kumparan
29 Agustus 2019 17:15

Seorang Perempuan Terjebak di dalam Septic Tank Selama 2 Hari

Proses Evakuasi perempuan yang masuk dalam
Proses Evakuasi perempuan paruh baya yang masuk dalam septic tank. Foto: Facebook/Estacada Rural Fire District
Seorang perempuan paruh baya di Estacada, Oregon, Amerika Serikat, harus mendapatkan perawatan intensif di rumah sakit usai terjebak di dalam septic tank selama kurang lebih dua hari. Hal ini diungkap Kepala Distrik Pemadam Kebakaran Estacada, Richard Anderson.
ADVERTISEMENT
Anderson mengatakan bahwa ia mendapatkan panggilan darurat dari seorang perempuan. Perempuan itu mengatakan bahwa dalam beberapa hari terakhir, dia kehilangan kontak dengan ibunya.
Kru penyelamat kemudian melakukan pencarian. Mereka lalu menemukan ibu dari perempuan itu terjebak di dalam sebuah septic tank sedalam 1,8 meter. Tim langsung melakukan penyelamatan dan mengirim perempuan yang namanya dirahasiakan itu ke rumah sakit setempat. Di rumah sakit, perempuan itu langsung ditempatkan di Unit Perawatan Intensif (Intensive Care Unit/ICU).
Anderson mengaku, dalam 21 tahun pengalamannya, ia belum pernah melihat kejadian seperti ini. Tidak jelas mengapa perempuan itu bisa berada di dalam septic tank. Tapi, Anderson menduga perempuan itu tak sengaja jatuh ke dalam tangki pembuangan tinja tersebut.
ADVERTISEMENT
Menurut Anderson, kejadian semacam ini sebenarnya bisa dicegah. Itu bisa dilakukan dengan mengambil tindakan pencegahan terlebih dahulu, seperti menutup lubang-lubang yang terbuka.
“Nomor satu, jika ada lubang terbuka tutuplah sehingga tidak akan ada yang terjatuh ke dalamnya. Kedua, minta seseorang menemanimu ketika bekerja di lingkungan seperti itu, agar mereka bisa langsung menemukanmu dan meminta bantuan, jika kamu terjatuh,” ujar Anderson, dilansir IFL Science.
Selama proses penyelamatan, tim menemukan si perempuan mengalami tanda-tanda dehidrasi, kekurangan oksigen, dan kelelahan. Menurut tim, perempuan itu terus berdiri tegak hingga akhirnya diselamatkan untuk menjaga kepalanya tetap di atas air kotor di dalam septic tank.
“Dalam kasus ini, kami mempertimbangkan masalah sanitasi karena korban berada di septic tank. Ada banyak bakteri di sana, dan kami mulai khawatir tentang infeksi dan masalah lainnya,” kata Anderson.
ADVERTISEMENT
Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO), ada sejumlah penyakit dapat ditularkan melalui kotoran manusia. Di antaranya adalah kolera, tifus, hepatitis, polio, dan schistosomiasis. Pada dasarnya, menelan kotoran manusia dianggap tidak beracun, tetapi dapat menimbulkan berbagai gejala yang mirip dengan keracunan makanan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan