kumparan
27 Agustus 2019 14:51

AS Terbuka: Maria Sharapova Menyerah di Tangan Serena Williams

Serena Williams
Serena Williams di AS Terbuka 2019. Foto: Robert Deutsch-USA TODAY Sports
Kompetisi Grand Slam 2019 sampai pada seri terakhir. Amerika Serikat kini melakoni tugasnya sebagai tuan yang menjadi rumah bagi para petenis yang memburu gelar juara, apa pun nomor dan kelas yang mereka ikuti. Di Billie Jean King National Tennis Centre, AS Terbuka 2019 digelar pada 26 Agustus hingga 8 September 2019.
ADVERTISEMENT
Salah satu laga babak pertama yang paling dinanti adalah duel antara Serena Williams dan Maria Sharapova. Tapi sebagian besar penonton yang berharap duel seru mesti gigit jari.
Pasalnya, pertandingan yang digelar di lapangan utama alias Arthur Ashe Stadium pada Selasa (27/8/2019) itu seperti berat sebelah. Serena menang telak 6-1 dan 6-1 atas Sharapova.
Selama 59 menit Serena menggempur Sharapova dengan agresivitas yang mendominasi. Itu dibuktikan dengan torehan 5 ace, 16 winner, serta 5 kemenangan dalam 6 break point.
Maria Sharapova
Maria Sharapova di AS Terbuka 2019. Foto: Geoff Burke-USA TODAY Sports
Di sisi lain, Sharapova tampil melempem. Ia hanya bisa membukukan 1 ace dan 6 winner. Catatan itu masih ditambah dengan kegagalannya mengonversi lima break point. Ketimbang Serena, permainan Sharapova juga lebih 'jorok'. Petenis Rusia ini membuat 20 unforced error yang berbanding dengan 12 unforced error Serena.
ADVERTISEMENT
"Undiannya luar biasa menyulitkan kami. Maria adalah pemain yang hebat. Saat bertanding melawannya kamu harus super fokus," ujar Serena.
Kemenangan di babak pertama mengantarkan Serena pada laga melawan sesama petenis AS. Ia akan bertanding melawan Catherine McNally di babak 64 besar.
Sementara, sang kakak, Venus Williams, mesti berlaga melawan Elina Svitolina di babak kedua. Nah, petenis asal Ukraina ini berhak maju ke babak 64 besar setelah mengalahkan wakil tuan rumah, Whitney Osuigwe, 6-1 dan 7-5.
Babak pertama tidak hanya menampilkan laga yang ditutup dengan kemenangan telak. Ada juga duel yang berlangsung ketat di nomor tunggal putri, salah satunya pertandingan antara sesama wakil Republik Ceko, Karolina Pliskova dan Tereza Martincova. Pertandingan yang berlangsung selama 1 jam 46 menit itu selesai dengan kemenangan 7-6 (8-6) dan 7-6 (7-3) untuk Pliskova.
ADVERTISEMENT
Kalau bicara kejutan, tentu itu adalah kekalahan Angelique Kerber dari petenis non-unggulan, Kristina Mladenovic. Petenis asal Prancis ini sukses menghajar Kerber 7-5, 0-6, dan 6-4. Sementara, juara Prancis Terbuka 2019 yang juga memasuki turnamen sebagai unggulan kedua, Ashleigh Barty, menang 1-6, 6-3, 6-2 atas Zarina Dyas.
Roger Federer
Roger Federer di AS Terbuka 2019. Foto: Danielle Parhizkaran-USA TODAY Sports
Tunggal putra juga sudah menyelesaikan sebagian pertandingannya. Salah dua yang melangkah ke babak kedua adalah Novak Djokovic dan Roger Federer.
Djokovic berhasil menuntaskan babak pertama dengan kemenangan 6-4, 6-1, 6-4 atas Roberto Carballes Baena. Federer menjejak ke babak kedua usai mengalahkan wakil India, Sumit Nagal, 4-6, 6-1, 6-2, 6-4. Kelolosan keduanya ke babak 64 besar juga diikuti oleh Kei Nishikori, Stan Wawrinka, dan David Goffin.
ADVERTISEMENT