku baru yang membuat populasi hiu putih besar pergi meninggalkan habitatnya.
ADVERTISEMENT
Setelah mendekati orca, para peneliti melihat zat berminyak mengambang di perairan, dengan sejumlah burung menyelam ke dalam air dan tercium "bau khas hati hiu." Ilmuwan berspekulasi sepasang orca mungkin telah membunuh seekor hiu sebelum kapal tiba.
"Setelah Anda menciumnya, Anda akan mengenalinya lagi (bau hati hiu)," kata Alison Towner, ahli biologi kelautan dari Rhodes University, kepada Live Science.
Towner mengatakan bau hati hiu sulit dijelaskan. Dia memiliki aroma yang kuat, berlemak, dan gak terlalu tidak sedap.
Ilustrasi hiu putih. Foto: @JuanSharks/@OceanRamsey/Juan Oliphant/oneoceandiving.com via REUTERS
Satu jam kemudian, peneliti melihat hiu putih remaja sepanjang 2,5 meter sedang dikejar oleh orca bernama Starboard. Sang orca mendorong hiu ke depan dengan menggunakan sirip dadanya saat meronta di permukaan air.
Dengan menggigit sirip dada hiu dan menggoyangkannya, Starboard merobek hiu tersebut hingga menyebabkan luka terbuka. Lukanya berada di lokasi di mana hati si hiu kemudian diambil.
ADVERTISEMENT
Starboard kemudian tampak berenang melewati perahu dengan sepotong hati berwarna mirip buah persik di mulutnya. Meski momen Starboard mengambil hati hiu tak terlihat jelas karena terjadi di bawah permukaan air, Towner yakin hiu tersebut akan langsung mati.
Towner menduga orca mengincar hati berlemak hiu karena nilai gizinya yang tinggi dan kaya lipid. Pada beberapa spesies hiu, organ berminyak itu bisa mencapai sepertiga massa tubuhnya.