kumparan
12 September 2018 15:20

Tukang Bangunan Temukan 300 Koin Emas Kuno di Gedung yang Terbengkalai

Wadah amphora berisi koin emas (Foto: Mibac/kementerian kebudayaan Republik Italia)
Harta karun berupa 300 koin emas yang diduga berasal dari 1.500 tahun lalu ditemukan di dalam sebuah gedung bekas bioskop di Como, Italia utara. Semua koin ditemukan di dalam sebuah amphora, jenis pot tanah liat yang digunakan orang Romawi untuk menyimpan cairan, seperti anggur atau minyak zaitun.
ADVERTISEMENT
Live Science melaporkan koin-koin yang terkubur di bawah bioskop tua itu ditemukan oleh sekelompok tukang bangunan. Koin-koin tersebut sekarang sedang dianalisis oleh tim arkeolog Italia di sebuah laboratorium di Milan.
Dijelaskan bahwa temuan koin sering terjadi di banyak situs kuno di sekitar daerah mediterania. Namun penemuan koin emas terbilang langka. Oleh karena itu pemerintah Italia menyebut penemuan ini sebagai temuan yang luar biasa.
Temuan ini juga membuat para arkeolog bertanya-tanya, kapan koin disembunyikan, siapa yang menyimpannya, serta mengapa koin ditinggalkan dan sepertinya dilupakan?
Wadah amphora berisi koin emas (Foto: Mibac/kementerian kebudayaan Republik Italia)
Keruntuhan Kekaisaran Romawi
Catatan sejarah mengindikasikan banyak bagian Kekaisaran Romawi mulai runtuh sekitar 1.500 tahun lalu akibat banyaknya perang di Italia.
Kekaisaran Romawi sendiri telah terbagi dua sejak abad ke-5. Di mana Kekaisaran Romawi Timur yang berpusat di Konstantinopel maju pesat, sementara Kekaisaran Romawi Barat yang berpusat di Roma perlahan-lahan mengalami kemunduran hingga hancur.
Kekaisaran Romawi Dibagi menjadi dua. (Foto: Mandrak via wikimedia commons.)
Roma dijarah habis-habisan pada 410 Masehi oleh kelompok bernama Goth dan kemudian pada 455 Masehi oleh kelompok dari Jerman Timur bernama Vandal. Kekaisaran Romawi akhirnya runtuh ketika kaisar terakhirnya, Romulus Augustulus, melepaskan takhtanya.
ADVERTISEMENT
Sementara itu Kekaisaran Romawi Timur atau biasa juga disebut Kekaisaran Byzantium berhasil merebut kembali beberapa bagian Italia di masa Kaisar Justinian I yang berkuasa di tahun 527 hingga 567 Masehi.
Wadah amphora berisi koin emas (Foto: Mibac/kementerian kebudayaan Republik Italia)
Namun penerusnya tidak bisa mempertahankan wilayah tersebut dan setelah kematian Justinian I, kelompok lain bernama Lombard kemudian menguasai Italia.
Selain itu, pada masa tersebut Eropa sedang dilanda wabah mematikan yang dimulai sejak 541 M. Wabah ini membunuh jutaan orang.
Belum diketahui apakah harta karun koin emas tersebut disimpan karena kekacauan yang menimpa Kekaisaran Romawi atau terlupakan karena wabah mematikan yang melanda Eropa. Riset selanjutnya diharapkan akan bisa memberikan jawaban pasti atas koin-koin emas tersebut.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan