kumparan
search-gray
Tekno & Sains8 Juli 2020 10:43

Viral Video WhatsApp Ibu Lahirkan 17 Anak Kembar, Ini Faktanya

Konten Redaksi kumparan
Viral Video WhatsApp Ibu Lahirkan 17 Anak Kembar, Ini Faktanya (446650)
Ilustrasi hoaks Foto: Shutterstock
Sebuah video viral jadi pesan berantai di WhatsApp pada Selasa (7/7). Video berdurasi 4 menit 6 detik itu diberi judul ‘Detik-detik lahirnya 17 anak kembar.’
ADVERTISEMENT
Pada awal video, rekaman tersebut menampilkan cuplikan foto seorang perempuan hamil yang sedang berbaring di kasur rumah sakit dengan perut besar, potongan foto jejeran bayi dengan latar belakang perawat, dan seorang perempuan tidak dikenal yang berfoto dengan 6 bayi.
Memasuki detik ke-56 hingga menit ke-3, video berubah menampilkan cuplikan rekaman proses melahirkan dengan operasi cesar. Dalam rekaman tersebut, tampak dua orang dokter yang sedang mengeluarkan 6 bayi dari seorang pasien. Setelah rekaman operasi cesar tersebut, video kembali berubah menampilkan cuplikan foto-foto bayi yang diklaim merupakan bayi dari rekaman operasi cesar tersebut.
Video ‘lahirnya 17 anak kembar’ ini memiliki caption di bagian atas dan bawah rekaman. Di bagian atas, terdapat tulisan "DETIK DETIK LAHIRNYA 17 ANAK KEMBAR" serta "Proses kelahirannya ada di akhir video. Semoga yang belom punya anak di segerakan aamiin."
ADVERTISEMENT
Di bagian bawah video, terdapat caption yang berbunyi "Follow Facebook @resepterkenaL.ID. Bagikan biar banyak yang tahu. Keajaiban itu ada bagi yang percaya."
Dalam penelusuran kumparan, video tersebut jelas-jelas hoaks. Setidaknya ada empat poin yang menunjukkan informasi tersebut adalah kabar bohong.
Viral Video WhatsApp Ibu Lahirkan 17 Anak Kembar, Ini Faktanya (446651)
Ilustrasi melahirkan dengan operasi caesar. Foto: Shutterstock
Pertama, hoaks mengenai seorang ibu melahirkan 17 anak kembar sudah muncul di berbagai media sosial sebelum 2020. Berdasarkan penelusuran Agence France-Presse (AFP) Fact Check, kabar hoaks mengenai seorang ibu melahirkan 17 anak kembar telah muncul di Twitter sejak 2016.
Kedua, mengenai asal-usulnya, kabar mengenai kelahiran 17 anak kembar pertama kali muncul dari situs berita satir bernama World Daily News Report. Dalam sebuah artikel yang tidak disebutkan tanggal publikasinya, World Daily News Report menceritakan seorang perempuan bernama Catherine Bridges yang melahirkan 17 anak dalam waktu 29 jam.
ADVERTISEMENT
Kelahiran 17 anak tersebut, kata situs berita satir tersebut, hadir setelah Catherine dan suaminya tak memiliki anak selama bertahun-tahun dan akhirnya meminta pertolongan layanan medis di Rhode Island. Seberapa pun fantastis cerita ini, perlu diingat bahwa World Daily News Report adalah situs web satir, di mana mereka telah mengumumkan pernyataan disclaimer (sangkalan) yang menyatakan bahwa seluruh cerita yang mereka buat adalah fiktif.
“Semua karakter yang muncul dalam artikel di situs web ini - bahkan yang didasarkan pada orang sungguhan - sepenuhnya fiktif dan kemiripan antara mereka dengan orang, hidup, mati, atau mati adalah murni keajaiban,” kata World Daily News Report.
Viral Video WhatsApp Ibu Lahirkan 17 Anak Kembar, Ini Faktanya (446652)
Screenshot video viral hoaks di WhatsApp yang sebut seorang ibu lahirkan 17 anak kembar. Foto: kumparan
Ketiga, menyoal rekaman persalinan operasi Cesar yang dimuat dalam video viral di WhatsApp tersebut. kumparan telah mencoba menelusuri sumber asli rekaman persalinan itu di mesin pencari Google Images dan Yandex. Sayangnya, tidak ada informasi valid yang bisa ditemukan.
ADVERTISEMENT
Meski demikian, jelas terlihat bahwa dalam cuplikan operasi persalinan di video itu hanya mengeluarkan 6 bayi dari perut pasien, bukan 17. Berdasarkan penelusuran kumparan, kasus kelahiran 6 anak kembar sekaligus memang pernah terjadi di Amerika Serikat pada 2019 dan di India pada 2020.
Keempat, tidak pernah ada laporan resmi mengenai kelahiran 17 anak kembar sekaligus. Berdasarkan catatan Guinness World Record, rekor dunia terkait anak terbanyak dalam sekali persalinan dipegang oleh Nadya Suleman, seorang perempuan asal Amerika Serikat, yang melahirkan 8 anak sekaligus pada 26 Januari 2009 di California.
Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) juga telah melabeli video yang viral di WhatsApp ini sebagai hoaks.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white