kumparan
3 Mei 2018 8:35

Peneliti Jadikan Leonardo DiCaprio sebagai Nama Spesies Kumbang Baru

Leonardo DiCaprio Jadi Nama Kumbang.
Leonardo DiCaprio jadi nama kumbang. (Foto: Instagram Leonardo DiCaprio, Hendrik Freitag)
Seekor kumbang air jenis baru ditemukan di Daerah Aliran Sungai (DAS) Maliau, Malaysia. Penemu kumbang air ini memutuskan untuk menamai kumbang air tersebut Grouvellinus leonardodicaprioi, diambil dari nama aktor pemenang Oscar dan aktivis lingkungan hidup, Leonardo DiCaprio.
ADVERTISEMENT
Selain sebagai bentuk penghormatan terhadap perjuangan DiCaprio dalam menyelamatkan lingkungan, nama ini juga diberikan sebagai peringatan 20 tahun Leonardo DiCaprio Foundation.
Leonardo DiCaprio Foundation adalah salah satu lembaga amal yang paling gencar mengkampanyekan penyelamatan terhadap lingkungan hidup. Lembaga ini sudah melakukan lebih dari 200 proyek di seluruh dunia yang berkaitan dengan mitigasi perubahan iklim, konservasi hewan, dan preservasi habitat.
Kumbang air ini ditemukan di air terjun yang terdapat di DAS Maliau yang terpencil. Penemuan ini terjadi dalam sebuah ekspedisi yang diinisiasi oleh Taxon Expeditions, organisasi yang mengadakan eksplorasi ke berbagai tempat terpencil bersama dengan para ilmuwan amatir.
Kumbang Leonardo DiCaprio ini memiliki ciri-ciri berwarna hitam, panjang hanya 3 milimeter, dan tidak memiliki kaki depan maupun antena.
ADVERTISEMENT
“Kami tidak menamakan kumbang ini Leonardo DiCaprio karena mirip DiCaprio,” kata Dr. Iva Njunjic, pendiri Taxon Expeditions sekaligus ahli serangga, kepada The Guardian.
Lokasi Penemuan Kumbang Leonardo DiCaprio
Lokasi penemuan kumbang Leonardo DiCaprio (Foto: Hendrik Freitag)
“Dengan tubuhnya yang kecil dan berwarna hitam, mungkin kumbang baru ini tidak akan memenangkan Oscar untuk kharismanya, tapi dalam konservasi keanekaragaman hayati, setiap makhluk itu berharga.”
Taxon Expeditions didirikan pada 2017 dan berpusat di Leiden, Belanda. Organisasi ini mengadakan ekspedisi ke tempat-tempat terpencil untuk siapa saja yang berminat pada sains dan lingkungan, dan membantu mereka untuk membuat penemuan ilmiah dengan didampingi oleh para ahli internasional.
Video
Selain Leonardo DiCaprio, beberapa artis lain juga pernah menjadi nama dari spesies yang baru ditemukan. Misalnya saja kumbang Kate Winslet yang memiliki nama ilmiah Agra katewinsletae, tawon Lady Gaga yang bernama latin Aleoides gaga, dan siput Mick Jagger yang bernama resmi Anomphalus jaggerius.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan