Tekno & Sains
·
4 Mei 2018 14:21

Tulisan Tersembunyi dalam Naskah Laut Mati Akhirnya Bisa Terbaca

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Tulisan Tersembunyi dalam Naskah Laut Mati Akhirnya Bisa Terbaca (349638)
Naskah Laut Mati. (Foto: Ken and Nyetta via Wikimedia Commons)
Bagian-bagian tersembunyi dari Naskah Laut Mati akhirnya berhasil terbaca berkat analisis inframerah yang dilakukan oleh Israel Antiquities Authority (IAA).
ADVERTISEMENT
Naskah Laut Mati sendiri sebenarnya merupakan kumpulan sekitar 981 naskah berbeda yang ditemukan antara tahun 1946 dan 1956 dalam 11 gua di sekitar pemukiman kuno di Khirbet Qumran di Tepi Barat.
Kumpulan naskah yang ditemukan di wilayah yang disebut Situs Arkeologi Qumran ini berbentuk puluhan ribu serpihan perkamen dan papirus. Perkamen dan papirus ini diperkirakan sudah berumur 2.000 tahun lebih.
Banyak Bagian yang Tak Dipelajari
Tulisan Tersembunyi dalam Naskah Laut Mati Akhirnya Bisa Terbaca (349639)
Qumran, tempat penemuan Naskah Laut Mati. (Foto: Effi Schweizer via Wikimedia Commons)
Mengingat kondisinya yang sangat rapuh dan hanya berupa potongan-potongan, banyak bagian dari Naskah Laut Mati ini yang hanya disimpan dan tidak pernah dipelajari.
Namun sekarang, dengan kemajuan teknologi, peneliti bisa mendigitalisasi Naskah Laut Mati sehingga bisa dipelajari tanpa menyentuh naskah aslinya serta bisa dilihat publik.
ADVERTISEMENT
Bila dilihat hanya sekilas, banyak serpihan naskah yang terlihat kosong seolah tanpa tulisan. Namun berkat pencintraan inframerah yang dikembangkan oleh NASA, kini terlihat adanya tulisan-tulisan yang semula tidak nampak, kata Oren Ableman, mahasiswa doktoral di University of Jerusalem, dilansir Breaking Israel News.
Ableman kemudian memutuskan untuk menyusun kembali Naskah ini dan mengartikannya.
Beberapa tulisan menarik yang ditemukan dalam potongan-potongan Naskah Laut Mati yang berhasil terbaca itu antara lain:
Tulisan Tersembunyi dalam Naskah Laut Mati Akhirnya Bisa Terbaca (349640)
Naskah Kuil. (Foto: The Israel Museum's 'Dead Sea Scrolls Digital Project')
1. Potongan dari Naskah Kuil
Dalam potongan ini dituliskan instruksi melakukan pelayanan di bait suci yang baik. Sebelumnya, para ahli memperdebatkan apakah ada dua atau tiga salinan dari Naskah Kuil yang ditemukan di Gua 11. Potongan Naskah Laut Mati ini menunjukkan bahwa memang ada, tiga salinan.
ADVERTISEMENT
2. Potongan dari Naskah Mazmur Agung
Potongan ini berisi bagian awal dari Mazmur Pasal 147, Ayat 1. Adapun bagian akhir dari ayat ini ditemukan dalam potongan lain yang lebih besar yang juga ditemukan di gua yang sama. Potongan teks ini menunjukkan bahwa Mazmur kuno sedikit lebih pendek daripada Mazmur yang digunakan kaum Yahudi saat ini.
3. Potongan Lainnya
Potongan-potongan lainnya belum bisa dikenali. Akan tetapi, sudah diketahui potongan-potongan lain ini ditulis dalam huruf bahasa Paleo-Ibrani, sebuah tulisan Ibrani kuno. Potongan-potongan ini belum bisa dikenali merupakan bagian dari naskah macam apa.