Tekno & Sains
·
23 November 2020 21:20

Sambil Pakai Ventilator, Pasien Corona Ini Main Biola untuk Petugas Medis

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Sambil Pakai Ventilator, Pasien Corona Ini Main Biola untuk Petugas Medis (91445)
Ilustrasi bermain biola. Foto: Joel Wyncott via Unsplash
Sebuah kisah menarik terjadi di sebuah rumah sakit McKay-Dee Hospital di Utah, Amerika Serikat. Seorang pasien corona yang tengah menggunakan ventilator di ruang ICU meminta izin untuk bermain biola sebagai ucapan rasa terima kasihnya kepada seluruh tenaga kesehatan di sana.
ADVERTISEMENT
Grover Wilhelmsen merupakan guru musik orchestra yang tengah berjuang melawan COVID-19. Ia bahkan harus menggunakan ventilator untuk membantu pernapasannya sehingga ia tak mampu berbicara.
Namun, Wilhelmsen tetap ingin mengucapkan rasa terima kasihnya kepada para tenaga kesehatan yang berjuang merawatnya. Ia pun mengutarakan rasa terima kasih tersebut lewat sebuah cara yang ia ketahui secara baik: Bermain biola.
Pria berusia 70 tahun tersebut kemudian meminta suster yang merawatnya untuk membawakan sebuah biola. Ia berkomunikasi lewat kertas dan pulpen untuk memohon izin untuk bermain.
Sambil Pakai Ventilator, Pasien Corona Ini Main Biola untuk Petugas Medis (91446)
Grover Wilhelmsen (kanan) bersama seorang petugas medis, Ciara Sase (kiri), di ruang ICU. Foto: Intermountain Healthcare
Video Wilhelmsen bermain biola kemudian diunggah pihak rumah sakit melalui YouTube. Video itu pun mendadak viral dan menuai berbagai pujian dan ucapan baik lainnya.
Dalam video tersebut, Wilhelmsen memainkan Tennessee Waltz selama beberapa menit. Seorang petugas medis, Ciara Sase, terlihat berada di sampingnya menggunakan alat pelindung diri lengkap sambil mendengarkan.
ADVERTISEMENT
Menurut pihak rumah sakit, ruang ICU sebenarnya tertutup rapat sehingga tidak ada orang yang dapat mendengar suara di dalam. Namun, Sase yang menemani Wilhelmsen kemudian menyalakan Vocera, sebuah alat komunikasi yang menyebabkan suara di dalam ruang ICU dapat didengar keluar.
“Ini membuat saya menangis,” ujar Sase menanggapi permainan Wilhelmsen dalam pernyataan resmi rumah sakit yang masuk dalam grup jaringan rumah sakit Intermountain Healthcare. “Bagi seluruh staf melihat seorang pasien melakukan ini sambil diintubasi sangatlah luar biasa.”
Wilhelmsen memainkan permainan luar biasanya selama beberapa hari berturut-turut. Kondisinya tak lama berangsur membaik dan berhasil keluar dari ruang perawatan khusus.
“Anda dapat melihat betapa berpengaruhnya hal ini kepadanya,” lanjut Sase. “Bermain (biola) seperti membantunya menenangkan sarafnya dan membawanya kembali ke momen ini.”
ADVERTISEMENT
Wilhelmsen saat itu sudah jauh lebih baik. Ia tidak lagi menggunakan ventilator dan sudah keluar dari ruang ICU. Pihak rumah sakit menyampaikan bahwa Wilhelmsen diharapkan akan dapat sembuh dari virus SARS-CoV-2 penyebab penyakit COVID-19 dalam waktu dekat.
(EDR)