Video Mengerikan Bukti Paus Orca Bantai Hiu Putih dan Memakan Hatinya

10 Oktober 2022 8:03 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Serangan paus pembunuh (orca) yang membantai seekor hiu putih dan memakan hatinya. Foto:  Sea Search Research & Conservation/YouTube
zoom-in-whitePerbesar
Serangan paus pembunuh (orca) yang membantai seekor hiu putih dan memakan hatinya. Foto: Sea Search Research & Conservation/YouTube
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Selama lima tahun terakhir ini, banyak penelitian yang menyatakan bahwa paus pembunuh atau orca merupakan hewan yang berani menyerang dan membunuh hiu putih untuk memakan hati mereka. Sekarang, peneliti telah mengungkap bukti video pertama di dunia serangan orca terhadap hiu putih.
ADVERTISEMENT
Pada Juni 2022, para peneliti melaporkan bahwa dua orca jantan (Orcinus orca) yang diberi nama Port and Starboard, telah menyerang setidaknya delapan hiu putih besar (Carcharodon carcharias) di pantai Gansbaai, Afrika Selatan, sejak mereka pertama kali terlihat pada tahun 2017. Dua orca jantan ini diketahui dari sirip punggung mereka yang khas; satu terkulai ke kiri, dan satu lagi terkulai ke kanan. Mereka adalah dua di antara banyak paus pembunuh yang dianggap meneror hiu putih besar di Gansbaai.
Rekaman terbaru yang diambil selama satu jam dari drone dan helikopter, mengungkapkan bahwa orca Starboard menyerang hiu putih ukuran sedang, kemudian melahap beberapa potongan daging putih yang tampaknya adalah lemak hati hiu. Dari rekaman ini, Starboard terlihat berburu bersama Port dan satu orca lain.
ADVERTISEMENT
Ini adalah pertama kalinya seekor orca terlihat beraksi menyerang hiu putih, menurut para penliti yang risetnya baru diterbitkan 3 Oktober di jurnal Ecology. Sebelumnya, semua serangan orca terhadap hiu di wilayah tersebut hanya disimpulkan dari bangkai hiu yang terpotong dan terdampar di pantai Gansbaai.
Rekaman ini juga mengungkap beberapa taktik menghindar yang digunakan oleh hiu putih ketika dikuntit oleh orca yang mengancam.
Pada dua kesempatan, sekelompok paus orca perlahan mendekati hiu putih dengan niat membunuh. Hiu kemudian melarikan diri. Orca terus mendekat. Hiu terlihat berputar-putar di air. Strategi pertahanan ini digunakan oleh anjing laut dan penyu saat mereka menghindari serangan hiu, menurut para peneliti.
Namun, tim peneliti menambahkan, strategi ini sepertinya tidak terlalu efektif bagi hiu putih untuk melawan orca, karena orca merupakan hewan sosial yang berburu secara berkelompok.
Sejumlah paus orca terlihat di fjord Skjervoy, Norwegia utara. Foto: Olivier Morin/AFP
Di dunia, orca telah diamati membunuh segala sesuatu mulai dari ikan kecil hingga hiu yang menakutkan, singa laut, dan bahkan paus biru.
ADVERTISEMENT
Serangan yang dilakukan Port, Starboard, dan orca lain di kawasan Gansbaai, telah membuat hiu putih menghilang atau menghindari wilayah ini selama berminggu-minggu bahkan sampai berbulan-bulan. Menurut para peneliti, wilayah tersebut secara historis didominasi oleh hiu putih, bukan orca.