kumparan
4 September 2019 12:04

Rusia Mau Luncurkan Misi Khusus untuk Pelajari Matahari

Ilustrasi permukaan Matahari
Ilustrasi permukaan Matahari. Foto: LoganArt via Pixabay
Rusia punya rencana membuat dua satelit nano untuk mempelajari Matahari. Rencana ini mereka tuangkan dalam sebuah proyek bernama Yarilo yang akan digarap oleh Bauman Moscow State Technical University (BMSTU) dan Lebedev Physical Institute.
ADVERTISEMENT
Satelit-satelit ini rencananya akan mengamati Matahari dari orbit Bumi. Mereka diharapkan sudah bisa meluncur pada 2020 nanti.
Menurut rencana, pusat kontrol komunikasi misi Yarilo ini akan berlokasi di kampus BMSTU. Informasi yang didapat oleh nano satelit kelak akan dikirim ke Bumi setiap tiga sampai empat kali dalam sehari.
"Kami merencanakan peluncuran satelit, yang tersinkron dengan Matahari, ke orbit Bumi dengan ketinggian sekitar 600 kilometer," jelas BMSTU, seperti diberitakan TASS.
Sayangnya, belum ada detail pasti atas bagaimana satelit-satelit ini akan diluncurkan dan diposisikan di orbit Bumi nanti.
Satelit-satelit nano ini akan merekam aktivitas Matahari dengan menggunakan pemindai sinar X. Satelit-satelit ini juga akan memberikan informasi atas kondisi planet-planet lain di tata surya kita.
ADVERTISEMENT
BMSTU sendiri sedang mengembangkan sebuah satelit lain yang akan mengamati kondisi Bumi dari luar angkasa.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan